No 21.
Jika dibandingkan dengan analitic rubric, deskripsi pada
holistic rubric lebih bersifat ....
A.
umum
B.
khusus
C.
pendek
D.
panjang
No 22.
Dari banyaknya definisi /batasan yang dikemukakan oleh para
ahli, namun esensi dari pengertian penilaian portofolio adalah ....
A.
kumpulan hasil karya siswa.
B.
rekaman hasil karya siswa
C.
rangkaian hasil karya siswa
D.
kumpulan nilai siswa
No 23.
Hasil karya siswa yang dapat dimasukkan ke folder portofolio
adalah yang telah melalui proses seleksi sesuai dengan ....
A.
kriteria tertentu
B.
kebijakan guru
C.
keinginan siswa
D.
kebijakan sekolah
No 24.
Langkah awal yang harus dilakukan gguru pada tahap
pelaksanaan dalam kegiatan asesmen portofolio
A.
melalukan kegiatan yang dapat memotivasi siswa
B.
menentukan jenis-jenis bukti yang harus
dikumpulkan
C.
mengawasi pelaksanaan tugas yang dilakukan siswa
D.
memberikan umpan balik terhaap hasil karya siswa
No 25.
Salah satu cara yang dapat dilakukan guru untuk memotivasi
siswa agar para siswa tersebut bersemangat melakukan tugas dengan baik
adalah....
A.
mengatakan bahwa para siswa harus bekerja keras
B.
menghukum siswa yang tidak dapat bekerja dengan
baik
C.
meyakinkan bahwa siswa pasti mampu melaksanakan
tugas.
D.
meyakinkan bahwa guru tidak akan berbuat curang
dalam penilaian
No 26.
Jika terjadi perubahan kriteria penilaian portofolio yang
disebabkan oleh berbagai hal dan pertimbangan, maka masalah tersebut harus
dibicarakan pada pertemuan berkala antara ...
A.
guru dengan kepala sekolah
B.
guru dengan siswa.
C.
siswa dengan kepala sekolah
D.
siswa dengan siswa lain
No 27.
Pada tingkat receiving, gejala yang dapat diamati dari siswa
yang sedang menerima pelajaran sejarah di kelas adalah ....
A.
mengajukan pertanyaan
B.
menjawab pertanyaan
C.
memperhatikan uraian guru dengan baik
D.
mengerjakan soal-soal yang diberikan
No 28.
Tujuan yang ingin dicapai pada suatu kegiatan dalam rangka
menemukan konsep diri siswa adalah agar siswa tersebut mampu mengetahui ....
A.
kekurangan yang ada pada diri siswa
B.
kelebihan yang ada pada diri siswa
C.
kekurangan dan kelebihan siswa
D.
cita-cita para siswa
No 29.
Seorang guru ingin mengetahui sikap/reaksi siswa terhadap
peristiwa Tsunami di Aceh yang diputar dari VCD. Cara penilaian yang paling
tepat untuk mengukur reaksi /emosi anak adalah ….
A.
pengamatan langsung
B.
wawancara
C.
angket
D.
kuesioner
No 30.
Seorang guru ingin mengetahui sikap siswa terhadap kegiatan
pramuka sebagai salah satu pilihan dalam kegiatan ekstrakurikuler. Rumusan
tujuan yang paling tepat dalam kegiatan pengukuran ini adalah ….
A.
mengetahui jenis kegiatan pramuka yang
dilaksanakan di sekolah
B.
mengetahui jumlah siswa yang memilih pramuka
sebagai ekskul
C.
menjaring pendapat siswa tentang kegiatan pramuka
di sekolah
D.
menjaring calon peserta kegiatan pramuka
disekolah
No comments:
Post a Comment