Monday, April 18, 2016

Ringkasan Modul 1 KB 1 Metode Penelitian IDIK4007


Langkah penelitian dengan metode ilmiah :
1.       Mengenali dan menentukan masalah yang akan diteliti
2.       Mengkaji teori yang sudah ada yang relevan dengan masalah yang akan diteliti
3.       Mengajukan hipotesis
4.       Membuat desain penelitian untuk menguji hipotesis tersebut
5.       Mengumpulkan data
6.       Menganalisis data
7.       Menginterpretasikan data dan menarik kesimpulan

Karakterstik Produk Penelitian :
1.       Objektif
2.       Bahasa jelas (akurasi)
3.       Dapat diverifikasi (berdampak meningkattkan akurasi)
4.       Empirik (pasti benar yang dibuktikan dengan data)

Pendapat pakar :
Irawan (1977) : membedakan pendekatan ilmiah dan non-ilmiah berdasarkan masalah yang dirumuskan, jawaban yang diberikan, proses pengumpulan dan analisis data serta penyimpulan hasil, dan pemanfaatan hasil.
Mc Millan dan Schumacher (1983) : bahwa memahami fungsi penelitian pendidikan dalam dimensi teori maupun praktek sebenarnya dapat dipermudah jika kita mengkaji fungsi dari jenis atau tipe penelitian itu sendiri.

Keterbatasa Penelitian Pendidikan
1.       Kompleksitas masalah pendidikan
2.       Metodologi yang digunakan

Fungsi Penelitian Pendidikan
1.       Dari sudut pandang teori : memperbaiki, menyempurnakan, memperkaya, atau bahkan merombak teori yang sudah ada sehingga mendapatkan teori yang lebih baik.
2.       Dari sudut pandang praktik atau penyelenggaraan pendidikan : memperbaiki praktik pendidikan

Manfaat Penelitian Pendidikan
1.       Pendekatan teoretis (di atas kertas)
       Ali (1982) :
A. Sebagai peta yang menggambarkan keadaan pendidikan dan melukiskan kemampuan sumber daya, kemungkinan pengembangan serta hambatan yang dihadapi atau mungkin ditemukan dalam penyelenggaraan
b. Sebagai sarana diagnosis dalam mencari sebab kegagalan serta masalah yang dihadapi dalam pelaksanaan pendidikan sehingga dapat dicari upaya penanggulangannya.
c. Sebagai sarana untuk menyusun kebijakan dalam menyusun strategi pengembangan pendidikan.
d. Sebagai masukan yang memberikan gambaran tentang kemampuan dalam pembiayaan, peralatan, perbekalan, serta tenaga kerja baik yang secara kuantitas maupun kualitas sangat berperan bagi keberhasilan pendidikan
2. Pendekatan pengkajian terhadap publikasi /di lapangan
Borg dan Gall (1993) tercermin dalam 2 kontribusi:
Kontribusi terhadap ilmu pendidikan itu sendiri
Kontribusi dalam bentuk dampak dari ilmu pendidikan dalam praktik pendidikan

Penyebab sulitnya  mendeteksi kontribusi penelitian pendidikan dalam praktik
1.       Kebijakan untuk mengimplementasikan /menindaklanjuti penelitian pendidikan dipengaruhi  oleh banyak faktor kepentingan
2.       Tipe penelitian itu sendiri


No comments:

Post a Comment