Wednesday, May 16, 2012

Soal Ujian Pembelajaran Kelas Rangkap PDGK4302 (bagian 1)


No 1.
Pembelajaran kelas rangkap adalah bentuk pembelajaran yang mempersyaratkan seorang guru mengajar dalam …        
A.        satu ruang kelas atau lebih dan menghadapi dua atau lebih tingkat kelas yang berbeda
B.        satu ruang kelas dengan kemampuan yang sama
C.        satu kelas dalam satu ruangan
D.        tiga kelas dalam dua ruangan

No 2.
Alasan yang mendasar diselenggarakannya pembelajaran kelas rangkap dari segi geografis adalah....
A.        Jumlah guru berlebih
B.        Jumlah penduduk yang padat.
C.        pemukiman yang berpindah- pindah.
D.        kehadiran guru yan kontinyu.

No 3.
Pemanfaatan ruang yang terbatas dengan beberapa guru. Hal ini merupakan PKR dari segi....
A.      pedagogis.
B.      kuantiti.
C.      ekonomi.
D.      keamanan.

No 4.
Salah satu prinsip khusus pembelajaran kelas rangkap yang menuntut muridnya mempunyai kemampuan berpikir dan mandiri adalah....
A.      keserempakan kegiatan pembelajaran.
B.      kadar tinggi waktu keaktifan akademik
C.      kontak psikologis guru dan murid.
D.      pemanfaatan sumber secara efisien.

No 5.
Bu Citra yang sedang mengajar kelas 3 dan kelas 4, menyuruh Santi murid kelas 4 yang mempunyai kemampuan lebih tinggi dibanding temam- temannya untuk membantu teman lainnya mengerjakan tugas. Tindakan yang dilakukan Santi tersebut mencerminkan salah satu prinsip PKR yaitu....
A.      kontak psikologis.
B.      keserempakan kegiatan belajar.
C.      waktu keaktifan akademik.
D.      pemanfaatan sumber secara efisien.

No 6.
Bu Denta mengajar murid kelas 1 mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan dua kelompok murid yang berbeda kemampuannya dalam satu ruangan. Satu kelompok murid sudah dapat membaca sedangkan kelompok yang lain belum bisa membaca dengan lancar. Dari ilustrasi di atas yang perlu diperhatikan guru sesuai dengan prinsip PKR yang ideal adalah....
A.      guru dapat meningkatkan kualitas pembelajarannya.
B.      mengisi waktu kosong.
C.      guru mendorong dan meningkatkan keikutsertaan seluruh siswa dalam belajar.
D.      terbatasnya dana yang dikeluarkan.

No 7.
Ciri- ciri model PKR 221 adalah....
A.      dua kelas, dua mata pelajaran, satu ruangan.
B.      dua kelas, dua mata pelajaran, satu kelompok.
C.      dua kelompok, dua mata pelajaran, satu kelas.
D.      dua kelas, dua kemampuan, satu mata pelajaran.

No 8.
Komponen membuka pelajaran untuk menarik perhatian siswa dengan menggunakan model PKR 321 adalah sebagai berikut, kecuali....
A.      memberikan aba- aba perhatian dan ucapan salam pembuka.
B.      memperlihatkan benda / gambar yang berhubungan dengan materi pelajaran.
C.      membunyikan peluit.
D.      memberikan PR

No 9.
Berikut merupakan contoh kegiatan menarik perhatian siswa dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu dengan....
A.      memperlihatkan gambar menarik.
B.      memberikan tugas perseorangan.
C.      memperhatikan minat siswa.
D.      mengemukakan ide.

No 10.
Berikut merupakan contoh PKR 321, di mana kelas 4 dan kelas 5 akan mempelajari IPS dengan topik kekayaan alam. Setelah selesai pelajaran, kelas 4 diharapkan dapat mengidentifikasi sumber daya alam, dan kelas 5 dapat memberi contoh pemanfaata sumber daya alam, sedangkan kelas 6 akan mempelajari PPKn. Dengan harapan selesai belajar siswa kelas 6 dapat memecahkan kasus pencemaran lingkungan dari sudut hukum. Dari pernyataan di atas kegiatan tersebut mengacu pada cara guru....
A.      menarik perhatian siswa.
B.      mengemukakan tujuan dan batas- batas tugas.
C.      menimbulkan motivasi.
D.      mengaitkan konseptual.

1 comment:

  1. mantap... Tapi ini ML kali,, eh salah maksudnya LM kali... Wkwkwkwkwk :)

    ReplyDelete