No 1.
a.
salah, karena di luar konteks
b.
benar, karena mereka menyatakan bahwa PTK
adalah penelitian yang dimulai dengan refleksi diri.
c.
salah karena di luar konteks (tidak ada dalam
modul)
d.
salah bukan bahan rujukan
No 2.
a.
benar, karena sesuai dengan
self-reflective inquiry
b.
salah, karena tetap mengikuti kaidah penelitian
ilmiah
c.
salah, karena tidak rasional
d.
salah, karena guru harus menguasai metode PTK
yang baku
No 3.
a.
salah karena sampel tidak mewakili populasi
tertentu
b.
salah karena pengambilan sampel dalam PTK tidak
didasarkan pada sistem purposif (kesengajaan)
c.
salah, karena sampel dalam PTK tidak diambil
secara acak
d.
benar, karena PTK memang khusus dirancang
untuk penelitian oleh guru di kelasnya sendiri
No 4.
a.
salah, karena PTK tidak bertujuan membuktikan
kebenaran sebuah teori
b.
salah, karena hasil PTK tidak dapat
digeneralisasikan
c.
benar, karena hasil akhir yang ingin
dicapai guru melalui PTK adalah terjadinya perbaikan/ peningkatan kualitas
pembelajaran a.l. perbaikan hasil belajar siswa.
d.
salah, karena tujuan utama PTK bukan ini
(jawaban C)
No 5.
a.
salah, karena tidak relevan dengan pertanyaan
b.
benar, sesuai dengan tujuan pertanyaan
yang diajukan
c.
salah, karena hal ini adalah merupakan dampak
dari kemampuan guru sebagai peneliti
d.
salah karena ini adalah tujuan PTK bagi guru
No 6.
a.
benar karena PTK umumnya dilakukan hanya oleh
guru
b.
benar, karena validitas PTK masih banyak
dipertanyakan dan jadi bahan polemik di antara pakar
c.
benar karena metodologi PTK yang longgar dan
dianggap kurang ilmiah
d.
salah, tepai merupakan pilihan dari
pertanyaan No. 6. Instrumen PTK cukup valid dan reliabel karena dibuat oleh
guru sendiri.
No 7.
a.
benar, karena PTK oleh guru harus mendapat
dukungan dari pihak sekolah
b.
benar karena untuk masalah pembelajaran di
kelasnya, guru memiliki kebebasan untuk melakukan penelitian di kelasnya dalam
upaya memperbaiki kualitas pembelajaran di kelasnya.
c.
salah, karena Kepala Sekolah tidak harus
melakukan pengawasan. guru cukup menyampaikan pemberitahuan untuk melakukan PTK
di kelasnya
d.
benar, karena guru perlu dukungan dalam
melaksanakan PTK. dalam pengumpulan data, meminta pendapat teman sejawat, dll.
No 8.
a.
salah, karena perumusan masalah merupakan
langkah ke-4, dilakukan setelah analisis masalah
b.
benar, karena identifikasi masalah
merupakan langkah awal dengan mengajukan/membuat pertanyaan penelitian
c.
salah, karena analisis masalah merupakan langkah
ke-3 setelah pembatasan masalah
d.
salah, karena pembatasan masalah dilakukan
setelahidentifikasi masalah. tujuan pembatasan ini adalah untuk memfokuskan
metodologi pada tujuanpenelitian.
No 9.
a.
benar, karena salah satu upaya identifikasi
masalah adalah melalui refleksi
b.
benar, karena salah satu upaya identifikasi
masalah adalah melalui kajian dokumen kelas
c.
benar, karena salah satu upaya identifikasi
masalah adalah melalui diskusi dengan teman sejawat
d.
salah, karena dalam konteks PTK analisis
masalah tidak perlu studi banding. walaupun hal ini dapat juga dilakukan
No 10.
a.
hipotesis tidak sama dengan tindakan
b.
karena hipotesis tidak sama dengan tindakan yang
dipilih
c.
hipotesis adalah dugaan-dugaan yang
rasional yang dirumuskan oleh peneliti dalam sebuah kegiatan penelitian. Dan
sesuai dengan kaidah penelitian ilmiah, dugaan-dugaan tersebut perlu dibuktikan
salah/benar.
d.
hipotesis tidak sama dengan kajian teori
No comments:
Post a Comment