Tuesday, May 8, 2012

Kunci Jawaban Ujian Strategi Pembelajaran SD PDGK4105 (bagian 2)


No 11.
a.       Salah, karena membangkitkan motivasi merupakan kegiatan yang perlu dilaksanakan pada setiap tahapan kegiatan pembelajaran 
b.      Salah, karena siswa melihat kaitan atau hubungan dengan apa yang telah dikenal atau sesuai dengan pengalaman siswa
c.       Salah, karena dilakukan apabila materi yang akan dibahas merupakan materi baru
d.      Benar, karena merupakan salah satu kegiatan dari memberi acuan

No 12.
a.       Salah, karena sistematis merupakan salah satu prinsip pembelajaran klasikal
b.      Salah, karena kerja sama merupakan salah satu prinsip pembelajaran kelompok
c.       Benar, karena dapat membantu proses pembelajaran yang mengarah pada optimalisasi kemampuan siswa secara individu
d.      Salah, karena perhatian merupakan salah satu prinsip pembelajaran kelompok

No 13.
a.       Salah, karena memberikan tugas adalah kegiatan tindak lanjut
b.      Benar, karena meninjau kembali penguasaan siswa merupakan salah satu kegiatan akhir pembelajaran
c.       Salah, karena memberikan motivasi adalah kegiatan tindak lanjut
d.      Salah, karena memberikan bimbingan belajar adalah kegiatan tindak lanjut

No 14.
a.       Salah, karena aspek konsep merupakan substansi isi meteri pelajaran yang berhubungan dengan pengertian, karakteristik, atribut, dan gagasan sesuatu
b.      Salah, karena aspek fakta merupakan substansi isi materi pelajaran yang berhubungan dengan peristiwa-peristiwa yang lalu, data-data yang memiliki esensi objek dan waktu
c.       Salah, karena aspek fakta merupakan substansi isi materi pelajaran yang berhubungan dengan peristiwa-peristiwa yang lalu, data-data yang memiliki esensi objek dan waktu
d.      Benar, karena aspek prinsip merupakan substansi isi materi pelajaran yang berhubungan dengan aturan, dalil, hukum, ketentuan, dan prosedur yang harus ditempuh

No 15.
a.       Salah, karena siswa mampu menerapkan belajar secara bersama
b.      Salah, karena siswa mampu mengamati proses yang didemonstrasikan
c.       Benar, karena siswa mampu berkomunikasi dan berperan
d.      Salah, karena siswa memiliki sikap yang tekun, teliti, dan kerja keras

No 16.
a.       Salah, karena metode demonstrasi adalah posisi siswa seluruhnya harus dapat mengamati terhadap objek yang didemonstrasikan
b.      Benar, karena metode eksperimen adalah materi yang disajikan atau dibahas melalui percobaan serta diamati secara proses
c.       Salah, karena metode diskusi adalah melibatkan beberapa orang siswa untuk menyelesaikan pekerjaan, tugas, atau permasalahan
d.      Salah, karena metode simulasi adalah objeknya bukan benda atau kegiatan yang sebenarnya, jadi sifatnya pura-pura

No 17.
a.       Salah, karena bukan berfungsi sebagai alat hiburan
b.      Salah, karena merupakan konsep media pembelajaran
c.       Salah, karena merupakan nilai dan manfaat
d.      Benar, karena merupakan salah satu fungsi media pembelajaran

No 18.
a.      Benar, karena faktor objektivitas harus terhindar dari pemilihan media yang didasari oleh kesenangan pribadi
b.      Salah, karena merupakan faktor tingkat keterbacaan media
c.       Salah, karena merupakan faktor rencana pembelajaran
d.      Salah, karena merupakan faktor situasi dan kondisi

No 19.
a.      Benar, karena TMII merupakan lingkungan sosial yang berkenaan dengan interaksi siswa dalam kehidupan bermasyarakat
b.      Salah, karena karang taruna mempelajari tentang organisasi social
c.       Salah, karena museum mempelajari peninggalan purbakala
d.      Salah, karena kantor gubernur mempelajari administrasi

No 20.
a.       Salah, karena pertanyaan secara jelas dan singkat dapat dibuat dengan menggunakan struktur kalimat yang sederhana
b.      Benar, karena pertanyaan yang tidak dapat dijawab siswa guru tidak boleh tinggal diam, guru harus memberi tuntunan yang memungkinkan siswa mampu membri jawaban yang diharapkan
c.       Salah, karena menyebarkan giliran untuk menjawab pertanyaan yang diajukan guru
d.      Salah, karena sebelum diberikan pertanyaan guru perlu memberikan acuan berupa informasi yang perlu diketahui siswa


No comments:

Post a Comment