Monday, May 7, 2012

Kunci Jawaban Ujian Strategi Pembelajaran SD PDGK4105 (bagian 1)


No 1.
a.      Benar, karena perhatian dapat memusatkan pikiran dan perasaan
b.      Salah, karena motivasi sebagai motor penggerak aktivitas
c.       Salah, karena belajar itu sendiri adalah aktivitas mental dan emosional
d.      Salah, karena individu merupakan pribadi tersendiri yang memiliki perbedaan dari yang lain

No 2.
a.      Benar, karena sesuai dengan definisinya
b.      Salah, karena strategi pembelajaran adalh ilmu dan kiat di dalam memanfaatkan segala sumber belajar yang dimiliki dan/atau yang dapat dikerahkan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan
c.       Salah, karena teknik pembelajaran adalah ragam khas penerapan suatu metode sesuai dengan latar penerapan tertentu
d.      Salah, karena pendekatan pembelajaran adalah cara umum dalam memandang pembelajaran

No 3.
a.       Salah, karena merupakan keterampilan pikiran
b.      Benar, karena sangat mempengaruhi keterampilan intelektual seseorang
c.       Salah, karena hanya mampu menyimpan nama/label, fakta, dan pengetahuan dalam ingatan
d.      Salah, karena hanya mampu menampilkan perilaku yang bermuatan nilai-nlai

No 4.
a.       Salah, karena bahan atau materi diolah oleh guru
b.      Salah, karena bahan atau materi diolah dari yang umum ke yang khusus
c.       Benar, karena siswa yang aktif mencari dan mengolah bahan pelajaran
d.      Salah, karena bahan atau materi diolah dari yang khusus ke yang umum

No 5.
a.       Salah, karena bisa juga menjadi kegagalan siswa
b.      Salah, karena tidak semua pembentu bisa baca tulis
c.       Benar, karena perhatian orang tua sangat mempengaruhi keberhasilan belajar siswa.
d.      Salah, karena tidak setiap hari paman ada di rumah

No 6.
a.       Salah, karena termasuk pada kecerdasan spasial
b.      Salah, karena merespons suasana hati adalah kecerdasan interpribadi
c.       Salah, karena memotivasi orang lain adalah kecerdasan interpribadi
d.      Benar, karena impian dan gagasan diri sendiri merupakan salah satu bentuk kecerdasan intrapribadi

No 7.
a.       Salah, karena masuk kategori kelas tinggi
b.      Salah, karena masuk kategori kelas tinggi
c.       Benar, karena kelas 3 memang cocok untuk pembelajaran konkret
d.      Salah, karena masuk kategori kelas tinggi

No 8.
a.      Benar, karena esensi proses pembelajaran kelas tinggi adalah suatu pembelajaran yang dilaksanakan secara logis dan sistematik untuk membelajarkan konsep dan generalisasi
b.      Salah, karena pembelajaran konkret dan proses belajar harus dikembangkan secara interaktif merupakan karakteristik pembelajaran kelas rendah
c.       Salah, karena bukan merupakan karakteristik pembelajaran di Sekolah Dasar
d.      Salah, karena bukan merupakan karakteristik pembelajaran di Sekolah Dasar

No 9.
a.       Salah, karena individu-individu diberi tanggung jawab untuk kegiatan belajar dan perilaku masing-masing
b.      Benar, karena merupakan salah satu prinsip utama dari prinsip-prinsip kuantum
c.       Salah, karena mempunyai kesamaan tujuan pada anak-anak dalam kelompok membuat kegiatan belajar lebih kooperatif
d.      Salah, karena menggunakan tema sentral dalam kegiatan belajar yang berlangsung

No 10.
a.       Salah, karena membantu siswa memecahkan masalah dan menulis kegiatan-kegiatan dari suatu bidang ilmu
b.      Benar, karena siswa dapat dengan mudah menyerap informasi
c.       Salah, karena cara belajar untuk mendapatkan dan mengorganisasikan informasi dan dan menguji hipotesis yang mendeskripsikan hubungan di antara serangkaian data
d.      Salah, karena siswa dibawa ke proses ilmiah dan dibantu mengumpulkan dan menganalisa data

No comments:

Post a Comment