No 21.
a.
benar. Mempelajari teori-teori yang relevan
merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan dalam proses pengembangan atau
menentukan tindakan karena dapat menemukan alasan secara ilmiah.
b.
benar. Mempelajari laporan-laporan penelitian
yang relevan juga merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan dalam proses
pengembangan atau menentukan tindakan karena dapat memprediksi dampak dari
tindakan yang diberikan
c.
benar. Melakukan refleksi juga merupakan langkah
awal sebelum menentukan alternatif tindakan, melalui refleksi guru akan
melakukan perenungan yang mendalam tentang permasalahan yang dihadapinya di
kelasnya.
d.
salah. Alternatif tindakan tidak bisa
dilakukan dengan mengkopi hasil PTK sejawat, karena permasalahan setiap
kelas/individu adalah spesifik dan tidak dapat digeneralisasikan.
No 22.
a.
benar. Tujuan PTK adalah perbaikian
pembelajaran, sedangkan RP tidak selalu perbaikan
b.
salah. Sudah jelas
c.
salah. Sudah jelas
d.
salah. Sudah jelas
No 23.
a.
salah. Mempelajari proposal sebaiknya dilakukan
pada sebelum memulai penelitian.
b.
benar. Melakukan simulasi perbaikan
merupakan tindakan konkrit sebelum tindakan yang sebenarnya, sehingga sangat
efektif untuk koreksi kesalahan tindakan.
c.
salah. Berdiskusi dengan rekan sejawat dapat
dilakukan pada saat peneliti mengalami kesulitan, sehingga C salah. Karena
salah satu cara adalah berdidkusi dengan rekan sejawatuntuk meminta tanggapan,
masukan atau pertimbangan.
d.
salah. Memvalidasi RPP tidak perlu dilakukan.
No 24.
a.
salah. Proposal PTK bukan penelitian sekolah
b.
salah. Proposal PTK tidak hanya tentang prosedur
penelitian
c.
benar. Proposal PTK adalah tentang
rencana penelitian tentang perbaikan pembelajaran di kelas
d.
jawaban tidak spesifik
No 25.
a.
salah. Relasi antar guru-guru kelas bukan bentuk
kolaborasi, tetapi lebih sebagai kerjasama.
b.
benar. Kerjasama antar pihak-pihak
terkait dapat dikatakan benar karena pihak-pihak terkait kemungkinan memiliki
latar belakang yang berbeda dengan profesi guru. kolaborasi adalah kerjasama antara
2 orang/kelompok atau lebih dengan orang/kelompok lain yang berbeda latar
belakangnya. seperti kolaborasi antara musisi dengan pelukis.
c.
salah. Kolaborasi tidak sama dengan persamaan
persepsi
d.
salah. Opsi D tidak relevan dengan pertanyaan.
No 26.
a.
salah. Kelanjutan sebuah tindakan perbaikan
tidak ditentukan oleh selesai atau tidaknya sikuls 1
b.
salah. Opsi tidak jelas, berhasil dalam hal apa?
c.
benar karena kelanjutan ke siklus 2
dilakukan apabila belum terjadi perbaikan.
d.
salah. Opsi tidak spesifik. dampak yangsignifikan
dalam hal apa?
No 27.
a.
Salah. Data ordinal adalah data hasil
penggolongan seperti baik sekali, baik, cukup, kurang cukup, buruk.
b.
Salah. Data kuantitatif berbentuk angka
c.
Benar. Data yang dikumpulkan berupa
penjelasan/catatan tertulis tentangsikap dan perilaku siswa, jadi bukan hasil
pengukuran berupa angka-angka.
d.
bukan data nominal atau angka-angka
No 28.
a.
benar. Penyajian seluruh hasil pengukuran
selama penelitian bukan merupakan hasil penyajian data, tetapi lebih cocok
disebuthasil pengumpulan data.
b.
Salah. Grafik histogram merupakan salah satu
bentuk penyajian data, karenamenunjukkan sebaran data.
c.
Salah. Narasi merupakan salah satu bentuk
penyajian data kualitatif
d.
Salah. Matriks-matriks sesuai variabel-variabel
yang digunakan merupakan salah satu bentuk penyajian data, karena menunjukkan
adanya kategorisasi.
No 29.
a.
salah. Tujuan penelitian adalah mencari jawaban
atas pertanyaan penelitian, bukan urutan tentang masalah yang dapat
diidentifikasi.
b.
benar. Tujuan melakukan penelitian adalah
mencari jawab atas permasalahan penelitian atau membuktikan hipotesi yang
dibuat peneliti. dimana hal-hal yang ingin dicari jawabnya diekspresikan dalam
bentuk pertanyaan penelitian. jadi agarlaporan penelitian mudah dimengerti dan
dapatcepat diidentifikasi hasilnya maka penjelasan disampaikan sesuai urutan
pertanyaan penelitian.
c.
salah. Temuan penelitian muncul setelah
pengolahan dan interpretasi data
d.
salah. Analisis data menghasilkan temuan
sementara.
No 30.
a.
salah. akurasi berhubungan dengan instrumen yang
digunakan.
b.
salah. Validitas dalam PTK tidak perlu
dipersoalkan.
c.
benar. karena upaya perbaikan oleh guru
harus dilakukan secara terus-menerus sampai terjadi perbaikan pembelajaran yang
optimal.
d.
salah. Presisi berkaitan dengan ketepatan
instrumen penelitian
No comments:
Post a Comment