No 11.
Salah satu indikator yang yang dapat menunjukkan kualitas
butir tes uraian yang baik adalah ....
A.
menuntut jawaban berupa ungkapan pendapat siswa
B.
menuntut jawaban berupa fakta-fakta yang
sebenarnya
C.
ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan
benar
D.
ditulis oleh guru yang mengajar dikelas dikelas
No 12.
Berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan dalam
penulisan butir soal tes objektif, kecuali ....
A.
hindari petunjuk ke arah jawaban yang benar
B.
hindari pengulangan kata pada pokok soal
C.
satu soal hanya ada satu jawaban yang benar
D.
satu soal hanya ada satu alternatif jawaban
No 13.
Berikut ini merupakan faktor-faktor yang perlu diperhatikan
dalam pengembangan kisi-kisi tes uraian,
kecuali ....
A.
penentuan alokasi waktu
B.
penentuan pokok bahasan
C.
penentuan indikator/tujuan
D.
pendiatribusian butir soal
No 14.
Perhatikan butir soal berikut.
Letusan gunung Kelud yang cukup besar terjadi pada ....
a.
tahun 1850 c. tahun 2001
b.
tahun 1951 d. tahun 2005
Butir soal tersebut
tidak baik karena...
A.
ada pengulangan kata tahun
B.
mengukur ingatan
C.
pokok soal merupakan kalimat yang belum selesai
D.
pertanyaan terlalu singkat
No 15.
Penggunaan asesmen alternatif dalam penilaian hasil belajar
siswa disebabkan adanya pendapat dari para ahli bahwa tes tertulis ....
A.
lebih banyak ditulis dalam bentuk objektif
B.
tidak ditulis oleh guru yang mengajar
C.
hanya cocok untuk mengukur ranah kognitif
D.
lebih bersifat bottom-up
No 16.
Konsep baru akan terbentuk berdasarkan rekonstruksi dari
konsep, pengetahuan, dan pengalaman yang telah dimiliki. Pendapat ini
dikemukakan oleh ....
A.
R Spiro
B.
Brunner
C.
Wittrock
D.
Rogers
No 17.
Pentingnya penerapan asesmen alternatif di bidang pendidikan
dibandingkan dengan asesmen tradisional dapat dinyatakan dalam pernyataan
berikut ....
A.
biaya asesmen alternatif lebih murah
B.
waktu yang diperlukan lebih singkat
C.
mampu mengukur proses dan hasil belajar
D.
lebih mudah dalam pelaksanaannya
No 18.
Salah satu kelebihan asesmen alternatif dalam penilaian ,
karena dapat menyajikan penilaian yang lebih lengkap, yang berarti ....
A.
mampu menyajikan nilai pretest dan post-tes
B.
mampu menilai aspek kognitif, afektif dan
psikomotor
C.
dapat digunakan untuk berbagai jenis tes
D.
disertai dengan kunci jawaban yang objektif
No 19.
langkah pertama yang harus dilakukan guru pada saat menyusun
tugas dalam rangka asesmen hasil belajar adalah ....
A.
A menentukan tugas yang akan dinilai
B.
menentukan skala yang akan digunakan
C.
melakukan uji coba
D.
mengindentifikasi kemampuan siswa
No 20.
Sebelum digunakan dalam penilaian hasil dan perkembangan
kemajuan siswa dalam belajar, harus dilakukan revisi rubrik berdasarkan ….
A.
saran guru lain
B.
hasil uji coba.
C.
saran kepala sekolah
pertimbangan guru
No comments:
Post a Comment