Friday, May 11, 2012

Soal Ujian Penelitian Tindakan Kelas IDIK4008 (bagian 5)


No 41.
Dari hasil analisis masalah yang dilakukan di kelasnya, Pak Bambang melihat bahwa dalam 3 kali ulangan aritmatika yang diberikan, rata-rata hanya 2 orang dari 30 siswanya yangmendapatnilai di atas 60. Sebagian besarsiswa tidak mampu menyelesaikan soal-soal tentang perkalian. Selain itu, pada setiap pelajaran matematika, suasana kelas menjadi tegang karena isiwa merasa matematika sebagai pelajaran maut alias sulit. Sehubungan dengan masalah tersebut, Pak Bambang kemudian merumuskan masalah pembelajaran sebagai berikut: "Metode apa yang dapat saya gunakan agar siswa dapat mengerjakan soal-soal tentang perkalian serta dalam suasana yang lebih rileks?". Selanjutnya, permasalahan tersebut dapat dirinci secara operasional sebagai berikut:
1.       Apakah pemberian tugas tugas atau PR akan dapat meningkatkan hasil belajar siswa?
2.       Bagaimana bentuk materi tugas yang dapat membangkitkan motivasi siswa terhadap pelajaran aritmatika?
3.       Apakah saya perlu berkonsultasi dengan Kepala Sekolah?


No 42.
Salah satu prinsip observasi menurut Hopkins adalah perencanaan bersama. Perencanaan bersama yang bertujuan untuk membangun ....
(1)    kesamaan persepsi antara guru dan teman sejawat
(2)    membangun rasa saling percaya antar pihak-pihak yang terlibat
(3)    membangun aturan main antar pihak-pihak yang terlibat


No 43.
Dalam upaya mencapai tujuan dan sasaran observasi, maka peneliti PTK hendaknya mengarahkan sasaran pokok dan fokus utama selama proses observasi untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:
1.       apakah sudah terjadi perubahan di kelas saya?
2.       apakah tindakan perbaikan sudah berhasil?
3.       apakah dampak dari tindakan perbaikan yang sudah saya berikan?


No 44.
Observasi yang dilakukan oleh pengamat luar (teman sejawat) dalam PTK difokuskan pada ....
1.       perilaku mengajar guru dalam melaksanakan tindakan perbaikan
2.       suasana dan perilaku belajar siswa selama berlangsung tindakan perbaikan
3.       intensitas catatan penelitian yang dibuat/ditulis oleh pengamat


No  45.
Hasil analisis data dapat dijadikan bahan untuk ....
1.       membuat kesimpulan dan tindak lanjut penelitian
2.       melakukan refleksi untuk membuat perencanaan tindak lanjut
3.       mengidentifikasi temuan penelitian


 No 46.
Pengumpulan dalam PTK melalui cara observasi terutama ditujukan untuk ....
1.       memperoleh masukan tentang perilaku belajar siswa
2.       mempelajari dampak tindakan perbaikan yang diberikan
3.       mempelajari dokumen hasil belajar


No  47.
Dalam tahapan pelaksanaan tindakan perbaikan di kelas, sebagai peneliti guru akan ....
1.       mengidentifikasi dampak tindakan perbaikan yang diberikan dengan mengamati perilaku siswa
2.       mengidentifikasi penyebab masalah pembelajaran melalui wawancara dengan siswa
3.       mengajar sebagaimana biasa sesuai jadwal belajar siswa


No  48.
Refleksi pada dasarnya adalah .....
1.       mempertanyakan kepada diri sendiri mengapa masalah ini sampai terjadi dikelasnya
2.       merencanakan berbagai alternatif tindakan yang mungkin dapat dilakukan
3.       merenungkan dampak dari tindakan-tindakan yang sudah dilakukan selama ini


 No 49.
Yang dimaksud dengan interpretasi hasil analisis data adalah ....
1.       menemukan makna dari hasil analisis datauntuk menjawab pertanyaan penelitian.
2.       menterjemahkan hasil analisis data dan menghubungkannya dengan masalah penelitian.
3.       mengolah data hasil penelitian dengan menggunakan analisis statistik.


No 50.
Saran tindak lanjut hasil PTK adalah ....
1.       saran-saran perbaikan ditujukan untuk berbagai pihak
2.       alternatif perbaikan dibuat sesuai kesimpulan penelitian
3.       usulan perbaikan dapat dipertimbangkan melalui refleksi

No comments:

Post a Comment