Friday, May 11, 2012

Kunci Jawaban Ujian Penelitian Tindakan Kelas IDIK4008 (bagian 1)


No 1.
a.         salah, karena di luar konteks
b.        benar, karena mereka menyatakan bahwa PTK adalah penelitian yang dimulai dengan refleksi diri.
c.         salah karena di luar konteks (tidak ada dalam modul)
d.        salah bukan bahan rujukan

No 2.
a.      benar, karena sesuai dengan self-reflective inquiry
b.      salah, karena tetap mengikuti kaidah penelitian ilmiah
c.       salah, karena tidak rasional
d.      salah, karena guru harus menguasai metode PTK yang baku

No 3.
a.       salah karena sampel tidak mewakili populasi tertentu
b.      salah karena pengambilan sampel dalam PTK tidak didasarkan pada sistem purposif (kesengajaan)
c.       salah, karena sampel dalam PTK tidak diambil secara acak
d.      benar, karena PTK memang khusus dirancang untuk penelitian oleh guru di kelasnya sendiri

No 4.
a.       salah, karena PTK tidak bertujuan membuktikan kebenaran sebuah teori
b.      salah, karena hasil PTK tidak dapat digeneralisasikan
c.       benar, karena hasil akhir yang ingin dicapai guru melalui PTK adalah terjadinya perbaikan/ peningkatan kualitas pembelajaran a.l. perbaikan hasil belajar siswa.
d.      salah, karena tujuan utama PTK bukan ini (jawaban C)

No 5.
a.       salah, karena tidak relevan dengan pertanyaan
b.      benar, sesuai dengan tujuan pertanyaan yang diajukan
c.       salah, karena hal ini adalah merupakan dampak dari kemampuan guru sebagai peneliti
d.      salah karena ini adalah tujuan PTK bagi guru

No 6.
a.       benar karena PTK umumnya dilakukan hanya oleh guru
b.      benar, karena validitas PTK masih banyak dipertanyakan dan jadi bahan polemik di antara pakar
c.       benar karena metodologi PTK yang longgar dan dianggap kurang ilmiah
d.      salah, tepai merupakan pilihan dari pertanyaan No. 6. Instrumen PTK cukup valid dan reliabel karena dibuat oleh guru sendiri.

No 7.
a.       benar, karena PTK oleh guru harus mendapat dukungan dari pihak sekolah
b.      benar karena untuk masalah pembelajaran di kelasnya, guru memiliki kebebasan untuk melakukan penelitian di kelasnya dalam upaya memperbaiki kualitas pembelajaran di kelasnya.
c.       salah, karena Kepala Sekolah tidak harus melakukan pengawasan. guru cukup menyampaikan pemberitahuan untuk melakukan PTK di kelasnya
d.      benar, karena guru perlu dukungan dalam melaksanakan PTK. dalam pengumpulan data, meminta pendapat teman sejawat, dll.

No 8.
a.       salah, karena perumusan masalah merupakan langkah ke-4, dilakukan setelah analisis masalah
b.      benar, karena identifikasi masalah merupakan langkah awal dengan mengajukan/membuat pertanyaan penelitian
c.       salah, karena analisis masalah merupakan langkah ke-3 setelah pembatasan masalah
d.      salah, karena pembatasan masalah dilakukan setelahidentifikasi masalah. tujuan pembatasan ini adalah untuk memfokuskan metodologi pada tujuanpenelitian.

No 9.
a.       benar, karena salah satu upaya identifikasi masalah adalah melalui refleksi
b.      benar, karena salah satu upaya identifikasi masalah adalah melalui kajian dokumen kelas
c.       benar, karena salah satu upaya identifikasi masalah adalah melalui diskusi dengan teman sejawat
d.      salah, karena dalam konteks PTK analisis masalah tidak perlu studi banding. walaupun hal ini dapat juga dilakukan

No 10.
a.       hipotesis tidak sama dengan tindakan
b.      karena hipotesis tidak sama dengan tindakan yang dipilih
c.       hipotesis adalah dugaan-dugaan yang rasional yang dirumuskan oleh peneliti dalam sebuah kegiatan penelitian. Dan sesuai dengan kaidah penelitian ilmiah, dugaan-dugaan tersebut perlu dibuktikan salah/benar.
d.      hipotesis tidak sama dengan kajian teori

No comments:

Post a Comment