Tuesday, May 22, 2012

Soal Ujian Evaluasi Pembelajaran di SD PDGK4301 (bagian 3)


No 21.
Jika dibandingkan dengan analitic rubric, deskripsi pada holistic rubric lebih bersifat ....
A.      umum
B.      khusus
C.      pendek
D.      panjang

No 22.
Dari banyaknya definisi /batasan yang dikemukakan oleh para ahli, namun esensi dari pengertian penilaian portofolio adalah ....
A.      kumpulan hasil karya siswa.
B.      rekaman hasil karya siswa
C.      rangkaian hasil karya siswa
D.      kumpulan nilai siswa


 No 23.
Hasil karya siswa yang dapat dimasukkan ke folder portofolio adalah yang telah melalui proses seleksi sesuai dengan ....
A.      kriteria tertentu
B.      kebijakan guru
C.      keinginan siswa
D.      kebijakan sekolah

No 24.
Langkah awal yang harus dilakukan gguru pada tahap pelaksanaan dalam kegiatan asesmen portofolio
A.      melalukan kegiatan yang dapat memotivasi siswa
B.      menentukan jenis-jenis bukti yang harus dikumpulkan
C.      mengawasi pelaksanaan tugas yang dilakukan siswa
D.      memberikan umpan balik terhaap hasil karya siswa

No 25.
Salah satu cara yang dapat dilakukan guru untuk memotivasi siswa agar para siswa tersebut bersemangat melakukan tugas dengan baik adalah....
A.      mengatakan bahwa para siswa harus bekerja keras
B.      menghukum siswa yang tidak dapat bekerja dengan baik
C.      meyakinkan bahwa siswa pasti mampu melaksanakan tugas.
D.      meyakinkan bahwa guru tidak akan berbuat curang dalam penilaian

No 26.
Jika terjadi perubahan kriteria penilaian portofolio yang disebabkan oleh berbagai hal dan pertimbangan, maka masalah tersebut harus dibicarakan pada pertemuan berkala antara ...
A.      guru dengan kepala sekolah
B.      guru dengan siswa.
C.      siswa dengan kepala sekolah
D.      siswa dengan siswa lain

No 27.
Pada tingkat receiving, gejala yang dapat diamati dari siswa yang sedang menerima pelajaran sejarah di kelas adalah ....
A.      mengajukan pertanyaan
B.      menjawab pertanyaan
C.      memperhatikan uraian guru dengan baik
D.      mengerjakan soal-soal yang diberikan

No 28.
Tujuan yang ingin dicapai pada suatu kegiatan dalam rangka menemukan konsep diri siswa adalah agar siswa tersebut mampu mengetahui ....
A.      kekurangan yang ada pada diri siswa
B.      kelebihan yang ada pada diri siswa
C.      kekurangan dan kelebihan siswa
D.      cita-cita para siswa

No 29.
Seorang guru ingin mengetahui sikap/reaksi siswa terhadap peristiwa Tsunami di Aceh yang diputar dari VCD. Cara penilaian yang paling tepat untuk mengukur reaksi /emosi anak adalah ….
A.      pengamatan langsung
B.      wawancara
C.      angket
D.      kuesioner

No 30.
Seorang guru ingin mengetahui sikap siswa terhadap kegiatan pramuka sebagai salah satu pilihan dalam kegiatan ekstrakurikuler. Rumusan tujuan yang paling tepat dalam kegiatan pengukuran ini adalah ….
A.      mengetahui jenis kegiatan pramuka yang dilaksanakan di sekolah
B.      mengetahui jumlah siswa yang memilih pramuka sebagai ekskul
C.      menjaring pendapat siswa tentang kegiatan pramuka di sekolah
D.      menjaring calon peserta kegiatan pramuka disekolah

No comments:

Post a Comment