No 21.
a.
Salah, karena pertanyaan yang diajukan guru
mengundang siswa untuk berfikir
b.
Salah, karena pertanyaan yang diajukan guru
sesuai tingkatan tertentu, pertanyaan yang mudah dahulu baru diberikan
pertanyaan yang sukar
c.
Salah, karena mengajukkan pertanyaan pelacak
dapat membimbing siswa untuk mengembangkan jawaban yang diberikan
d.
Benar, karena merupakan salah satu cara
dalam peningkatan terjadinya interaksi
No 22.
a.
Benar, karena merupakan tujuan memberi penguatan
b.
Benar, karena merupakan tujuan memberi penguatan
c.
Benar, karena merupakan tujuan memberi penguatan
d.
Salah, karena tujuan memberi penguatan
mendorong munculnya perilaku yang positif
No 23.
a.
Benar, karena mengacungkan jempol
menandakan kepuasan guru sebagai penguatan dengan cara gerakan badan
b.
Salah, karena gerak mendekati dapat ditunjukkan
guru dengan cara melangkah mendekati siswa
c.
Salah karena menjabat tangan atau menepuk pundak
siswa merupakan cara memberi penguatan dengan cara memberi sentuhan
d.
Salah, karena kegiatan yang menyenangkan apabila
siswa diberi kesempatan mengerjakan sesuatu yang menjadi kegemarannya atau
sesuatu yang memungkinkan dia berprestasi
No 24.
a.
Benar, karena merupakan tujuan mengadakan
variasi
b.
Benar, karena merupakan tujuan mengadakan
variasi
c.
Salah, karena merupakan salah satu tujuan
memberi penguatan
d.
Benar, karena merupakan tujuan mengadakan
variasi
No 25.
a.
Salah, karena variasi suara dilakukan dengan
cara mengubah-ubah suara dari rendah ke tinggi, cepat ke lambat
b.
Salah, karena pemusatan perhatian dilakukan
dengan mengucapkan kata-kata tertentu secara khusus disertai isyarat atau
gerakan
c.
Benar, karena variasi dari keadaan ada
suara ke kesenyapan yang tiba-tiba akan memberi pengaruh kepada siswa
d.
Salah, karena kontak pandang dengan seluruh
siswa merupakan salah satu senjata ampuh bagi guru dalam mengajar
No 26.
a.
Benar, karena merupakan salah satu tujuan
keterampilan menjelaskan
b.
Salah, karena untuk membimbing siswa menjawab
pertanyaan “mengapa”
c.
Salah, karena merupakan manfaat penguasaan
keterampilan menjelaskan oleh guru
d.
Salah, karena merupakan manfaat penguasaan
keterampilan menjelaskan oleh guru
No 27.
a.
Salah, karena karakteristik siswa perlu
dianalisis antara lain; usia, jenis kelamin, jenjang kemampuan, dan latar
belakang keluarga
b.
Benar, karena merupakan salah satu
merencanakan isi pesan dalam hal menelaah hukum, rumus, dan prinsip atau
generalisasi
c.
Salah, karena merupakan salah satu keterampilan
menyajikan penjelasan
d.
Salah, karena merupakan salah satu keterampilan
menyajikan penjelasan
No 28.
a.
Salah, karena merupakan salah satu tujuan
keterampilan membuka pelajaran
b.
Salah, karena bukan merupakan tujuan
keterampilan membuka dan menutup pelajaran
c.
Benar, karena merupakan salah satu tujuan
keterampilan menutup pelajaran
d.
Salah, karena bukan merupakan tujuan keterampilan
membuka dan menutup pelajaran
No 29.
a.
Salah, karena menimbulkan motivasi dilakukan
dengan cara mengemukakan ide yang bertentangan
b.
Benar, karena menggunakan alat bentu
mengajar merupakan salah satu cara menarik perhataian pada komponen membuka
pelajaran
c.
Salah, karena memberi acuan bertujuan untuk
memberikan gambaran singkat kepada siswa tentang berbagai topic
d.
Salah, karena membuat kaitan adalah membuat
pelajaran jadi bermakna dengan cara pelajarn dikaitkan dengan pengetahuan yang
dimiliki siswa
No 30.
a.
Salah, karena menilai memberi soal-soal tertulis
yang dikerjakan oleh siswa secara tertulis pula
b.
Salah, karena memberi tindak lanjut dengan cara
memberi tugas yang dapat dikerjakan secara individual, membuat pekerjaan
c.
Benar, karena dalam meninjau kembali ada
dua cara, yaitu; merangkum inti pelajaran dan membuat ringkasan pada
keterampilan menutup pelajaran
d.
Salah, karena membuat kaitan merupakan komponen
pada keterampilan membuka pelajaran
No comments:
Post a Comment