Saturday, May 5, 2012

Soal Ujian Strategi Pembelajaran SD PDGK4105 (bagian 4)


No 31.
Kegiatan yang dilakukan guru dalam membuka dan menutup pelajaran harus relevan dengan materi yang akan dibahas dan sesuai dengan karakteristik siswa sehingga mampu mencapai tujuan yang diharapkan. Kegiatan yang dilakukan guru tersebut sesuai dengan prinsip ….
A.      berurutan
B.      berkesinambungan
C.      keterkaitan
D.     bermakna

No 32.
Dalam sebuah diskusi Pak Ali melihat Budi terlalu aktif dengan mendominasi seluruh pertanyaan dan pandangannya tentang terjadinya banjir. Dengan bijaksana lalu Pak Ali mencegah monopoli yang dilakukan Budi. Pencegahan yang dilakukan Pak Ali sesuai dengan keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil pada komponen ....
A.      memperjelas masalah
B.      menganalisis pandangan
C.      menyebarkan kesempatan berpartisipasi
D.      menguraikan pendapat

No 33.
Pada mata pelajaran KTK terjadi kegaduhan dengan adanya gangguan di luar kelas, melihat hal ini lalu Pak Ali melihat setiap siswa dengan seksama untuk melakukan interaksi dengan seluruh siswanya, baik secara individu maupun secara kelompok. Dalam keterampilan mengelola kelas, hal yang dilakukan Pak Ali adalah ....
A.      menunjukkan sikap tanggap
B.      membagi perhatian
C.      memberi penguatan
D.      memberikan petunjuk yang jelas

No 34.
Dalam keterampilan mengelola kelas yang harus diperhatikan guru agar efektif adalah ....
A.      menekankan hal-hal yang positif
B.      tindakan dan kata-kata guru dapat menggugah siswa untuk belajar
C.      penggunaan variasi dalam mengajar
D.      mengulangi penjelasan yang tidak perlu

No 35.
Sebelum memberi tugas Pak Ali terlebih dahulu menjelaskan tugas yang harus dikerjakan. Hal ini merupakan sikap tanggap Pak Ali terhadap proses kerja siswa pada awal dimulainya tugas tersebut, dengan cara mendekati setiap siswa yang belajar secara perorangan, apakah semua sudah berjalan lancar dan memadai. Kegiatan yang dilakukan Pak Ali merupakan komponen keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan dalam hal ....
A.      mengadakan pendekatan secara pribadi
B.      membimbing dan memudahkan belajar
C.      mengorganisasikan kegiatan pembelajaran
D.      merencanakan dan melakukan kegiatan pembelajaran

No 36.
Fungsi akselerasi dalam kegiatan remedial adalah ....
A.      guru dapat mengatasi kesulitan siswa yang berkaitan dengan aspek sosial-pribadi
B.      guru dapat mempercepat penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran
C.      kegiatan remedial disesuaikan dengan kesulitan dan karakteristik siswa
D.      memperbaiki cara mengajar dan cara belajar

No 37.
Dalam suatu diskusi, ada satu kelompok yang mengalami kesulitan pada konsep dasar tentang terjadinya banjir. Lalu guru menjelaskan kembali terjadinya banjir. Kegiatan yang dilaksanakan guru tersebut merupakan bentuk kegiatan remedial ....
A.      tutorial
B.      sumber yang relevan
C.      kegiatan kelompok
D.      mengajarkan kembali

No 38.
Adi dalam kegiatan pengayaan membantu menjelaskan kepada siswa lain dalam memahami proses terjadinya gerhana bulan. Jenis kegiatan pengayaan yang dilakukan melalui Adi terhadap teman-temannya adalah mengembangkan ....
A.      media pembelajaran
B.      latihan
C.      sumber pembelajaran
D.      tutor sebaya

No 39.
Dalam melaksanakan kegiatan pengayaan, menurut Arikunto faktor yang harus diperhatikan guru pada siswa adalah ....
A.      kegiatan di luar kelas lebih disukai oleh siswa
B.      kegiatan yang disukai siswa hanya di belakang meja
C.      kegiatan yang sifatnya penjelasan
D.      kegiatan yang menuntut waktu lama

No 40.
Pak Ali memberi tugas kepada siswa kelas V untuk meringkas cerita tentang terjadinya gerhana. Setelah ringkasan dikumpulkan, Pak Ali memeriksa ringkasan Budi, hasilnya sangat bagus, dan memuji ringkasan Budi. Ketika memeriksa ringkasan Adi, Pak Ali merasa ringkasan Adi kurang baik dan tidak lengkap. Lalu Pak Ali meminta Adi untuk memperbaiki ringkasannya. Kegiatan Pak Ali dalam memberi tugas kepada Adi merupakan kegiatan pengelolaan kelas didasarkan pada pendekatan ....
A.      iklim sosio-ekonomi
B.      iklim sosio-emosional
C.      proses kelompok
D.      modifikasi tingkah laku

No comments:

Post a Comment