No 11.
Langkah awal dalam pelaksanaan PTK adalah ....
A.
menentukan metode pengolahan data yang tepat
B.
mempersiapkan diri sebagai peneliti
C.
menyusun Rencana Pembelajaran (RP) dan Skenario
Tindakan (ST)
D.
mempersiapkan sarana pendukung penelitian
No 12.
Yang dimaksud dengan high inference observation adalah model
pengamatan ....
A.
tanpa penafsiran
B.
langsung sebagaimana yang teramati oleh peneliti
C.
tidak langsung, yaitu tanpa sepengatahuan subyek
penelitian (candid camera)
D.
yang membutuhkan penafsiran
No 13.
Jika seorang guru ingin mengetahui suasana verbal dan
nonverbal sekaligus, maka ia akan melakukan observasi ....
A.
terfokus
B.
sistematis
C.
terstruktur
D.
terbuka
No 14.
Berikut adalah teknik-teknik lain di samping observasi yang
dapat digunakan guru sebagai peneliti PTK untuk mengumpulkan data, kecuali ....
A.
wawancara
B.
studi dokumen kelas
C.
pengisian kuesioner
D.
survai
No 15.
Refleksi paling tepat dilakukan oleh peneliti PTK pada saat
....
A.
sebelum menyusun proposal
B.
sesudah mengidentifikasi masalah
C.
sesudah menentukan upaya tindakan perbaikan
D.
sesudah melakukan upaya perbaikan
No 16.
Yang dimaksud dengan perencanaan tindak lanjut dalam PTK
adalah ....
A.
menyusun tindakan perbaikan untuk siklus
berikutnya
B.
merevisi pedoman observasi
C.
menyusun proposal PTK
D.
menentukan metode yang akan digunakan
No 17.
Apabila sebagian besar siswa Anda malas mengerjakan
tugas-tugas yang Anda berikan, maka PTK yang akan Anda laksanakan dapat
dikategorikan ke dalam domein ....
A.
kenakalan remaja
B.
disiplin belajar
C.
interaksi belajar
D.
prestasi belajar
No 18.
Berikut adalah kriteria yang perlu dipertimbangkan sebelum
menentukan apakah masalah yang muncul di kelas layak diteliti atau tidak,
kecuali ....
A.
masalah pembelajaran bersifat spesifik dan
bermanfaat bagi siswa
B.
guru mampu untuk melaksanakannya
C.
relevan dengan pengembangan sekolah
D.
mendapat persetujuan dari Kepala Sekolah.
No 19.
Bagi guru yang peneliti PTK, langkah awal dalam analisis
masalah adalah ....
A.
melakukan kajian dokumen kelas
B.
melakukan introspeksi diri tentang pembelajaran
di kelas
C.
mewawancarai siswa
D.
memberikan tes formatif
No 20.
Hasil analisis masalah menunjukkan (1) siswa tidak mau
menyimak pelajaran, (2) guru menjelaskan dengan metode ceramah, dan (3) siswa
tidak ada yang bertanya kepada guru tentang pelajaran yang barusaja disajikan
guru. Permasalahan yang dapat dirumuskan berdasarkan kasus-kasus di atas
adalah, kecuali....
A.
metode apa yang sebaiknya digunakan agar siswa
mau menyimak pelajaran?
B.
strategi apa yang sebaiknya digunakan agar siswa
mau menyimak?
C.
bagaimana cara saya menyelesaikan masalah ini?
D.
bagaimana cara saya memotivasi siswa agar mau
mau bertanya?
No comments:
Post a Comment