Friday, May 11, 2012

Soal Ujian Penelitian Tindakan Kelas IDIK4008 (bagian 3)


No 21.
Berikut adalah beberapa alternatif cara mengembangkan alternatif tindakan, kecuali ....
A.      mengkaji teori-teori pembelajaran yang relevan
B.      mempelajari hasil penelitian yang relevan
C.      melakukan refleksi atas pengalaman mengajar selama ini
D.      mengkopi hasil PTK rekan sejawat

No 22.
Cakupan Rencana Pembelajaran dan Rencana Perbaikan Pembelajaran nyaris sama, kecuali pada butir ....
A.      tujuan perbaikan
B.      TIU
C.      TIK
D.      Kegiatan pembelajaran

No 23.
Agar mampu mengembangkan RPP dengan efektif dan memberikan hasil yang signifikan, hal yang paling penting dilakukan sebelum memberikan tindakan perbaikan adalah ....
A.      mempelajari proposal PTK
B.      melakukan simulasi perbaikan
C.      berdiskusi dengan rekan sejawat
D.      memvalidasi RPP

No 24.
Yang dimaksud dengan proposal PTK pada dasarnya adalah ....
A.      penelitian yangdilakukan guru di sekolah
B.      prosedur penelitian yangharus dipatuhi guru pada saat melakukan penelitian
C.      rencana penelitian yang diusulkan guru untuk memperbaiki pembelajaran dikelasnya
D.      rencana kegiatan penelitian yang diusulkan guru

No 25.
Kolaborasi dalam PTK dimaksudkan untuk membangun....
A.      relasi antar-guru kelas
B.      kerjasama antar pihak-pihak terkait
C.      persamaan persepsi
D.      citra guru sebagai peneliti

No 26.
Tindakan perbaikan dilanjutkan ke Siklus 2 apabila Siklus 1 ....
A.      proses pelaksanaan tindakan 1 belum selesai dilakukan
B.      sudah berhasil
C.      belum menunjukkan perbaikan
D.      tidak memperlihatkan dampak yang signifikan

No 27.
Hasil pengamatan yang dilakukan Pak Siswa di kelasnya berbentuk catatan-catatan tentang perilaku siswa dalam membaca sebuah teks di depan kelas. Hal ini dilakukan setelah Pak Siswo menjelaskan bagaimana cara membaca teks yang baik. Setiap anak diberi waktu 2 menit untuk membaca dan Pak Siswo mencatat perilaku siswa, seperti teknik membaca, sikap badan, ucapan/ejaan dan lain-lain. Data yang dikumpulkan Pak Siswo adalah data ....
A.      ordinal
B.      kuantitatif
C.      kualitatif
D.      numerik

No 28.
Berikut adalah beberapa cara penyajian hasil analisis data hasil PTK, kecuali ....
A.      penyajian seluruh hasil pengukuran yang dilakukan selama penelitian
B.      grafik histogram
C.      narasi tentang perilaku siswa
D.      matriks-matriks sesuai variabel-variabel yang digunakan

No 29.
Kesimpulan hasil PTK sebaiknya merupakan penjelasan-penjelasan yangdisusun sesuai dengan ....
A.      urutan identifikasi masalah
B.      pertanyaan penelitian
C.      temuan penelitian
D.      hasil analisis data

No 30.
Mengapa PTK harus dilakukan per daur? Untuk ....
A.      mempertinggi akurasi
B.      memperoleh hasil yang valid
C.      memperoleh perbaikan yang optimal
D.      memperoleh presisi yang tinggi sesuai tujuan penelitian

No comments:

Post a Comment