Wednesday, May 16, 2012

Kunci Jawaban soal Penelitian Tindakan Kelas IDIK4008 (bagian 3)


No 21.
a.       benar. Mempelajari teori-teori yang relevan merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan dalam proses pengembangan atau menentukan tindakan karena dapat menemukan alasan secara ilmiah.
b.      benar. Mempelajari laporan-laporan penelitian yang relevan juga merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan dalam proses pengembangan atau menentukan tindakan karena dapat memprediksi dampak dari tindakan yang diberikan
c.       benar. Melakukan refleksi juga merupakan langkah awal sebelum menentukan alternatif tindakan, melalui refleksi guru akan melakukan perenungan yang mendalam tentang permasalahan yang dihadapinya di kelasnya.
d.      salah. Alternatif tindakan tidak bisa dilakukan dengan mengkopi hasil PTK sejawat, karena permasalahan setiap kelas/individu adalah spesifik dan tidak dapat digeneralisasikan.

No 22.
a.      benar. Tujuan PTK adalah perbaikian pembelajaran, sedangkan RP tidak selalu perbaikan
b.      salah. Sudah jelas
c.       salah. Sudah jelas
d.      salah. Sudah jelas

No 23.
a.       salah. Mempelajari proposal sebaiknya dilakukan pada sebelum memulai penelitian.
b.      benar. Melakukan simulasi perbaikan merupakan tindakan konkrit sebelum tindakan yang sebenarnya, sehingga sangat efektif untuk koreksi kesalahan tindakan.
c.       salah. Berdiskusi dengan rekan sejawat dapat dilakukan pada saat peneliti mengalami kesulitan, sehingga C salah. Karena salah satu cara adalah berdidkusi dengan rekan sejawatuntuk meminta tanggapan, masukan atau pertimbangan.
d.      salah. Memvalidasi RPP tidak perlu dilakukan.

No 24.
a.       salah. Proposal PTK bukan penelitian sekolah
b.      salah. Proposal PTK tidak hanya tentang prosedur penelitian
c.       benar. Proposal PTK adalah tentang rencana penelitian tentang perbaikan pembelajaran di kelas
d.      jawaban tidak spesifik

No 25.
a.       salah. Relasi antar guru-guru kelas bukan bentuk kolaborasi, tetapi lebih sebagai kerjasama.
b.      benar. Kerjasama antar pihak-pihak terkait dapat dikatakan benar karena pihak-pihak terkait kemungkinan memiliki latar belakang yang berbeda dengan profesi guru. kolaborasi adalah kerjasama antara 2 orang/kelompok atau lebih dengan orang/kelompok lain yang berbeda latar belakangnya. seperti kolaborasi antara musisi dengan pelukis.
c.       salah. Kolaborasi tidak sama dengan persamaan persepsi
d.      salah. Opsi D tidak relevan dengan pertanyaan.

No 26.
a.       salah. Kelanjutan sebuah tindakan perbaikan tidak ditentukan oleh selesai atau tidaknya sikuls 1
b.      salah. Opsi tidak jelas, berhasil dalam hal apa?
c.       benar karena kelanjutan ke siklus 2 dilakukan apabila belum terjadi perbaikan.
d.      salah. Opsi tidak spesifik. dampak yangsignifikan dalam hal apa?

No 27.
a.       Salah. Data ordinal adalah data hasil penggolongan seperti baik sekali, baik, cukup, kurang cukup, buruk.
b.      Salah. Data kuantitatif berbentuk angka
c.       Benar. Data yang dikumpulkan berupa penjelasan/catatan tertulis tentangsikap dan perilaku siswa, jadi bukan hasil pengukuran berupa angka-angka.
d.      bukan data nominal atau angka-angka

No 28.
a.      benar. Penyajian seluruh hasil pengukuran selama penelitian bukan merupakan hasil penyajian data, tetapi lebih cocok disebuthasil pengumpulan data.
b.      Salah. Grafik histogram merupakan salah satu bentuk penyajian data, karenamenunjukkan sebaran data.
c.       Salah. Narasi merupakan salah satu bentuk penyajian data kualitatif
d.      Salah. Matriks-matriks sesuai variabel-variabel yang digunakan merupakan salah satu bentuk penyajian data, karena menunjukkan adanya kategorisasi.

No 29.
a.       salah. Tujuan penelitian adalah mencari jawaban atas pertanyaan penelitian, bukan urutan tentang masalah yang dapat diidentifikasi.
b.      benar. Tujuan melakukan penelitian adalah mencari jawab atas permasalahan penelitian atau membuktikan hipotesi yang dibuat peneliti. dimana hal-hal yang ingin dicari jawabnya diekspresikan dalam bentuk pertanyaan penelitian. jadi agarlaporan penelitian mudah dimengerti dan dapatcepat diidentifikasi hasilnya maka penjelasan disampaikan sesuai urutan pertanyaan penelitian.
c.       salah. Temuan penelitian muncul setelah pengolahan dan interpretasi data
d.      salah. Analisis data menghasilkan temuan sementara.

No 30.
a.       salah. akurasi berhubungan dengan instrumen yang digunakan.
b.      salah. Validitas dalam PTK tidak perlu dipersoalkan.
c.       benar. karena upaya perbaikan oleh guru harus dilakukan secara terus-menerus sampai terjadi perbaikan pembelajaran yang optimal.
d.      salah. Presisi berkaitan dengan ketepatan instrumen penelitian

No comments:

Post a Comment