Tuesday, May 22, 2012

Soal Ujian Evaluasi Pembelajaran di SD PDGK4301 (bagian 5)


No 41.
Dengan melakukan analisis butir soal , kemampuan guru dalam menulis soal akan meningkat, karena mereka terlatih dalam melakukan ....
A.      perhitungan skor
B.      perhitungan koefisien
C.      penulisan butir soal
D.      perbaikan butir soal.

No  42.
Berikut ini adalah data tentang jawaban siswa pada suatu butir soal

Dari tabel tersebut, angka yang menunjukkan tingkat kesukaran butir soal adalah …
A.      0,40
B.      0,50
C.      0,70
D.      1,00

No 43.
Dalam menjawab butir soal nomor 5, 7 dari siswa kelompok atas menjawab benar dan hanya 2 dari 10 siswa kelompok bawah yang menjawab benar. Daya beda butir soal tersebut adalah ….
A.      0,20
B.      0,50.
C.      0,70
D.      0,80

No 44.
Berikut ini adalah data jawaban siswa dari butir soal no. 3.








Dari data di atas, maka butir soal tersebut perlu direvisi pada ….
A.      pokok soal
B.      kunci jawaban
A.      C.option B
C.      option C

No 45.
Seorang guru melakukan tes untuk mengetahui kompetensi yang telah atau belum dikuasai siswa. Hal ini sesuai dengan salah satu tujuan penilaian kelas, yaitu ....
A.     penelusuran
B.      pengecekan
C.      pencarian
D.      penyimpulan

No 46.
Jika diketahui bahwa dari hasil tes formatif terdapat 3 dari 8 soal yang diberikan hampir semua siswa tidak dapat menjawab dengan benar, maka tindakan guru yang sebaiknya dilakukan adalah ….
A.      melanjutkan ke pokok bahasan berikutnya
B.      menjelaskan kembali seluruh materi pelajaran
C.      menjelaskan kembali materi yang belum difahami siswa
D.      melakukan pembelajaran remidi terhadap siswa yang menjawab salah

No 47.
Besarnya angka yang dapat menunjukkan standar ketuntasan belajar minimal (SKBM) pada suatu mata pelajaran tertentu ditetapkan berdasarkan ....
A.      kebijakan pemerintah daerah setempat.
B.      keputusan pemerintah pusat
C.      keputusan kepala sekolah
A.      D.keputusan komite sekolah

No 48.
Perhatikan tabel berikut yang menunjukkan nilai ujian yang diperoleh Nana.


Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa Nana … 
A.      lulus karena jumlah nilai yang diperoleh lebih tinggi dari SKBM
B.      lulus karena nilai rata-rata yang diperoleh lebih tinggi dari SKBM
C.      tidak lulus, karena nilai matematika di bawah SKBM
D.      tidak lulus, nilai rata-rata diatas SKBM

No 49.
Dengan melihat hasil pre-test, seorang guru dapat mengetahui bahwa 3 dari 8 soal yang diberikan mampu dijawab hampir seluruh siswa dengan benar. Jika Anda sebagai guru, manfaat apa yang dapat dipetik dari informasi tadi.
A.      Mengajarkan seluruh materi sesuai dengan kurikulum agar penguasaan siswa lebih baik
B.      3 dari 8 soal tersebut tidak akan ditanyakan lagi pada saat melakukan post-test
C.      Materi yang telah dikuasai siswa tidak perlu diajarkan lagi pada proses kegiatan belajar mengajar.
D.      melaksanakan pelajaran remedial untuk materi yang belum dikuasai siswa berdasarkan hasil pre-test

No 50.
Berdasarkan hasil penilaian portofolio, guru lebih mudah melakukan perbaikan dalam pembelajaran, karena dengan penilaian ini ….
A.      dapat diketahui kemampuan yang belum dikuasai siswa
B.      data nilai yang terkumpul lebih lengkap
C.      pelaksanaan penilaian lebih mudah
D.      nilai yang terkumpul lebih sempurna

No comments:

Post a Comment