No 11.
Landasannya merupakan seperangkat asumsi yang bersumber dari
hasil studi dan disiplin ilmu yang dijadikan titik tolak dalam rangka praktek
pendidikan. Pernyataan tersebut merupakan landasan dari ....
A.
psikologi
B.
sosiologi
C.
antropologi
D.
pedagogik
No 12.
Manakah pernyataan di bawah yang merupakan landasan historis
pendidikan Indonesia ....
A.
zaman pengaruh Spanyol dan Portugis
B.
Undang-Undang Dasar RI Tahun 1945
C.
Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003
D.
Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 1990
No 13.
Maju mundurnya ekonomi suatu negara terletak pada maju atau
tidaknya pendidikan di negara tersebut, hal ini membuktikan bahwa pendidikan
merupakan salah satu landasan ekonomi dan memandang pendidikan sebagai ....
A.
ing ngarso sung tulodo, ing madyo mangun karso,
tut wuri handayani
B.
Human invesment
C.
deviant behaviour
D.
pranata sosial
No 14.
Pak Masjuki dan Istri adalah seorang guru, gaji bulanannya
hanya pas-pasan untuk membiayai pendidikan anak-anaknya yang empat orang itu,
namun semua anaknya bersekolah di sekolah negeri sampai kuliahnyapun demikian.
Sekarang kedua anak tertuanya sudah bergelar master dan sudah bekerja pada
kantor pemerintah. Anak ketiganyapun telah diterima di Perguruan Tinggi Negeri
terkenal. Keberhasilan keluarga pak Masjuki disebabkan oleh ....
A.
mereka berasal dari keluarga guru yang hidupnya
pas-pasan
B.
anak-anaknya menjadi pintar karena semuanya
bersekolah di sekolah negeri
C.
dibiayai dengan uang yang diperoleh secara halal
D.
semua anak-anaknya dididik secara prihatin dan
secara kebetulan mereka memiliki kecerdasan di atas rata-rata
No 15.
Bentuk keluarga dibedakan atas keluarga patriarhat, keluarga
matrilineal, keluarga patrilineal, dan keluarga equaliterian. Semua bentuk
keluarga tersebut dibedakan berdasarkan ....
A.
garis keturunan
B.
pemegang kekuasaan
C.
bentuk perkawinan
D.
keutuhan keluarga
No 16.
Secara umum, tujuannya adalah memberikan bekal kemampuan
kepada peserta didik dalam mengembangkan kehidupannya sebagai pribadi, anggota
masyarakat, warga negara, dan sebagai makhluk Tuhan. Tujuan yang dimaksud
adalah tujuan dari ....
A.
instruksional umum
B.
instruksional khusus
C.
pendidikan nasional
D.
pendidikan sekolah
No 17.
Pilihlah contoh pendidikan nonformal di bawah ini yang
penyelenggaraannya dilakukan secara tidak terstruktur dan tidak berjenjang,
tetapi pelaksanaanya membutuhkan waktu yang cukup lama ....
A.
kursus bahasa Inggris
B.
kejar Paket A dan Paket B
C.
secara rutin memanggil ahli agama kerumah untuk
memberi ceramah tentang agama kepada anak-anak dan keluarga
D.
kursus komputer dan perbengkelan
No 18.
Sekolah yang baik dan unggul adalah sekolah yang ditandai
oleh banyaknya lulusan/alumni yang diterima jika mendaftar di sekolah/di
perguruan tinggi negeri (khususnya), maupun akan melamar pekerjaan. Contoh di
atas diakibatkan oleh faktor-faktor yang paling dominan. Pilihlah faktor yang
dimaksud di bawah ini ....
A.
guru, siswa dan orang tua murid saling mencari
kepandaian secara sendiri-sendiri
B.
kompetensi mengajar guru sangat baik, tetapi
jarang mengajar karena disibukkan oleh tugas tambahannya sebagai wakil kepala
sekolah
C.
baik guru, siswa, dan orang tua murid memiliki
kesadaran untuk bisa maju secara bersama-sama
D.
siswa memiliki kompetensi belajar yang sangat
baik, tetapi tidak pernah diperhatikan oleh orang tua maupun sekolah
No 19.
Menurut Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa, bahwa kaum
pendidik hanya dapat menuntun tumbuh dan hidupnya kekuatan-kekuatan lahir batin
agar dapat memperbaiki lakunya (bukan dasarnya) hidup dan tumbuhnya kodrat
alam. Dari pernyataan di atas, implikasinya bagi guru adalah ....
A.
semua sarana, materi pendidikan, dan cara-cara
mendidik harus dipilih sesuai dengan hakikat peserta didik
B.
semua guru harus menguasai berbagai kompetensimengajar
C.
kurikulum harus dikembangkan dengan
memperhatikan faktor perkembangan peserta didik
D.
media pembelajaran yang digunakan guru harus
tepat dan sesuai dengan jenjang pendidikan siswa
No 20.
Tidak semua pergaulan maupun pengaruh orang dewasa kepada
seorang anak disebut perbuatan mendidik. Ada kriteria/karakteristik khusus
untuk bisa dikatakan perbuatan mendidik, yaitu ....
A.
pengaruh harus diciptakan oleh orang dewasa
dengan tujuan untuk menciptakan kedewasaan anak
B.
harus ada undang-undang tersendiri yang mengatur
hubungan dan pergaulan tersebut
C.
ada sarana dan prasarana sebagai media pergaulan
antara anak dan orang dewasa
D.
memiliki waktu khusus seperti layaknya jam
belajar di sekolah
No comments:
Post a Comment