No 31.
a.
Salah, karena prinsip berurutan artinya guru
hendaknya berusaha membuat susunan kegiatan yang tepat, yang sesuai dengan
minat, pengalaman, dan kemampuan siswa
b.
Salah, karena prinsip berkesinambungan sama
dengan prinsip berurutan
c.
Salah, karena prinsip keterkaitan merupakan
prinsip menjelaskan
d.
Benar, karena sesuai dengan definisi
prinsip bermakna
No 32.
a.
Salah, karena memperjelas masalah adalah
pembimbing atau guru berkewajiban memperjelas pendapat yang diajukan oleh siswa
sehingga salah pengertian tidak terjadi
b.
Salah, karena menganalisis pandangan artinya
memperjelas atau menguraikan inti gagasan siswa tentang hal-hal yang sudah
disepakati dan yang belum disepakati
c.
Benar, karena merupakan salah satu cara
menyebarkan kesempatan berpartisipasi
d.
Salah, karena menguraikan pendapat sama dengan
memperjelas masalah
No 33.
a.
Benar, karena sikap tanggap guru dapat
ditunjukkan dengan cara memandang secara seksama
b.
Salah, karena dalam mengelola kelas guru
dituntut mampu membagi perhatian kepada semua siswa
c.
Salah, karena penguatan diberikan kepada siswa
yang bertingkah laku baik
d.
Salah, karena petunjuk yang jelas, singkat, dan
mudah dimengerti oleh siswa akan sangat membantu kelancaran tugas yang harus
dikerjakan oleh siswa hingga kondisi belajar dapat dioptimalkan
No 34.
a.
Benar, karena merupakan hal-hal yang perlu
diperhatikan guru
b.
Benar, karena merupakan hal-hal yang perlu
diperhatikan guru
c.
Benar, karena merupakan hal-hal yang perlu
diperhatikan guru
d.
Salah, karena merupakan hal-hal yang
harus dihindari oleh guru
No 35.
a.
Salah, karena pendekatan secara pribadi dapat
dilakukan dengan cara menunjukkan kehangatan dan kepekaan terhadap kebutuhan
siswa
b.
Benar, karena mengembangkan supervisi
proses awal merupakan salah satu komponen dalam keterampilan membimbing dan
memudahkan belajar
c.
Salah, karena peran guru dalam mengajar kelompok
kecil dan perorangan adalah sebagai organisator kegiatan pembelajarn
d.
Salah, karena tugas utama guru adalah membantu
siswa baik secara kelompok maupun perorangan dengan baik
No 36.
a.
Salah, karena merupakan fungsi terapeutik
b.
Benar, karena sesuai dengan definisi
fungsi akselerasi
c.
Salah, karena merupakan fungsi penyesuaian
d.
Salah, karena merupakan fungsi korektif
No 37.
a.
Benar, karena tutorial merupakan kegiatan
guru meminta bantuan kepada siswa yang pandai
b.
Salah, karena dalam kegiatan remedial guru dapat
menggunakan sumber belajar lain dalam membantu siswa menguasai kompetensi yang
telah ditetapkan
c.
Salah, karena diskusi atau kerja kelomok dapat
digunakan guru untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan
d.
Salah, karena bentuk kegiatan ini guru
menjelaskan kembali materi yang belum dipahami atau dikuasai siswa
No 38.
a.
Salah, karena mengembangkan media memberi
kesempatan kepada siswa untuk menghasilkan suatu karya, hasil karya tersebut
berupa model, permainan atau karya tulis yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber
belajar
b.
Salah karena mengembangkan latihan artinya
adalah kelompok cepat mengembangkan latihan praktis yang dapat dilaksanakan
oleh teman-teman yang lambat
c.
Salah, karena identik dengan mengembangkan media
pembelajaran
d.
Benar, karena tutor sebaya membantu siswa
lain memahami materi pelajaran dalam menambah wawasan pengetahuan siswa
No 39.
a.
Benar, karena kegiatan di luar kelas
lebih disukai oleh siswa daripada kegiatan di dalam kelas
b.
Salah, karena kegiatan yang menuntut siswa untuk
melakukan aktivitas lebih disukai siswa daripada kegiatan di belakang meja
c.
Salah, karena kegiatan yang menuntut siswa untuk
melakukan aktivitas lebih disukai siswa daripada kegiatan di belakang meja
d.
Salah, karena kegiatan yang cepat menunujukkan
hasil lebih disukai siswa dariada kegiatan yang menuntut waktu yang cukup lama
N0 40.
a.
Salah, karena iklim sosio-ekonomi tidak termasuk
dalam kegiatan pengelolaan kelas
b.
Salah, karena iklim sosio-emosional merupakan
hubungan interpersonal yang baik dan iklim sosio-emosional kelas yang positif
c.
Salah, karena pendekatan proses kelompok
membantu mengembangkan dan melaksanakan sistem kelas yang efektif
d.
Benar, karena contoh kegiatan tersebut
membantu siswa mempelajari tingkah laku yang diharapkan melalui penerapan
prinsip- prinsip yang berasal dari teori penguatan
No comments:
Post a Comment