Wednesday, May 9, 2012

Soal Ujian Pengantar Pendidikan MKDK4001 (bagian 2)


No 11.
Landasannya merupakan seperangkat asumsi yang bersumber dari hasil studi dan disiplin ilmu yang dijadikan titik tolak dalam rangka praktek pendidikan. Pernyataan tersebut merupakan landasan dari ....
A.      psikologi
B.      sosiologi
C.      antropologi
D.      pedagogik

No 12.
Manakah pernyataan di bawah yang merupakan landasan historis pendidikan Indonesia ....
A.      zaman pengaruh Spanyol dan Portugis
B.      Undang-Undang Dasar RI Tahun 1945
C.      Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003
D.      Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 1990

No 13.
Maju mundurnya ekonomi suatu negara terletak pada maju atau tidaknya pendidikan di negara tersebut, hal ini membuktikan bahwa pendidikan merupakan salah satu landasan ekonomi dan memandang pendidikan sebagai ....
A.      ing ngarso sung tulodo, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani
B.      Human invesment
C.      deviant behaviour
D.      pranata sosial

No 14.
Pak Masjuki dan Istri adalah seorang guru, gaji bulanannya hanya pas-pasan untuk membiayai pendidikan anak-anaknya yang empat orang itu, namun semua anaknya bersekolah di sekolah negeri sampai kuliahnyapun demikian. Sekarang kedua anak tertuanya sudah bergelar master dan sudah bekerja pada kantor pemerintah. Anak ketiganyapun telah diterima di Perguruan Tinggi Negeri terkenal. Keberhasilan keluarga pak Masjuki disebabkan oleh ....
A.      mereka berasal dari keluarga guru yang hidupnya pas-pasan
B.      anak-anaknya menjadi pintar karena semuanya bersekolah di sekolah negeri
C.      dibiayai dengan uang yang diperoleh secara halal
D.      semua anak-anaknya dididik secara prihatin dan secara kebetulan mereka memiliki kecerdasan di atas rata-rata

No 15.
Bentuk keluarga dibedakan atas keluarga patriarhat, keluarga matrilineal, keluarga patrilineal, dan keluarga equaliterian. Semua bentuk keluarga tersebut dibedakan berdasarkan ....
A.      garis keturunan
B.      pemegang kekuasaan
C.      bentuk perkawinan
D.      keutuhan keluarga

No 16.
Secara umum, tujuannya adalah memberikan bekal kemampuan kepada peserta didik dalam mengembangkan kehidupannya sebagai pribadi, anggota masyarakat, warga negara, dan sebagai makhluk Tuhan. Tujuan yang dimaksud adalah tujuan dari ....
A.      instruksional umum
B.      instruksional khusus
C.      pendidikan nasional
D.      pendidikan sekolah

No 17.
Pilihlah contoh pendidikan nonformal di bawah ini yang penyelenggaraannya dilakukan secara tidak terstruktur dan tidak berjenjang, tetapi pelaksanaanya membutuhkan waktu yang cukup lama ....
A.      kursus bahasa Inggris
B.      kejar Paket A dan Paket B
C.      secara rutin memanggil ahli agama kerumah untuk memberi ceramah tentang agama kepada anak-anak dan keluarga
D.      kursus komputer dan perbengkelan

No 18.
Sekolah yang baik dan unggul adalah sekolah yang ditandai oleh banyaknya lulusan/alumni yang diterima jika mendaftar di sekolah/di perguruan tinggi negeri (khususnya), maupun akan melamar pekerjaan. Contoh di atas diakibatkan oleh faktor-faktor yang paling dominan. Pilihlah faktor yang dimaksud di bawah ini ....
A.      guru, siswa dan orang tua murid saling mencari kepandaian secara sendiri-sendiri
B.      kompetensi mengajar guru sangat baik, tetapi jarang mengajar karena disibukkan oleh tugas tambahannya sebagai wakil kepala sekolah
C.      baik guru, siswa, dan orang tua murid memiliki kesadaran untuk bisa maju secara bersama-sama
D.      siswa memiliki kompetensi belajar yang sangat baik, tetapi tidak pernah diperhatikan oleh orang tua maupun sekolah

No 19.
Menurut Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa, bahwa kaum pendidik hanya dapat menuntun tumbuh dan hidupnya kekuatan-kekuatan lahir batin agar dapat memperbaiki lakunya (bukan dasarnya) hidup dan tumbuhnya kodrat alam. Dari pernyataan di atas, implikasinya bagi guru adalah ....
A.      semua sarana, materi pendidikan, dan cara-cara mendidik harus dipilih sesuai dengan hakikat peserta didik
B.      semua guru harus menguasai berbagai kompetensimengajar
C.      kurikulum harus dikembangkan dengan memperhatikan faktor perkembangan peserta didik
D.      media pembelajaran yang digunakan guru harus tepat dan sesuai dengan jenjang pendidikan siswa

No 20.
Tidak semua pergaulan maupun pengaruh orang dewasa kepada seorang anak disebut perbuatan mendidik. Ada kriteria/karakteristik khusus untuk bisa dikatakan perbuatan mendidik, yaitu ....
A.      pengaruh harus diciptakan oleh orang dewasa dengan tujuan untuk menciptakan kedewasaan anak
B.      harus ada undang-undang tersendiri yang mengatur hubungan dan pergaulan tersebut
C.      ada sarana dan prasarana sebagai media pergaulan antara anak dan orang dewasa
D.      memiliki waktu khusus seperti layaknya jam belajar di sekolah

No comments:

Post a Comment