31.
Dengan disediakan sejumlah data penduduk di
setiap propinsi, angka kelahiran, dan kematian, angka pertambahan penduduk,
luas wilayah tiap propinsi, pada saat siswa dan guru membahas potensi penduduk
di Indonesia, dalam merancang evaluasi hasil belajar IPS SD aspek nilai dan
sikap sosial yang paling sesuai untuk materi tersebut adalah ... .
A.
membaca data penduduk
B.
menghitung kepadatan penduduk di tiap propinsi
C.
menggunakan peta penduduk Indonesia
D.
membuat laporan kondisi penduduk
32.
Pendekatan pemecahan masalah dapat dirancang
kedalam model pembelajaran IPS terpadu, dengan berdasarkan pada pemikiran
kritis dan refleksi melalui proses kerja, berikut yang bukan merupakan proses
kerja adalah ... .
A.
menyadari adanya masalah
B.
mencari petunjuk untuk pemecahannya
C.
penggunaan pemecahan masalah yang cocok dengan
kriteria tertentu
D.
menyadari adanya pemecahan masalah
33.
Pendekatan Humanistik dapat digunakan dalam
merancang model pembelajaran IPS terpadu dalam kegiatan pembelajaran memiliki
sasaran dari segi … .
A.
berbagai disiplin ilmu lain yang relevan
sehingga para siswa melihat topik tersebut lengkap dan terpadu
B.
berbagai cabang ilmu lain sehingga siswa mampu
belajar dan dapat memahami topik yang akan dibahas
C.
ilmu-ilmu sosial yang relevan dan sistematis
D.
cabang ilmu-ilmu sosial yang relevan
34.
Dalam merancang model pembelajaran IPS terpadu
dengan menggunakan pendekatan Wilayah diperlukan persyaratan, berikut yang
bukan merupakan syarat dalam perancangan tersebut adalah ... .
A.
gejala dipermukaan bumi sebagai hasil interaksi
antar wilayah
B.
menganalisis penyebaran gejala dalam sistem
keruangan
C.
interaksi antara variabel manusia dan lingkungan
D.
kajian dari berbagai sudut pandang keilmuan
35.
Pendekatan Metode Proyek dapat digunakan dalam
rancangan model pembelajaran IPS SD dengan kriteria tertentu, berikut yang
bukan merupakan kriteria dalam metode proyek adalah ...
A.
kegiatan bersifat nyata
B.
memiliki arti dan manfaat bagi siswa
C.
bahan dan alat sulit diperoleh
D.
hasilnya sepadan dengan waktu yang tersedia
36.
Pendekatan metode proyek dapat digunakan untuk
model pembelajaran IPS terpadu untuk menghasilkan suatu unjuk kerja siswa,
pernyataan berikut merupakan salah satu hasil pembelajaran dengan metode proyek
... .
A.
membuat maket sekolah
B.
membuat saluran irigasi penduduk
C.
membantu membuat jalan desa
D.
menambah warna, dan simbul dalam peta Indonesia
37.
Konsep sejarah merupakan fokus dalam perancangan
model pembelajaran IPS terpadu dengan menggunakan pendekatan Kurun Waktu,
konsep tersebut antara lain yaitu ... .
A.
perubahan, kontinuitas dan waktu
B.
perubahan, keruangan dan waktu
C.
peristiwa, tempat dan periode
D.
kontinuitas, keruangan dan peristiwa
38.
Pernyataan berikut merupakan tujuan Kurikulum
Pendidikan IPS tahun 2006, agar setiap siswa peserta didik diharapkan mempunyai
kemampuan untuk ...
1) berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inquiry dan dapat
memecahkan masalah
2) berkomunikasi, dan berkompetisi yang meliputi tingkat lokal, nasional
maupun global
3)
mengerti, menafsirkan, berkomunikasi merancang, menganalisis dan menyusun
laporan
39.
Dari Topik Banjir di Ibukota, wilayah-wilayah
yang dekat dengan bantaran sungai Ciliwung mulai waspada setiap kali musim
hujan biasanya pada bulan Januari curah hujan cukup tinggi, pernyataan ini
menunjukkan keterkaitan antara konsep dan generalisasi, berikut ini yang
menunjukkan keterampilan personal dan intelektual dari siswa adalah ...
1) siswa mempelajari konsep banjir, curah hujan
2) membaca peta, mencari informasi wilayah banjir
3)
berdiskusi dan membuat kesimpulan wilayah banjir
40.
Setiap guru SD kelas 3 dan 4 dapat menerapkan
metode pembelajaran IPS dengan pendekatan kognitif dengan Topik “Kedudukan
keluarga dan peran anggota keluarga” langkah pembelajaran yang paling sesuai
adalah menentukan ...
1) materi pokok
2) hasil belajar dan indikator
3)
media dan sumber belajar
No comments:
Post a Comment