Saturday, May 5, 2012

Soal Ujian Strategi Pembelajaran SD PDGK4105 (bagian 3)


No 21.
Menghindari atau mengurangi pertanyaan yang hanya dijawab oleh seorang siswa, sebagai gantinya siswa diminta mendiskusikan jawaban pertanyaan tersebut dalam pasangan atau kelompok kecil. Cara tersebut merupakan salah satu cara dalam keterampilan bertanya lanjut pada komponen …
A.      pengubahan tuntutan kognitif dalam menjawab pertanyaan
B.      pengaturan urutan pertanyaan
C.      penggunaan pertanyaan pelacak
D.      peningkatan terjadinya interaksi

No 22.
Dalam kegiatan pembelajaran, tujuan memberikan penguatan terdiri dari, kecuali ….
A.     meningkatkan perhatian siswa
B.      memudahkan siswa belajar
C.      menumbuhkan rasa percaya diri pada siswa
D.      mendorong munculnya perilaku yang negatif

No 23.
Pak Ali memberikan pertanyaan kepada salah seorang siswanya bagaimana proses terjadinya hujan, siswa tersebut menjawab dengan tepat sehingga Pak Ali puas. Lalu pak Ali mengacungkan jempol kepada siswa yang menjawab dengan tepat. Tindakan pak Ali tersebut merupakan memberi penguatan non verbal dengan cara …
A.      mimik dan gerakan badan
B.      gerak mendekati
C.      sentuhan
D.      kegiatan yang menyenangkan

No 24.
Dalam kegiatan pembelajaran, tujuan mengadakan variasi terdiri dari, kecuali ….
A.      melayani gaya belajar siswa yang beraneka ragam
B.      meningkatkan keaktifan atau keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran
C.      memelihara iklim kelas yang kondusif
D.      menghilangkan kebosanan siswa dalam belajar

No 25.
Pak Ali mengajukan pertanyaan kepada salah seorang siswa yang sedang sibuk sendiri, setelah berdiam sejenak sambil memandang siswa yang sibuk sendiri pak Ali kemudian menunjuk siswa yang sibuk sendiri. Contoh tersebut dilakukan pak Ali untuk mengadakan variasi dalam bentuk …
A.      variasi suara
B.      pemusatan perhatian
C.      kesenyapan
D.      mengadakan kontak pandang

No 26.
Kegiatan menjelaskan pada keterampilan menjelaskan bertujuan untuk ....
A.      meningkatkan keterlibatan siswa dalam memecahkan berbagai masalah melalui cara berfikir yang lebih sistematis
B.      membimbing siswa menjawab pertanyaan “apa” yang muncul dalam proses pembelajaran
C.      mengatasi kekurangan berbagai sumber belajar
D.      memperkirakan tingkat pemahaman siswa terhadap penjelasan yang diberikan guru

No 27.
Pada mata pelajaran Matematika, Pak Ali memberi tugas kepada siswanya untuk mengerjakan soal menghitung luas suatu bidang. Lalu Pak Ali memberikan rumus tentang menghitung luas suatu bidang. Dalam contoh tersebut Pak Ali sedang memberikan keterampilan merencanakan penjelasan dalam bentuk …
A.      menganalisis karakteristik penerima pesan
B.      merencanakan isi pesan
C.      pemberian tekanan
D.      penggunaan contoh dan ilustrasi

No 28.
Tujuan keterampilan membuka pelajaran adalah memberikan gambaran yang jelas tentang batas-batas tugas yang harus dikerjakan siswa, sedangkan tujuan keterampilan menutup pelajaran adalah ....
A.      menyiapkan mental siswa untuk memasuki kegiatan inti
B.      mengetahui nilai siswa dalam kegiatan pembelajaran
C.      mengetahui keberhasilan siswa dan guru dalam kegiatan pembelajaran
D.      mengetahui keberhasilan guru dalam memberikan evaluasi

No 29.
Pada mata pelajaran Sains, Pak Ali membawa alat bantu mengajar berupa model “Rangka tubuh manusia”. Pada kegiatan tersebut Pak Ali sudah menerapkan keterampilan membuka pelajaran dengan cara …
A.      menimbulkan motivasi
B.      menarik perhatian
C.      memberi acuan
D.      membuat kaitan

No 30.
Pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Ibu Ani membacakan cerita tentang “Udi Berusaha Jujur”. Pada akhir cerita Ibu Ani memberi tugas untuk membuat ringkasan dari cerita tersebut. Ringkasan cerita tersebut merupakan penerapan komponen keterampilan menutup pelajaran dalam hal …
A.      menilai
B.      memberi tindak lanjut
C.      meninjau kembali
D.      membuat kaitan


No comments:

Post a Comment