No 11.
a.
salah, karena metode pengolahan data
direncanakan pada saat menyusun proposal
b.
salah, karena persiapan diri merupakan langkah
paling awal di luar kegiatan penelitian. persiapan diri sama seperti "niat"
untuk melakukan sesuatu
c.
benar, karena menyusun RP dan ST
merupakan langkah awal PTK
d.
salah, karena sarana pendukung seperti
instrumen, alat evaluasi, media dan lain-lain merupakan bagian dari pelaksanaan
penelitian
No 12.
a.
salah High inference observation membutuhkan
penafsiran
b.
salah, karena yang ditanya disini adalah masalah
penafisiran (inference)
c.
salah karena tidak relevan dengan penafsiran
d.
benar karena sesuai dengan istilah high
inference observation yaitu pengamatan yang membutuhkan penafsiran si pengamat
untuk kemudian dibuat kesimpulan sebagai hasil penafsiran sebagai bentuk dari
hasil pengamatan
No 13.
a.
salah, karena untuk mendapatkan suasana verbal
dan nonverbal, dibutuhkan observasi yang rinci dan terstruktur, bukan terfokus.
b.
benar, karena suasana verbal dan
nonverbal membutuhkan observasi yang rinci dan terstruktur, jadi digunakan
observasi sistematis karena dibutuhkan kategori yang lebih sistematis.
c.
salah, karena observasi terstruktur apabila kita
sudah menentukan variabel-variabel yang ingin diukur
d.
salah, karena observasi terbuka adalah untuk
mencatat semua kejadian sebagaimana yang teramati tanpa ada fokus atau kategori
tertentu.
No 14.
a.
wawancara termasuk pilihan pengumpulan data PTK
di samping observasi
b.
Studi dokumen kelas dapat dilakukan guru
disamping observasi
c.
pengisian kuesioner juga dapat dilakukan guru
untuk memperoleh informasi dari siswa di samping observasi.
d.
survai tidak dapat dilakukan di kelas,
karena PTK adalah penelitian khusus tentang kelas. bukan melihat kondisi kelompok
sosial tertentu.
No 15.
a.
salah, karena menyusun proposal adalah
persyaratan penelitian
b.
salah, karena angkah sesudah identifikasi
masalah adalah analisis dan perumusan masalah
c.
salah, karena sesudah menentukan upaya tindakan
perbaikan adalah melaksanakan perbaikan.
d.
benar karena langkah paling tepat sesudah
melakukan upaya perbaikan adalah refleksi. disini guru merenung apa hasil
tindakan yang sudah diberikan, bagaimana dampaknya terhadap siswa dan
pembelajaran, apakah perbaikan sudah cukup atau ia perlu meneruskan ke siklus
berikutnya.
No 16.
a.
benar, karena perencanaan tindak lanjut
adalah membuat rencana untuk perbaikan sekanjutnya atau penelitian dilanjutkan
ke siklus berikutnya.
b.
salah karena tidak relevan. perencanaan tindak
lanjut berkaitan dengan tindakan (action)
c.
salah karena tidak relevan. menyusun proposal
adalah persyaratan penelitian
d.
salah karena menentukan metode termasuk
metodologi penelitian, bukan tindakan.
No 17.
a.
salah, karena kenakalan remaja bukan domein PTK,
tetapi lebih pada domein ilmu psikologi perkembangan.
b.
benar, karena malas tidak mengerjakan PR
termasuk domein disiplin belajar
c.
salah malas tidak mengerjakan PR tidak termasuk
interaksi pembelajaran. yang termasuk interaksi belajar antara lain adalah
proses belajar-mengajar di kelas.
d.
salah, yang termasuk domein prestasi belajar
antara lain hasil belajar, nilai raport/ujian, dll.
No 18.
a.
salah, karena tidak perlu dipertimbangkan. sudah
jelas
b.
benar, perlu dipertimbangkan. karena
kalau guru tidak mampu melaksanakan PTK maka tindakan perbaikan tidak akan
berhasil.
c.
Salah, karena tidak perlu dipertibangkan sudah
jelas
d.
tidak perlu dipertibangkan sudah jelas
No 19.
a.
salah, karena kajian dokumen kelas lebih tepat
dilakukan pada saat identifikasi masalah dilakukan
b.
benar, karena langkah awal analisis
masalah adalah refleksi alias introspeksi diri tentang pembelajaran di kelas.
c.
salah, karena mewawancarai siswa merupakan salah
satu metode pengumpulan data
d.
salah, karena memberi tes formatif dapat
dilakukan untuk melihat dampak dari tindakan perbaikan yang kita berikan
No 20.
a.
Benar, sudah jelas
b.
benar, sudah jelas
c.
salah. Justru guru harus merumuskan
permasalahan yang ada di kelasnya dengan menkaji/melihatnya dari aspek
strategi, metode atau dari siswanya sendiri.
d.
benar, sudah jelas
No comments:
Post a Comment