Wednesday, May 16, 2012

Kunci Jawaban Ujian Penelitian Tindakan Kelas IDIK4008 (bagian 5)


No 41.
a.      karena opsi ( 1) dan (2) benar
b.      salah, karena opsi (3) salah.
c.       salah, karena (3) salah. Dalam melakukan PTK yaitu dalam upaya guru untuk meperbaiki pembelajaran di kelasnya, seorang guru tidak perlu berkonsultasi dengan Kepala Sekolah, karena guru memiliki hak otonomi yang penuh atas masalah pembelajaran di kelas yang dikelolanya.
d.      salah, karena salah satu opsi ada yang salah.

No 42.
a.       Karena opsi ini (kesamaan persepsi antar pihak-pihak yang melakukan observasi) baru merupakan salah satu persyaratan observasi.
b.      Karena opsi ini (rasa saling percaya antar pihak-pihak yang terlibat) baru merupakan salah satu persyaratan observasi
c.       Karena opsi ini (membangun aturan main yang jelas antar pihak-pihak yang terlibat) baru merupakan salah satu persyaratan observasi.
d.      Karena jawaban (1), (2) dan (3) benar

No 43.
a.       Karena opsi (1) yaitu perubahan kelas belum tentu perubahan instruksional
b.      Karena opsi 1 adalah pernyatan yang salah.
c.       benar karena opsi (2) dan (3) benar.
d.      Karena tidak semua opsi benar. Salah satu jawaban ada yang salah, yaitu opsi (1).

No 44.
a.       Karena opsi (1) dan (2) benar. Observasi oleh pengamat luar atau nonguru/pengajar difokuskan pada perilaku mengajar guru, suasana kelas dan perilaku siswa selama berlangsung tindakan perbaikan.
b.      Benar, karena opsi (3) salah. Intensitas bukan fokus pengamatan, yang lebih penting adalah relevansi hasil catatan dengan tujuan perbaikan.
c.       Jawaban 3 salah. Karena opsi (3) yaitu "Intensitas catatan tidak menjamin kelengkapan data" adalah pernyataan yang salah.
d.      Jawaban 3 salah. Karena opsi (3) yaitu "Intensitas catatan tidak menjamin kelengkapan data" adalah pernyataan yang salah.

No 45.
a.       Jawaban A adalah apabila (1) dan (2) benar. Opsi (1) salah, karena hasil analisis data tidak atau belum bisa untuk membuat kesimpulan dan tindak lanjut. Jadi jawaban A salah
b.      Jawaban B adalah apabila (1) dan (3) benar. Sedangkan opsi (1) salah, hasil analisis belum dapat dijadikan masukan untuk membuat kesimpulan dan tindak lanjut penelitian. Jadi jawaban B salah
c.       Jawaban C benar apabila (2) dan (3) benar. Pernyataan (2) dan (3) benar, karena hasil analisis data adalah untuk mengidentifikasi temuan sementara -melalui refleksi- dalam rangka menentukan apakah perbaikan sudah terjadi atau perlu terus ke siklus 2. Demikian pula hasil analisis data juga dapat dijadikan landasan untuk mencari/mengidentifikasi temuan penelitian baik temuan sementara (apabila belum diperoleh perbaikan) maupun temuan final (apabila sudah dicapai perbaikan pembelajaran.
d.      Jawaban 1, 2 dan 3 tidak semuanya benar. Opsi D tidak benar.

No 46.
a.      jawaban A benar, karena pernyataan (1) dan (2) benar. Observasi adalah untuk mendapatkan masukan tentang perilaku siswa dan melihat dampak tindakan perbaikan.
b.      Jawaban B adalah apabila (1) dan (3) benar. Pernyataan (3) yaitu "mempelajari dokumen hasil belajar siswa" adalah pernyataan yang salah. Kegiatan mengkaji dokumen disebut studi dokumentasi. Jawaban B tidak benar.
c.       Karena mengkaji dokumen tidak termasuk atau bukan kegiatan observasi 3. Jawaban C salah.
d.      Karena salah satu pernyataan (opsi) ada yang salah, yaitu opsi 3. Mempelajari dokumen siswa berbeda dengan studi dokumentasi.

No 47.
a.      Jawaban A adalah apabila (1) dan (2) benar. Sebagai peneliti PTK guru akan (1) mengamati perilaku siswa sebagai dampak dari tindakan yang diberikan dan (2) mencari penyebab masalah pembelajaran melalui wawancara dengan siswa. Hal (2) dilakukan untuk mempertajam masalah penelitian karena siswa merupakan salah satu sumber informasi PTK. Jawaban A benar.
b.      Jawaban B adalah apabila (1) dan (3) benar. Jawaban (3) yaitu tidak benar, karena sebagai guru yang sedang melakukan penelitian (PTK) guru harus bertindak sebagai guru sekaligus peneliti. Jawaban B salah.
c.       Jawaban C adalah apabila (2) dan (3) benar. Opsi (3) salah, karena sebagai guru yang sedang melakukan penelitian, guru tidak hanya mengajar, tetapi juga melakukan kegiatan-kegiatan penelitian seperti observasi, mencatat data, membuat instrumen, dll.
d.      Jawaban D adalah apabila semua opsi benar. Sedangkan salah satu opsi (3) tidak benar.

No 48.
a.       Opsi (1) benar. Karena salah satu kegiatan refleksi adalah bertanya pada diri sendiri mengapa masalah ini dapat terjadi dikelas saya?
b.      Opsi (2) benar. Karena salah satu langkah refleksi adalah merencanakan berbagai alternatif perbaikan yang mungkin dapat dilakukan.
c.       Opsi (3) benar. Salah satu kegiatan refleksi adalah merenungkan dampak dari hal-hal yang sudah dilakukan selama ini?
d.      Opsi (1), (2) dan (3) semuanya benar. Karena refleksi adalah merenung kembali untuk mengingat peristiwa-peristiwa yang menyebabkan munculnya masalah dilanjutkan dengan mencari alternatif hal-hal yang perlu dilakukan guru untuk memperbaiki pembelajaran. Bisa termasuk refleksi:

·           bertanya pada diri sendiri
·           mencari alternatif perbaikan
·           mengantisipasi hal-hal yangtidak diinginkan

No 49.
a.      Jawaban A adalah apabila (1) dan (2) benar. Opsi 1 (menemukan makna dari hasil analisis data untuk menjawab pertanyaan penelitian) dan 2 (menterjemahkan atau memberi makna hasil pengolahan data) adalah merupakan salah satu bentuk interpretasi data. Jadi, jawaban A benar.
b.      Jawaban B adalah apabila (1) dan (3) benar. Mengolah data hasil pengumpulan data (melalui observasi, studi dokumentasi, dan lain-lain) dengan menggunakan analisis statistik tidak sama dengan interpretasi data. Opsi (3) salah, jadi jawaban B salah.
c.       Jawaban C adalah apabila (2) dan (3) benar. Opsi (3) adalah pernyataan yang salah. Jadi jawaban C salah.
d.      Jawaban D adalah apabila ke-3 pernyataan (opsi) benar semua, sedangkan pernyataan 3 adalah salah. Jadi jawaban D salah.

No 50.
a.       Jawaban A adalah apabila pernyataan (1) dan (2) benar. Opsi (1) salah, karena saran-saran tidak ditujukan untuk berbagai pihak, tetapi ditujukan untuk pihak-pihak tertentu saja dan terutama kepentingan guru sendiri. jadi jawaban A salah.
b.      Jawaban B adalah apabila (1) dan (3) benar. Sedangkan jawaban (1) salah. Jawaban B salah.
c.       Jawaban C adalah apabila (2) dan (3) benar. Saran tindak lanjut dalam PTK dapat direpresentasikan dalam bentuk (i) alternatif perbaikan dibuat sesuai kesimpulan penelitian dan (ii) usulan perbaikan dapat dipertimbangkan melalui refleksi. Karena tujuan akhir PTK difokuskan pada mencari alternatif perbaikan dan usulan perbaikan. Jawaban C benar.
d.      Jawaban D adalah apabila ketiga opsi benar semua. Sedangkan salah satu opsi ada yang salah, yaitu opsi 1. jawaban D salah.

No comments:

Post a Comment