Friday, May 11, 2012

Soal Ujian Penelitian Tindakan Kelas IDIK4008 (bagian 1)


No 1.
PTK adalah suatu bentuk inkuiri yang didahului dengan refleksi. Pendapat ini dikemukakan oleh ....
A.      McTaggard
B.      Carr dan Kemmis
C.      Rochman
D.      Schmuck

No 2.
Maksud dari self-reflective inquiry adalah penelitian yang ....
A.      A.berbasis refleksi diri
B.      metode yang longgar dan fleksibel
C.      berbasis hasil pengamatan dan renungan guru
D.      disesuaikan dengan kemampuan guru

No 3.
Dibandingkan dengan penelitian formal, sampel yang digunakan dalam PTK termasuk jenis ....
A.      sampel representatif
B.      sampel purposif
C.      sampel acak
D.      kasus khusus yaitu kelas

No 4.
Perbedaan antara PTK dengan non-PTK ditinjau dari hasil akhir yang ingin dicapai terletak pada ....
A.      teori belajar yang akan diuji
B.      temuan penelitian yang dapat digeneralisasikan
C.      perbaikan hasil belajar siswa
D.      meningkatnya kemampuan guru dalam melakukan penelitian

No 5.
Manfaat PTK bagi sekolah adalah untuk meningkatkan ....
A.      kemampuan guru di bidang instruksional
B.      kualitas pendidikan di sekolah yang bersangkutan
C.      daya inovasi pada diri guru
D.      kualitas pembelajaran di kelas

No 6.
Berikut adalah keterbatasan PTK dibandingkan dengan penelitian formal, kecuali ....
A.      peneliti
B.      validitas
C.      metodologi
D.      instrumen

No 7.
Berikut adalah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar PTK dapat diterapkan secara kelembagaan, kecuali ....
A.      dukungan dari pihak sekolah
B.      kebebasan bagi guru untuk melakukan penelitian di kelasnya
C.      pengawasan dari Kepala Sekolah
D.      kerjasama antar personil sekolah

No 8.
Langkah awal PTK oleh guru dimulai dengan melakukan ....
A.      perumusan masalah
B.      identifikasi masalah
C.      analisis masalah
D.      pembatasan masalah

No 9.
Berikut adalah beberapa langkah yang dapat ditempuh dalam melakukan analisis masalah, kecuali ....
A.      melakukan refleksi
B.      mengkaji dokumen-dokumen kelas tentang siswa
C.      berdiskusi dengan teman sejawat
D.      melakukan studi banding ke sekolah lain

No 10
Hipotesis tindakan adalah ....
A.      tindakan perbaikan yang dirancang pada saat menyusun Rencana Perbaikan
B.      alternatif tindakan perbaikan yangakan diujicobakan
C.      dugaan-dugaan tentang upaya perbaikan pembelajaran yang rasional dan perlu dibuktikan
D.      kajian teori yang relevan dengan masalah penelitian

No comments:

Post a Comment