No 21.
Menghindari atau mengurangi pertanyaan yang hanya dijawab
oleh seorang siswa, sebagai gantinya siswa diminta mendiskusikan jawaban
pertanyaan tersebut dalam pasangan atau kelompok kecil. Cara tersebut merupakan
salah satu cara dalam keterampilan bertanya lanjut pada komponen …
A.
pengubahan tuntutan kognitif dalam menjawab
pertanyaan
B.
pengaturan urutan pertanyaan
C.
penggunaan pertanyaan pelacak
D.
peningkatan terjadinya interaksi
No 22.
Dalam kegiatan pembelajaran, tujuan memberikan penguatan
terdiri dari, kecuali ….
A. meningkatkan perhatian siswa
B.
memudahkan siswa belajar
C.
menumbuhkan rasa percaya diri pada siswa
D.
mendorong munculnya perilaku yang negatif
No 23.
Pak Ali memberikan pertanyaan kepada salah seorang siswanya
bagaimana proses terjadinya hujan, siswa tersebut menjawab dengan tepat
sehingga Pak Ali puas. Lalu pak Ali mengacungkan jempol kepada siswa yang
menjawab dengan tepat. Tindakan pak Ali tersebut merupakan memberi penguatan
non verbal dengan cara …
A.
mimik dan gerakan badan
B.
gerak mendekati
C.
sentuhan
D.
kegiatan yang menyenangkan
No 24.
Dalam kegiatan pembelajaran, tujuan mengadakan variasi
terdiri dari, kecuali ….
A.
melayani gaya belajar siswa yang beraneka ragam
B.
meningkatkan keaktifan atau keterlibatan siswa
dalam kegiatan pembelajaran
C.
memelihara iklim kelas yang kondusif
D.
menghilangkan kebosanan siswa dalam belajar
No 25.
Pak Ali mengajukan pertanyaan kepada salah seorang siswa
yang sedang sibuk sendiri, setelah berdiam sejenak sambil memandang siswa yang
sibuk sendiri pak Ali kemudian menunjuk siswa yang sibuk sendiri. Contoh
tersebut dilakukan pak Ali untuk mengadakan variasi dalam bentuk …
A.
variasi suara
B.
pemusatan perhatian
C.
kesenyapan
D.
mengadakan kontak pandang
No 26.
Kegiatan menjelaskan pada keterampilan menjelaskan bertujuan
untuk ....
A.
meningkatkan keterlibatan siswa dalam memecahkan
berbagai masalah melalui cara berfikir yang lebih sistematis
B.
membimbing siswa menjawab pertanyaan “apa” yang
muncul dalam proses pembelajaran
C.
mengatasi kekurangan berbagai sumber belajar
D.
memperkirakan tingkat pemahaman siswa terhadap
penjelasan yang diberikan guru
No 27.
Pada mata pelajaran Matematika, Pak Ali memberi tugas kepada
siswanya untuk mengerjakan soal menghitung luas suatu bidang. Lalu Pak Ali
memberikan rumus tentang menghitung luas suatu bidang. Dalam contoh tersebut
Pak Ali sedang memberikan keterampilan merencanakan penjelasan dalam bentuk …
A.
menganalisis karakteristik penerima pesan
B.
merencanakan isi pesan
C.
pemberian tekanan
D.
penggunaan contoh dan ilustrasi
No 28.
Tujuan keterampilan membuka pelajaran adalah memberikan
gambaran yang jelas tentang batas-batas tugas yang harus dikerjakan siswa,
sedangkan tujuan keterampilan menutup pelajaran adalah ....
A.
menyiapkan mental siswa untuk memasuki kegiatan
inti
B.
mengetahui nilai siswa dalam kegiatan
pembelajaran
C.
mengetahui keberhasilan siswa dan guru dalam
kegiatan pembelajaran
D.
mengetahui keberhasilan guru dalam memberikan
evaluasi
No 29.
Pada mata pelajaran Sains, Pak Ali membawa alat bantu
mengajar berupa model “Rangka tubuh manusia”. Pada kegiatan tersebut Pak Ali
sudah menerapkan keterampilan membuka pelajaran dengan cara …
A.
menimbulkan motivasi
B.
menarik perhatian
C.
memberi acuan
No 30.
Pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Ibu Ani membacakan
cerita tentang “Udi Berusaha Jujur”. Pada akhir cerita Ibu Ani memberi tugas
untuk membuat ringkasan dari cerita tersebut. Ringkasan cerita tersebut
merupakan penerapan komponen keterampilan menutup pelajaran dalam hal …
A.
menilai
B.
memberi tindak lanjut
C.
meninjau kembali
D.
membuat kaitan
No comments:
Post a Comment