No 41.
Dari hasil analisis masalah yang dilakukan di kelasnya, Pak
Bambang melihat bahwa dalam 3 kali ulangan aritmatika yang diberikan, rata-rata
hanya 2 orang dari 30 siswanya yangmendapatnilai di atas 60. Sebagian
besarsiswa tidak mampu menyelesaikan soal-soal tentang perkalian. Selain itu,
pada setiap pelajaran matematika, suasana kelas menjadi tegang karena isiwa
merasa matematika sebagai pelajaran maut alias sulit. Sehubungan dengan masalah
tersebut, Pak Bambang kemudian merumuskan masalah pembelajaran sebagai berikut:
"Metode apa yang dapat saya gunakan agar siswa dapat mengerjakan soal-soal
tentang perkalian serta dalam suasana yang lebih rileks?". Selanjutnya,
permasalahan tersebut dapat dirinci secara operasional sebagai berikut:
1.
Apakah pemberian tugas tugas atau PR akan dapat
meningkatkan hasil belajar siswa?
2.
Bagaimana bentuk materi tugas yang dapat
membangkitkan motivasi siswa terhadap pelajaran aritmatika?
3.
Apakah saya perlu berkonsultasi dengan Kepala
Sekolah?
No 42.
Salah satu prinsip observasi menurut Hopkins adalah
perencanaan bersama. Perencanaan bersama yang bertujuan untuk membangun ....
(1)
kesamaan persepsi antara guru dan teman sejawat
(2)
membangun rasa saling percaya antar pihak-pihak
yang terlibat
(3)
membangun aturan main antar pihak-pihak yang
terlibat
No 43.
Dalam upaya mencapai tujuan dan sasaran observasi, maka
peneliti PTK hendaknya mengarahkan sasaran pokok dan fokus utama selama proses
observasi untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:
1.
apakah sudah terjadi perubahan di kelas saya?
2.
apakah tindakan perbaikan sudah berhasil?
3.
apakah dampak dari tindakan perbaikan yang sudah
saya berikan?
No 44.
Observasi yang dilakukan oleh pengamat luar (teman sejawat)
dalam PTK difokuskan pada ....
1.
perilaku mengajar guru dalam melaksanakan
tindakan perbaikan
2.
suasana dan perilaku belajar siswa selama
berlangsung tindakan perbaikan
3.
intensitas catatan penelitian yang
dibuat/ditulis oleh pengamat
No 45.
Hasil analisis data dapat dijadikan bahan untuk ....
1.
membuat kesimpulan dan tindak lanjut penelitian
2.
melakukan refleksi untuk membuat perencanaan
tindak lanjut
3.
mengidentifikasi temuan penelitian
No 46.
Pengumpulan dalam PTK melalui cara observasi terutama
ditujukan untuk ....
1.
memperoleh masukan tentang perilaku belajar siswa
2.
mempelajari dampak tindakan perbaikan yang
diberikan
3.
mempelajari dokumen hasil belajar
No 47.
Dalam tahapan pelaksanaan tindakan perbaikan di kelas,
sebagai peneliti guru akan ....
1.
mengidentifikasi dampak tindakan perbaikan yang
diberikan dengan mengamati perilaku siswa
2.
mengidentifikasi penyebab masalah pembelajaran
melalui wawancara dengan siswa
3.
mengajar sebagaimana biasa sesuai jadwal belajar
siswa
No 48.
Refleksi pada dasarnya adalah .....
1.
mempertanyakan kepada diri sendiri mengapa
masalah ini sampai terjadi dikelasnya
2.
merencanakan berbagai alternatif tindakan yang
mungkin dapat dilakukan
3.
merenungkan dampak dari tindakan-tindakan yang
sudah dilakukan selama ini
No 49.
Yang dimaksud dengan interpretasi hasil analisis data adalah
....
1.
menemukan makna dari hasil analisis datauntuk
menjawab pertanyaan penelitian.
2.
menterjemahkan hasil analisis data dan
menghubungkannya dengan masalah penelitian.
3.
mengolah data hasil penelitian dengan
menggunakan analisis statistik.
No 50.
Saran tindak lanjut hasil PTK adalah ....
1.
saran-saran perbaikan ditujukan untuk berbagai
pihak
2.
alternatif perbaikan dibuat sesuai kesimpulan
penelitian
3.
usulan perbaikan dapat dipertimbangkan melalui
refleksi
No comments:
Post a Comment