Sunday, April 22, 2012

Soal Ujian Pend. IPS di SD PDGK4106 (bagian 4)


31.     Dengan disediakan sejumlah data penduduk di setiap propinsi, angka kelahiran, dan kematian, angka pertambahan penduduk, luas wilayah tiap propinsi, pada saat siswa dan guru membahas potensi penduduk di Indonesia, dalam merancang evaluasi hasil belajar IPS SD aspek nilai dan sikap sosial yang paling sesuai untuk materi tersebut adalah ... .
A.        membaca data penduduk
B.         menghitung kepadatan penduduk di tiap propinsi
C.         menggunakan peta penduduk Indonesia
D.        membuat laporan kondisi penduduk

32.     Pendekatan pemecahan masalah dapat dirancang kedalam model pembelajaran IPS terpadu, dengan berdasarkan pada pemikiran kritis dan refleksi melalui proses kerja, berikut yang bukan merupakan proses kerja adalah ... .
A.        menyadari adanya masalah
B.         mencari petunjuk untuk pemecahannya
C.         penggunaan pemecahan masalah yang cocok dengan kriteria tertentu
D.        menyadari adanya pemecahan masalah

33.     Pendekatan Humanistik dapat digunakan dalam merancang model pembelajaran IPS terpadu dalam kegiatan pembelajaran memiliki sasaran dari segi … .
A.        berbagai disiplin ilmu lain yang relevan sehingga para siswa melihat topik tersebut lengkap dan terpadu
B.         berbagai cabang ilmu lain sehingga siswa mampu belajar dan dapat memahami topik yang akan dibahas
C.         ilmu-ilmu sosial yang relevan dan sistematis
D.        cabang ilmu-ilmu sosial yang relevan

34.     Dalam merancang model pembelajaran IPS terpadu dengan menggunakan pendekatan Wilayah diperlukan persyaratan, berikut yang bukan merupakan syarat dalam perancangan tersebut adalah ... .
A.        gejala dipermukaan bumi sebagai hasil interaksi antar wilayah
B.         menganalisis penyebaran gejala dalam sistem keruangan
C.         interaksi antara variabel manusia dan lingkungan
D.        kajian dari berbagai sudut pandang keilmuan

35.     Pendekatan Metode Proyek dapat digunakan dalam rancangan model pembelajaran IPS SD dengan kriteria tertentu, berikut yang bukan merupakan kriteria dalam metode proyek adalah ...
A.        kegiatan bersifat nyata
B.         memiliki arti dan manfaat bagi siswa
C.         bahan dan alat sulit diperoleh
D.        hasilnya sepadan dengan waktu yang tersedia

36.     Pendekatan metode proyek dapat digunakan untuk model pembelajaran IPS terpadu untuk menghasilkan suatu unjuk kerja siswa, pernyataan berikut merupakan salah satu hasil pembelajaran dengan metode proyek ... .
A.        membuat maket sekolah
B.         membuat saluran irigasi penduduk
C.         membantu membuat jalan desa
D.        menambah warna, dan simbul dalam peta Indonesia

37.     Konsep sejarah merupakan fokus dalam perancangan model pembelajaran IPS terpadu dengan menggunakan pendekatan Kurun Waktu, konsep tersebut antara lain yaitu ... .
A.        perubahan, kontinuitas dan waktu
B.         perubahan, keruangan dan waktu
C.         peristiwa, tempat dan periode
D.        kontinuitas, keruangan dan peristiwa

38.     Pernyataan berikut merupakan tujuan Kurikulum Pendidikan IPS tahun 2006, agar setiap siswa peserta didik diharapkan mempunyai kemampuan untuk ...         
1) berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inquiry dan dapat memecahkan masalah
2) berkomunikasi, dan berkompetisi yang meliputi tingkat lokal, nasional maupun global
3) mengerti, menafsirkan, berkomunikasi merancang, menganalisis dan menyusun laporan

39.     Dari Topik Banjir di Ibukota, wilayah-wilayah yang dekat dengan bantaran sungai Ciliwung mulai waspada setiap kali musim hujan biasanya pada bulan Januari curah hujan cukup tinggi, pernyataan ini menunjukkan keterkaitan antara konsep dan generalisasi, berikut ini yang menunjukkan keterampilan personal dan intelektual dari siswa adalah ...        
1) siswa mempelajari konsep banjir, curah hujan
2) membaca peta, mencari informasi wilayah banjir
3) berdiskusi dan membuat kesimpulan wilayah banjir
               
40.     Setiap guru SD kelas 3 dan 4 dapat menerapkan metode pembelajaran IPS dengan pendekatan kognitif dengan Topik “Kedudukan keluarga dan peran anggota keluarga” langkah pembelajaran yang paling sesuai adalah menentukan ...        
1) materi pokok
2) hasil belajar dan indikator
3) media dan sumber belajar

No comments:

Post a Comment