No 1.
Pembelajaran kelas rangkap adalah bentuk pembelajaran yang
mempersyaratkan seorang guru mengajar dalam …
A.
satu ruang kelas atau lebih dan menghadapi dua
atau lebih tingkat kelas yang berbeda
B.
satu ruang kelas dengan kemampuan yang sama
C.
satu kelas dalam satu ruangan
D.
tiga kelas dalam dua ruangan
No 2.
Alasan yang mendasar diselenggarakannya pembelajaran kelas
rangkap dari segi geografis adalah....
A.
Jumlah guru berlebih
B.
Jumlah penduduk yang padat.
C.
pemukiman yang berpindah- pindah.
D.
kehadiran guru yan kontinyu.
No 3.
Pemanfaatan ruang yang terbatas dengan beberapa guru. Hal
ini merupakan PKR dari segi....
A.
pedagogis.
B.
kuantiti.
C.
ekonomi.
D.
keamanan.
No 4.
Salah satu prinsip khusus pembelajaran kelas rangkap yang
menuntut muridnya mempunyai kemampuan berpikir dan mandiri adalah....
A.
keserempakan kegiatan pembelajaran.
B.
kadar tinggi waktu keaktifan akademik
C.
kontak psikologis guru dan murid.
D.
pemanfaatan sumber secara efisien.
No 5.
Bu Citra yang sedang mengajar kelas 3 dan kelas 4, menyuruh
Santi murid kelas 4 yang mempunyai kemampuan lebih tinggi dibanding temam-
temannya untuk membantu teman lainnya mengerjakan tugas. Tindakan yang
dilakukan Santi tersebut mencerminkan salah satu prinsip PKR yaitu....
A.
kontak psikologis.
B.
keserempakan kegiatan belajar.
C.
waktu keaktifan akademik.
D.
pemanfaatan sumber secara efisien.
No 6.
Bu Denta mengajar murid kelas 1 mata pelajaran Bahasa
Indonesia dengan dua kelompok murid yang berbeda kemampuannya dalam satu
ruangan. Satu kelompok murid sudah dapat membaca sedangkan kelompok yang lain
belum bisa membaca dengan lancar. Dari ilustrasi di atas yang perlu
diperhatikan guru sesuai dengan prinsip PKR yang ideal adalah....
A.
guru dapat meningkatkan kualitas
pembelajarannya.
B.
mengisi waktu kosong.
C.
guru mendorong dan meningkatkan keikutsertaan
seluruh siswa dalam belajar.
D.
terbatasnya dana yang dikeluarkan.
No 7.
Ciri- ciri model PKR 221 adalah....
A.
dua kelas, dua mata pelajaran, satu ruangan.
B.
dua kelas, dua mata pelajaran, satu kelompok.
C.
dua kelompok, dua mata pelajaran, satu kelas.
D.
dua kelas, dua kemampuan, satu mata pelajaran.
No 8.
Komponen membuka pelajaran untuk menarik perhatian siswa
dengan menggunakan model PKR 321 adalah sebagai berikut, kecuali....
A.
memberikan aba- aba perhatian dan ucapan salam
pembuka.
B.
memperlihatkan benda / gambar yang berhubungan
dengan materi pelajaran.
C.
membunyikan peluit.
D.
memberikan PR
No 9.
Berikut merupakan contoh kegiatan menarik perhatian siswa
dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu dengan....
A.
memperlihatkan gambar menarik.
B.
memberikan tugas perseorangan.
C.
memperhatikan minat siswa.
D.
mengemukakan ide.
No 10.
Berikut merupakan contoh PKR 321, di mana kelas 4 dan kelas
5 akan mempelajari IPS dengan topik kekayaan alam. Setelah selesai pelajaran,
kelas 4 diharapkan dapat mengidentifikasi sumber daya alam, dan kelas 5 dapat
memberi contoh pemanfaata sumber daya alam, sedangkan kelas 6 akan mempelajari
PPKn. Dengan harapan selesai belajar siswa kelas 6 dapat memecahkan kasus
pencemaran lingkungan dari sudut hukum. Dari pernyataan di atas kegiatan
tersebut mengacu pada cara guru....
A.
menarik perhatian siswa.
B.
mengemukakan tujuan dan batas- batas tugas.
C.
menimbulkan motivasi.
D.
mengaitkan konseptual.
mantap... Tapi ini ML kali,, eh salah maksudnya LM kali... Wkwkwkwkwk :)
ReplyDelete