No 41.
Di tengah-tengah inti pembelajaran, Pak Ali memberi
pertanyaan “Bagaimana proses terjadinya hujan” kepada Susi, sejenak Susi
berpikir, lalu teman yang lain mencemoohkan agar Susi cepat menjawab. Padahal
pertanyaan itu sering dialami oleh Susi. Lalu Pak Ali memberi rambu-rambu
tentang terjadinya hujan. Contoh tersebut merupakan masalah ....
A.
pengelolaan kelas
B.
pengelolaan pembelajaran
C.
mengembangkan latihan
D.
mengembangkan media
No 42.
Pada mata pelajaran IPS, Pak Ali ingin para siswa untuk
berdiskusi secara kelompok, sebelum dimulai siswa diharuskan menata bangku
setengah lingkaran agar seluruh peserta diskusi dapat saling memandang, dan
semua penjelasan Pak Ali sebelum diskusi dimulai dapat didengar dengan baik
oleh seluruh siswa. Kegiatan penataan lingkungan fisik kelas tersebut sesuai
dengan prinsip ....
A.
visibility
B.
accessibility
C.
flexibility
D.
comfortableness
No 43.
Pak Ali memberi tugas kepada siswa kelas VI untuk mendiskusikan
masalah terjadinya kesenjangan sosial di masyarakat. Lalu Pak Ali membagi 5
kelompok dengan jumlah siswa 6 orang per kelompok. Pada saat memanas Ani merasa
lebih pintar lalu mendominasi kegiatan diskusi tersebut. Adi lalu mengambil
alih keadaan tersebut dengan memberikan kesempatan yang lain untuk memberi
masukan. Pengambilalihan oleh Adi merupakan pengaruh psiko-sosial antarsiswa di
kelas dalam hal ....
A.
norma
B.
kebersamaan
C.
persahabatan
D.
kepemimpinan
No 44.
Pada penerimaan siswa baru di SD Darma Karya, salah satu
yang harus diperhatikan adalah mengambil formulir pendaftaran, dengan peminat
yang banyak, lalu para orang tua mengantri dengan sabar pengambilan formulir
tersebut. Contoh proses penerimaan siswa baru tersebut menunjukkan suatu ....
A.
disiplin
B.
kesabaran
C.
kebudayaan
D.
kebiasaan
No 45.
Pada pelajaran IPS di kelas V, Budi dan Hasan yang duduk di
belakang berbicara berdua hingga mengganggu proses pembelajaran. Untuk
menangani kejadian tersebut lalu Pak Ali memindahkan Hasan duduk di paling
depan. Tindakan Pak Ali tersebut telah melakukan strategi penanganan disiplin
kelas dalam hal ....
A.
menangani gangguan ringan
B.
menangani prilaku agresif
C.
menangani gangguan berat
D.
menangani gangguan sedang
No 46.
Budi sebagai ketua kelas diberikan tugas oleh gurunya untuk
membuat aturan kelas. Salah satunya adalah siswa diharuskan sebelum pelajaran
dimulai membuat cerita sesuai dengan topik yang akan dipelajari. Tugas yang diberikan
guru tersebut merupakan penanaman disiplin kelas dalam hal ....
A.
aturan secara fleksibel
B.
meningkatkan partisipasi siswa
C.
menyesuaikan aturan sesuai dengan tingkat
perkembangan anak
D.
melibatkan guru
No 47.
Arah dari suatu program pembelajaran berupa standar
kompetensi, hal tersebut merupakan komponen perencanaan pembelajaran dalam hal
....
A.
tujuan
B.
materi
C.
strategi
D.
penilaian
No 48.
Dalam penyusunan silabus prinsip yang harus diperhatikan
adalah ....
A.
bersifat fleksibel
B.
berdasarkan kondisi siswa
C.
memenuhi kebenaran ilmiah
D.
berdasarkan kurikulum yang berlaku
No 49.
Sebelum pelajaran dimulai guru mengulang materi yang lalu
dan mengadakan pretes. Kegiatan yang dilakukan guru yang efektif adalah ....
A. menyiapkan materi baru
B.
menyediakan balikan
C.
melakukan review harian
D.
menyediakan koreksi
No 50.
Salah satu ciri kelompok belajar berbasis masalah yang
efektif adalah ....
A.
belajar secara aktif
B.
kerjasama antardisiplin
C.
peranan pengajar
D.
belajar mandiri
No comments:
Post a Comment