No 31.
Untuk mencegah terjadinya jawaban siswa yang sangat beragam,
jenis tes uraian yang paling tepat digunakan adalah ….
A.
tes uraian bebas
B.
tes uraian terbatas
C.
yang sederhana
D.
yang sangat kompleks
No 32.
Untuk menghindari terjadinya hallo effect dalam pemeriksaan
hasil tes uraian, cara yang paling tepat dilakukan adalah ....
A.
nama dan nomor peserta tes diganti dengan kode
lain
B.
pemeriksaan dilakukan oleh 2 orang pemeriksa
C.
lakukan penyamaan persepsi antara pemeriksa I
dan II
D.
berpegang pada pedoman penskoran
No 33.
Dari 30 butir soal tes objektif, Sila mampu mengerjakan 24
butir soal dengan benar. Jika penilaian menggunakan standar 100 dan
tidakmenggunakan formula tebakan, maka nilai Sila adalah ....
A.
24.00
B.
60,00
C.
70,00
D.
80,00
No 34.
Jika jumlah skor yang diperoleh Ali 35, sedangkan jumlah
skor maksimal dari tes dalam bentuk uraian adalah 45, maka persentase
penguasaan Ali adalah ....
A.
10,77
B.
77,77
C.
80,77
D.
90,77
No 35.
Hasil pengamatan/obervasi terhadap suatu kegiatan siswa
dapat dikelompokkan berdasarkan ....
A.
tujuan pembelajaran
B.
pedoman penilaian
C.
kebijakan guru
D.
kriteria yang telah ditetapkan
No 36.
Dari 25 soal ulangan umum untuk mata pelajaran bahasa
Indonesia, Ali mengerjakan 17 butir soal dengan benar. Sementara kawan yang
terpandai hanya 1 butir soal yang salah, dan anak yang terbodoh di kelas itu
hanya mampu mengerjakan 5 butir soal dengan benar. Jika pendekatan kriteria
dengan skala 100 yang digunakan, maka nilai ulanagan umum bahasa Indonesia yang
diperoleh Ali adalah ….
A.
17,00
B.
24,00
C.
68,00
D.
96,00
No 37.
Suatu tes yang baik adalah apabila digunakan beberapa kali,
menunjukkan hasil yang relatif sama. Pernyataan ini menunjukkan persyaratan
tentang butir soal yang baik dilihat dari segi ....
A.
validitas
B.
reliabilitas
C.
capabilitas
D.
crediibilitas
No 38.
Kaitan antara validitas dan reliabilitas yang dapat
menunjukkan kualitas tes yang baik adalah ….
A.
tingkat validitas dan reliabilitas tinggi
B.
tingkat validitas dan reliabilitas rendah
C.
tingkat validitas tinggi, dan tingkat
reliabilitas rendah
D.
tingkat validitas rendah, tingkat reliabilitas
tinggi
No 39.
Reliabilitas suatu tes dapat ditingkatkan dengan cara ....
A.
menambah jumlah butir soal semaksimal mungkin
B.
menambah jumlah butir soal yang homogen
C.
mengurangi jumlah butir soal yang dianggap jelek
D.
mengganti soal-soal yang dianggap jelek
No 40.
Reliabilitas suatu tes yang terdiri dari 40 butir soal
adalah 0,45. Setelah ditambah dengan 20 butir soal yang homogen, maka tingkat
reliabilitasnya akan menjadi ....
A.
0,51
B.
0,53
C.
0,55
D.
0,67
No comments:
Post a Comment