11.
Tanah longsor , erosi dan pencemaran yang
terjadi di suatu tempat merupakan permasalahan lingkungan yang disebabkan
faktor ... .
A.
daya dukung lingkungan yang tidak memadai
B.
perkembangan penduduk yang cepat
C.
keterbatasan kemampuan lahan
D.
kemajuan peradaban manusia
12.
Terjadinya perbedaan kepentingan antara satu
individu dengan individu yang lain dalam interaksi sosial dapat menimbulkan
masalah dimasyarakat sebagai masalah ... .
A.
hukum
B.
lingkungan
C.
ketertiban
D.
norma
13.
Untuk menerapkan pembelajaran IPS yang berkaitan
erat dengan masalah kesadaran hukum dan pendidikan kesadaran hukum guru IPS
harus mampu menyajikan topik IPS seperti pernyataan berikut :
A.
memberikan konsep-konsep Hukum dalam
pembelajaran IPS
B.
membayar pajak merupakan kesadaran masyarakat
terhadap hukum
C.
menyajikan pasal-pasal hukum
D.
mengkaji masalah sosial kedalam hukum
14.
Pembelajaran IPS dengan pendekatan kognitif yang
berorientasi pada proses penelitian dengan proses inquiry memiliki urutan
sebagai berikut :
A.
fakta – konsep - -generalisasi – kesimpulan
B.
masalah – hipotesis – data – kesimpulan
C.
data – masalah – hipotesis – kesimpulan
D.
konsep – masalah – hipotesis - laporan
15.
Menurut Goleman (1996) karakteristik pendekatan
sosial dan personal dalam pembelajaran IPS merupakan bentuk pedagosis terhadap
dimensi sosial sebagai berikut :
A.
emosi, nilai, sikap dan prilaku sosial
B.
pengembangan dan latihan
C.
kemampuan operasional dan aktor sosial
D.
sebagai objek dan sebagai pengamat
16.
Pembelajaran IPS SD dengan menggunakan contoh
masyarakat dari berbagai bidang, dan tempat dengan menunjukkan gambar, kliping
dari tokoh tersebut merupakan salah satu langkah model pendekatan dalam
pembelajaran IPS model ... .
A.
ekspositori berorientasi nilai dan sikap
B.
analitik keteladanan
C.
kajian nilai
D.
integratif konsep dan nilai
17.
Model pendekatan ekspositori berorientasi nilai
dan sikap dalam Pembelajaran IPS SD memiliki karaktersitik sebagai berikut :
A.
bentuk komunikasi dialogis melalui ceramah,
peragaan dan tanya jawab
B.
dengan menggunakan analisis sampel keteladanan
masyarakat dari berbagai bidang, dan tempat dengan menunjukkan gambar, kliping
dari tokoh
C.
pendekatan kajian nilai secara sistematis dan
mendasar
D.
pembahasan konsep yang memiliki implikasi nilai
yang dikaji secara akademis
18.
Langkah awal yang harus dilakukan dalam
perancangan metode pembelajaran IPS di SD dengan pendekatan kognitif untuk
menetapkan alokasi waktu yang tersedia dalam menyampaikan materi IPS SD kelas 3
dan 4 adalah ... .
A.
garis besar program pembelajaran
B.
struktur program
C.
analisis materi pelajaran
D.
sumber belajar
19.
Salah satu ciri dalam merancang metode
pembelajaran IPS SD yang berlandaskan pendekatan sosial adalah ... .
A.
memberi bantuan cara melakukan diskusi
B.
menciptakan iklim dan mengundang keterlibatan
C.
mengandung aspek sosial untuk terciptanya
diskusi kelas
D.
membantu menyusun program
20.
Metode pendekatan personal dalam Pembelajaran
IPS SD memiliki ciri karakteristik yang diperlukan dalam menciptakan suasana
hangat, menciptakan hubungan baik antara siswa dengan guru atau siswa dengan
siswa yang bersifat pribadi merupakan tahapan dalam ... .
A.
menciptakan iklim yang mengundang keterlibatan
siswa
B.
penyajian masalah sosial
C.
pelaksanaan program
D.
pengenalan prinsip tingkah laku
No comments:
Post a Comment