No 31.
Kegiatan yang dilakukan guru dalam membuka dan menutup
pelajaran harus relevan dengan materi yang akan dibahas dan sesuai dengan
karakteristik siswa sehingga mampu mencapai tujuan yang diharapkan. Kegiatan
yang dilakukan guru tersebut sesuai dengan prinsip ….
A.
berurutan
B.
berkesinambungan
C.
keterkaitan
D. bermakna
No 32.
Dalam sebuah diskusi Pak Ali melihat Budi terlalu aktif
dengan mendominasi seluruh pertanyaan dan pandangannya tentang terjadinya
banjir. Dengan bijaksana lalu Pak Ali mencegah monopoli yang dilakukan Budi.
Pencegahan yang dilakukan Pak Ali sesuai dengan keterampilan membimbing diskusi
kelompok kecil pada komponen ....
A.
memperjelas masalah
B.
menganalisis pandangan
C.
menyebarkan kesempatan berpartisipasi
D.
menguraikan pendapat
No 33.
Pada mata pelajaran KTK terjadi kegaduhan dengan adanya
gangguan di luar kelas, melihat hal ini lalu Pak Ali melihat setiap siswa
dengan seksama untuk melakukan interaksi dengan seluruh siswanya, baik secara
individu maupun secara kelompok. Dalam keterampilan mengelola kelas, hal yang
dilakukan Pak Ali adalah ....
A.
menunjukkan sikap tanggap
B.
membagi perhatian
C.
memberi penguatan
D.
memberikan petunjuk yang jelas
No 34.
Dalam keterampilan mengelola kelas yang harus diperhatikan
guru agar efektif adalah ....
A.
menekankan hal-hal yang positif
B.
tindakan dan kata-kata guru dapat menggugah
siswa untuk belajar
C.
penggunaan variasi dalam mengajar
D.
mengulangi penjelasan yang tidak perlu
No 35.
Sebelum memberi tugas Pak Ali terlebih dahulu menjelaskan
tugas yang harus dikerjakan. Hal ini merupakan sikap tanggap Pak Ali terhadap
proses kerja siswa pada awal dimulainya tugas tersebut, dengan cara mendekati
setiap siswa yang belajar secara perorangan, apakah semua sudah berjalan lancar
dan memadai. Kegiatan yang dilakukan Pak Ali merupakan komponen keterampilan
mengajar kelompok kecil dan perorangan dalam hal ....
A.
mengadakan pendekatan secara pribadi
B.
membimbing dan memudahkan belajar
C.
mengorganisasikan kegiatan pembelajaran
D.
merencanakan dan melakukan kegiatan pembelajaran
No 36.
Fungsi akselerasi dalam kegiatan remedial adalah ....
A.
guru dapat mengatasi kesulitan siswa yang
berkaitan dengan aspek sosial-pribadi
B.
guru dapat mempercepat penguasaan siswa terhadap
materi pembelajaran
C.
kegiatan remedial disesuaikan dengan kesulitan
dan karakteristik siswa
D.
memperbaiki cara mengajar dan cara belajar
No 37.
Dalam suatu diskusi, ada satu kelompok yang mengalami
kesulitan pada konsep dasar tentang terjadinya banjir. Lalu guru menjelaskan
kembali terjadinya banjir. Kegiatan yang dilaksanakan guru tersebut merupakan
bentuk kegiatan remedial ....
A.
tutorial
B.
sumber yang relevan
C.
kegiatan kelompok
D.
mengajarkan kembali
No 38.
Adi dalam kegiatan pengayaan membantu menjelaskan kepada
siswa lain dalam memahami proses terjadinya gerhana bulan. Jenis kegiatan
pengayaan yang dilakukan melalui Adi terhadap teman-temannya adalah
mengembangkan ....
A.
media pembelajaran
B.
latihan
C.
sumber pembelajaran
D.
tutor sebaya
No 39.
Dalam melaksanakan kegiatan pengayaan, menurut Arikunto
faktor yang harus diperhatikan guru pada siswa adalah ....
A.
kegiatan di luar kelas lebih disukai oleh siswa
B.
kegiatan yang disukai siswa hanya di belakang
meja
C.
kegiatan yang sifatnya penjelasan
D.
kegiatan yang menuntut waktu lama
No 40.
Pak Ali memberi tugas kepada siswa kelas V untuk meringkas
cerita tentang terjadinya gerhana. Setelah ringkasan dikumpulkan, Pak Ali
memeriksa ringkasan Budi, hasilnya sangat bagus, dan memuji ringkasan Budi.
Ketika memeriksa ringkasan Adi, Pak Ali merasa ringkasan Adi kurang baik dan
tidak lengkap. Lalu Pak Ali meminta Adi untuk memperbaiki ringkasannya.
Kegiatan Pak Ali dalam memberi tugas kepada Adi merupakan kegiatan pengelolaan
kelas didasarkan pada pendekatan ....
A.
iklim sosio-ekonomi
B.
iklim sosio-emosional
C.
proses kelompok
D.
modifikasi tingkah laku
No comments:
Post a Comment