Saturday, May 5, 2012

Soal Ujian Strategi Pembelajaran SD PDGK4105 (bagian 5)


No 41.
Di tengah-tengah inti pembelajaran, Pak Ali memberi pertanyaan “Bagaimana proses terjadinya hujan” kepada Susi, sejenak Susi berpikir, lalu teman yang lain mencemoohkan agar Susi cepat menjawab. Padahal pertanyaan itu sering dialami oleh Susi. Lalu Pak Ali memberi rambu-rambu tentang terjadinya hujan. Contoh tersebut merupakan masalah ....
A.      pengelolaan kelas
B.      pengelolaan pembelajaran
C.      mengembangkan latihan
D.      mengembangkan media

No  42.
Pada mata pelajaran IPS, Pak Ali ingin para siswa untuk berdiskusi secara kelompok, sebelum dimulai siswa diharuskan menata bangku setengah lingkaran agar seluruh peserta diskusi dapat saling memandang, dan semua penjelasan Pak Ali sebelum diskusi dimulai dapat didengar dengan baik oleh seluruh siswa. Kegiatan penataan lingkungan fisik kelas tersebut sesuai dengan prinsip ....
A.      visibility
B.      accessibility
C.      flexibility
D.      comfortableness

No  43.
Pak Ali memberi tugas kepada siswa kelas VI untuk mendiskusikan masalah terjadinya kesenjangan sosial di masyarakat. Lalu Pak Ali membagi 5 kelompok dengan jumlah siswa 6 orang per kelompok. Pada saat memanas Ani merasa lebih pintar lalu mendominasi kegiatan diskusi tersebut. Adi lalu mengambil alih keadaan tersebut dengan memberikan kesempatan yang lain untuk memberi masukan. Pengambilalihan oleh Adi merupakan pengaruh psiko-sosial antarsiswa di kelas dalam hal ....
A.      norma
B.      kebersamaan
C.      persahabatan
D.      kepemimpinan

No  44.
Pada penerimaan siswa baru di SD Darma Karya, salah satu yang harus diperhatikan adalah mengambil formulir pendaftaran, dengan peminat yang banyak, lalu para orang tua mengantri dengan sabar pengambilan formulir tersebut. Contoh proses penerimaan siswa baru tersebut menunjukkan suatu ....
A.      disiplin
B.      kesabaran
C.      kebudayaan
D.      kebiasaan

No  45.
Pada pelajaran IPS di kelas V, Budi dan Hasan yang duduk di belakang berbicara berdua hingga mengganggu proses pembelajaran. Untuk menangani kejadian tersebut lalu Pak Ali memindahkan Hasan duduk di paling depan. Tindakan Pak Ali tersebut telah melakukan strategi penanganan disiplin kelas dalam hal ....
A.      menangani gangguan ringan
B.      menangani prilaku agresif
C.      menangani gangguan berat
D.      menangani gangguan sedang

No  46.
Budi sebagai ketua kelas diberikan tugas oleh gurunya untuk membuat aturan kelas. Salah satunya adalah siswa diharuskan sebelum pelajaran dimulai membuat cerita sesuai dengan topik yang akan dipelajari. Tugas yang diberikan guru tersebut merupakan penanaman disiplin kelas dalam hal ....
A.      aturan secara fleksibel
B.      meningkatkan partisipasi siswa
C.      menyesuaikan aturan sesuai dengan tingkat perkembangan anak
D.      melibatkan guru

No  47.
Arah dari suatu program pembelajaran berupa standar kompetensi, hal tersebut merupakan komponen perencanaan pembelajaran dalam hal ....
A.      tujuan
B.      materi
C.      strategi
D.      penilaian

No  48.
Dalam penyusunan silabus prinsip yang harus diperhatikan adalah ....
A.      bersifat fleksibel
B.      berdasarkan kondisi siswa
C.      memenuhi kebenaran ilmiah
D.      berdasarkan kurikulum yang berlaku

No  49.
Sebelum pelajaran dimulai guru mengulang materi yang lalu dan mengadakan pretes. Kegiatan yang dilakukan guru yang efektif adalah ....
                A. menyiapkan materi baru
                B. menyediakan balikan
                C. melakukan review harian
                D. menyediakan koreksi

No  50.
Salah satu ciri kelompok belajar berbasis masalah yang efektif adalah ....
A.      belajar secara aktif
B.      kerjasama antardisiplin
C.      peranan pengajar
D.      belajar mandiri

No comments:

Post a Comment

Post a Comment