No 1.
PTK adalah suatu bentuk inkuiri yang didahului dengan refleksi.
Pendapat ini dikemukakan oleh ....
A.
McTaggard
B.
Carr dan Kemmis
C.
Rochman
D.
Schmuck
No 2.
Maksud dari self-reflective inquiry adalah penelitian yang
....
A.
A.berbasis refleksi diri
B.
metode yang longgar dan fleksibel
C.
berbasis hasil pengamatan dan renungan guru
D.
disesuaikan dengan kemampuan guru
No 3.
Dibandingkan dengan penelitian formal, sampel yang digunakan
dalam PTK termasuk jenis ....
A.
sampel representatif
B.
sampel purposif
C.
sampel acak
D.
kasus khusus yaitu kelas
No 4.
Perbedaan antara PTK dengan non-PTK ditinjau dari hasil
akhir yang ingin dicapai terletak pada ....
A.
teori belajar yang akan diuji
B.
temuan penelitian yang dapat digeneralisasikan
C.
perbaikan hasil belajar siswa
D.
meningkatnya kemampuan guru dalam melakukan
penelitian
No 5.
Manfaat PTK bagi sekolah adalah untuk meningkatkan ....
A.
kemampuan guru di bidang instruksional
B.
kualitas pendidikan di sekolah yang bersangkutan
C.
daya inovasi pada diri guru
D.
kualitas pembelajaran di kelas
No 6.
Berikut adalah keterbatasan PTK dibandingkan dengan
penelitian formal, kecuali ....
A.
peneliti
B.
validitas
C.
metodologi
D.
instrumen
No 7.
Berikut adalah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar
PTK dapat diterapkan secara kelembagaan, kecuali ....
A.
dukungan dari pihak sekolah
B.
kebebasan bagi guru untuk melakukan penelitian
di kelasnya
C.
pengawasan dari Kepala Sekolah
D.
kerjasama antar personil sekolah
No 8.
Langkah awal PTK oleh guru dimulai dengan melakukan ....
A.
perumusan masalah
B.
identifikasi masalah
C.
analisis masalah
D.
pembatasan masalah
No 9.
Berikut adalah beberapa langkah yang dapat ditempuh dalam
melakukan analisis masalah, kecuali ....
A.
melakukan refleksi
B.
mengkaji dokumen-dokumen kelas tentang siswa
C.
berdiskusi dengan teman sejawat
D.
melakukan studi banding ke sekolah lain
No 10
Hipotesis tindakan adalah ....
A.
tindakan perbaikan yang dirancang pada saat
menyusun Rencana Perbaikan
B.
alternatif tindakan perbaikan yangakan
diujicobakan
C.
dugaan-dugaan tentang upaya perbaikan
pembelajaran yang rasional dan perlu dibuktikan
D.
kajian teori yang relevan dengan masalah
penelitian
No comments:
Post a Comment