Tuesday, May 15, 2012

Kunci Jawaban Ujian Penelitian Tindakan kelas IDIK4008 (bagian 2)


No 11.
a.       salah, karena metode pengolahan data direncanakan pada saat menyusun proposal
b.      salah, karena persiapan diri merupakan langkah paling awal di luar kegiatan penelitian. persiapan diri sama seperti "niat" untuk melakukan sesuatu
c.       benar, karena menyusun RP dan ST merupakan langkah awal PTK
d.      salah, karena sarana pendukung seperti instrumen, alat evaluasi, media dan lain-lain merupakan bagian dari pelaksanaan penelitian

No 12.
a.       salah High inference observation membutuhkan penafsiran
b.      salah, karena yang ditanya disini adalah masalah penafisiran (inference)
c.       salah karena tidak relevan dengan penafsiran
d.      benar karena sesuai dengan istilah high inference observation yaitu pengamatan yang membutuhkan penafsiran si pengamat untuk kemudian dibuat kesimpulan sebagai hasil penafsiran sebagai bentuk dari hasil pengamatan

No 13.
a.       salah, karena untuk mendapatkan suasana verbal dan nonverbal, dibutuhkan observasi yang rinci dan terstruktur, bukan terfokus.
b.      benar, karena suasana verbal dan nonverbal membutuhkan observasi yang rinci dan terstruktur, jadi digunakan observasi sistematis karena dibutuhkan kategori yang lebih sistematis.
c.       salah, karena observasi terstruktur apabila kita sudah menentukan variabel-variabel yang ingin diukur
d.      salah, karena observasi terbuka adalah untuk mencatat semua kejadian sebagaimana yang teramati tanpa ada fokus atau kategori tertentu.

No 14.
a.       wawancara termasuk pilihan pengumpulan data PTK di samping observasi
b.      Studi dokumen kelas dapat dilakukan guru disamping observasi
c.       pengisian kuesioner juga dapat dilakukan guru untuk memperoleh informasi dari siswa di samping observasi.
d.      survai tidak dapat dilakukan di kelas, karena PTK adalah penelitian khusus tentang kelas. bukan melihat kondisi kelompok sosial tertentu.

No 15.
a.       salah, karena menyusun proposal adalah persyaratan penelitian
b.      salah, karena angkah sesudah identifikasi masalah adalah analisis dan perumusan masalah
c.       salah, karena sesudah menentukan upaya tindakan perbaikan adalah melaksanakan perbaikan.
d.      benar karena langkah paling tepat sesudah melakukan upaya perbaikan adalah refleksi. disini guru merenung apa hasil tindakan yang sudah diberikan, bagaimana dampaknya terhadap siswa dan pembelajaran, apakah perbaikan sudah cukup atau ia perlu meneruskan ke siklus berikutnya.

No 16.
a.      benar, karena perencanaan tindak lanjut adalah membuat rencana untuk perbaikan sekanjutnya atau penelitian dilanjutkan ke siklus berikutnya.
b.      salah karena tidak relevan. perencanaan tindak lanjut berkaitan dengan tindakan (action)
c.       salah karena tidak relevan. menyusun proposal adalah persyaratan penelitian
d.      salah karena menentukan metode termasuk metodologi penelitian, bukan tindakan.

No 17.
a.       salah, karena kenakalan remaja bukan domein PTK, tetapi lebih pada domein ilmu psikologi perkembangan.
b.      benar, karena malas tidak mengerjakan PR termasuk domein disiplin belajar
c.       salah malas tidak mengerjakan PR tidak termasuk interaksi pembelajaran. yang termasuk interaksi belajar antara lain adalah proses belajar-mengajar di kelas.
d.      salah, yang termasuk domein prestasi belajar antara lain hasil belajar, nilai raport/ujian, dll.

No 18.
a.       salah, karena tidak perlu dipertimbangkan. sudah jelas
b.      benar, perlu dipertimbangkan. karena kalau guru tidak mampu melaksanakan PTK maka tindakan perbaikan tidak akan berhasil.
c.       Salah, karena tidak perlu dipertibangkan sudah jelas
d.      tidak perlu dipertibangkan sudah jelas

No 19.
a.       salah, karena kajian dokumen kelas lebih tepat dilakukan pada saat identifikasi masalah dilakukan
b.      benar, karena langkah awal analisis masalah adalah refleksi alias introspeksi diri tentang pembelajaran di kelas.
c.       salah, karena mewawancarai siswa merupakan salah satu metode pengumpulan data
d.      salah, karena memberi tes formatif dapat dilakukan untuk melihat dampak dari tindakan perbaikan yang kita berikan

No 20.
a.       Benar, sudah jelas
b.      benar, sudah jelas
c.       salah. Justru guru harus merumuskan permasalahan yang ada di kelasnya dengan menkaji/melihatnya dari aspek strategi, metode atau dari siswanya sendiri.
d.      benar, sudah jelas

No comments:

Post a Comment