Tuesday, May 8, 2012

Kunci Jawaban Ujian Strategi Pembelajaran SD PDGK4105 (bagian 3)


No 21.
a.       Salah, karena pertanyaan yang diajukan guru mengundang siswa untuk berfikir
b.      Salah, karena pertanyaan yang diajukan guru sesuai tingkatan tertentu, pertanyaan yang mudah dahulu baru diberikan pertanyaan yang sukar
c.       Salah, karena mengajukkan pertanyaan pelacak dapat membimbing siswa untuk mengembangkan jawaban yang diberikan
d.      Benar, karena merupakan salah satu cara dalam peningkatan terjadinya interaksi

No 22.
a.       Benar, karena merupakan tujuan memberi penguatan
b.      Benar, karena merupakan tujuan memberi penguatan
c.       Benar, karena merupakan tujuan memberi penguatan
d.      Salah, karena tujuan memberi penguatan mendorong munculnya perilaku yang positif

No 23.
a.      Benar, karena mengacungkan jempol menandakan kepuasan guru sebagai penguatan dengan cara gerakan badan
b.      Salah, karena gerak mendekati dapat ditunjukkan guru dengan cara melangkah mendekati siswa
c.       Salah karena menjabat tangan atau menepuk pundak siswa merupakan cara memberi penguatan dengan cara memberi sentuhan
d.      Salah, karena kegiatan yang menyenangkan apabila siswa diberi kesempatan mengerjakan sesuatu yang menjadi kegemarannya atau sesuatu yang memungkinkan dia berprestasi

No 24.
a.       Benar, karena merupakan tujuan mengadakan variasi
b.      Benar, karena merupakan tujuan mengadakan variasi
c.       Salah, karena merupakan salah satu tujuan memberi penguatan
d.      Benar, karena merupakan tujuan mengadakan variasi

No 25.
a.       Salah, karena variasi suara dilakukan dengan cara mengubah-ubah suara dari rendah ke tinggi, cepat ke lambat
b.      Salah, karena pemusatan perhatian dilakukan dengan mengucapkan kata-kata tertentu secara khusus disertai isyarat atau gerakan
c.       Benar, karena variasi dari keadaan ada suara ke kesenyapan yang tiba-tiba akan memberi pengaruh kepada siswa
d.      Salah, karena kontak pandang dengan seluruh siswa merupakan salah satu senjata ampuh bagi guru dalam mengajar

No 26.
a.      Benar, karena merupakan salah satu tujuan keterampilan menjelaskan
b.      Salah, karena untuk membimbing siswa menjawab pertanyaan “mengapa”
c.       Salah, karena merupakan manfaat penguasaan keterampilan menjelaskan oleh guru
d.      Salah, karena merupakan manfaat penguasaan keterampilan menjelaskan oleh guru

No 27.
a.       Salah, karena karakteristik siswa perlu dianalisis antara lain; usia, jenis kelamin, jenjang kemampuan, dan latar belakang keluarga
b.      Benar, karena merupakan salah satu merencanakan isi pesan dalam hal menelaah hukum, rumus, dan prinsip atau generalisasi
c.       Salah, karena merupakan salah satu keterampilan menyajikan penjelasan
d.      Salah, karena merupakan salah satu keterampilan menyajikan penjelasan

No 28.
a.       Salah, karena merupakan salah satu tujuan keterampilan membuka pelajaran
b.      Salah, karena bukan merupakan tujuan keterampilan membuka dan menutup pelajaran
c.       Benar, karena merupakan salah satu tujuan keterampilan menutup pelajaran
d.      Salah, karena bukan merupakan tujuan keterampilan membuka dan menutup pelajaran

No 29.
a.       Salah, karena menimbulkan motivasi dilakukan dengan cara mengemukakan ide yang bertentangan
b.      Benar, karena menggunakan alat bentu mengajar merupakan salah satu cara menarik perhataian pada komponen membuka pelajaran
c.       Salah, karena memberi acuan bertujuan untuk memberikan gambaran singkat kepada siswa tentang berbagai topic
d.      Salah, karena membuat kaitan adalah membuat pelajaran jadi bermakna dengan cara pelajarn dikaitkan dengan pengetahuan yang dimiliki siswa

No 30.
a.       Salah, karena menilai memberi soal-soal tertulis yang dikerjakan oleh siswa secara tertulis pula
b.      Salah, karena memberi tindak lanjut dengan cara memberi tugas yang dapat dikerjakan secara individual, membuat pekerjaan
c.       Benar, karena dalam meninjau kembali ada dua cara, yaitu; merangkum inti pelajaran dan membuat ringkasan pada keterampilan menutup pelajaran
d.      Salah, karena membuat kaitan merupakan komponen pada keterampilan membuka pelajaran

No comments:

Post a Comment