Saturday, April 21, 2012

Soal Ujian Pend. IPS di SD PDGK4106 (bagian 3)


21.     Untuk merancang pendekatan modifikasi prilaku dalam pembelajaran IPS SD kelas 3 dan 4 diperlukan lima tahap, tahap yang bertujuan agar siswa dapat memahami kesulitan yang dihadapi terutama pada fungsi lingkungan yang tidak permanen merupakan tahap ... .
A.        menetapkan data dasar
B.         pengenalan prinsip tingkah laku
C.         pelaksanaan program
D.        tindak lanjut

22.     Dalam merancang pendekatan ekspositori dalam Pembelajaran IPS SD kelas 3 dan 4 salah satu karakteristik yaitu guru harus memancing pengalaman belajar yang relevan dengan materi pelajaran IPS yang akan disampaikan merupakan tahap ... .
A.        pendahuluan
B.         penyajian
C.         umpan balik
D.        penutup


23.     Metode Inquiry dalam Pembelajaran IPS SD dengan pendekatan kognitif, dalam perancangannya diperlukan tahapan. Ada tahap dimana guru perlu membuktikan hakikat objek dan kondisi serta menyelidiki peristiwa masalah adalah tahap ... .
A.        penyajian masalah
B.         mengumpulkan dan verifikasi data
C.         mengumpulkan unsur baru
D.        merumuskan penjelasan

24.     Dalam proses pembelajaran siswa dengan bantuan guru menetapkan masalah sosial sebagai pokok bahasan dengan topik yang menarik, merumuskan masalah dan membatasi ruang lingkup permasalahan proses ini dalam latihan inquiry pembelajaran IPS yang berlandaskan pendekatan sosial adalah tahap ... .
A.        orientasi
B.         hipotesis
C.         definisi
D.        eksplorasi

25.     Tugas guru mendorong siswa untuk berperan serta dalam kegiatan belajar mengajar dan menyeleksi siswa tentang topik yang ditulis merupakan salah satu langkah dalam perencanaan pembelajaran IPS SD dengan pendekatan personal yaitu pada tahap ... .
A.        menciptakan iklim yang mengundang keterlibatan siswa
B.         melibatkan siswa dalam merumuskan masalah untuk diskusi
C.         mengarahkan siswa mengidentifikasi alternatif tindakan
D.        membimbing siswa untuk merumuskan kesepakatan

26.     Pada tahap pendahuluan dengan menggunakan metode Pembelajaran IPS SD dengan model pendekatan ekspositori adalah ... .
A.        mengarahkan siswa untuk menentukan pokok materi diskusi
B.         memancing pengalaman siswa yang relevan dengan materi pelajaran
C.         diakhir pembelajaran dilakukan penilaian akhir
D.        setelah pembelajaran selesai dilakukan penarikan kesimpulan dan tindak lanjut

27.     Pernyataan berikut yang bukan merupakan langkah-langkah dalam merancang alat evaluasi pembelajaran IPS adalah ... .
A.        menyusun kisi-kisi soal
B.         merumuskan kompetensi dasar
C.         menentukan siswa peserta tes
D.        membuat indikator soal

28.     Untuk menyusun alat evaluasi pembelajaran IPS dengan menggunakan kata kerja mendemonstrasikan, menunjukkan, menuliskan, menggambarkan dan mengklasifikasikan adalah aspek berfikir ranah kognitif untuk tingkat ... .
A.        knowledge
B.         application
C.         comprehension
D.        analysis

29.     Untuk mengukur aspek nilai dan sikap sosial pada rancangan alat evaluasi hasil pembelajaran IPS SD diperlukan instrument tertentu, berikut ini yang bukan alat evaluasi untuk mengukur nilai dan sikap adalah ... .
A.        rating scale
B.         chek list
C.         wawancara
D.        survey

30.     Dalam merancang alat evaluasi hasil belajar IPS di SD tentang topik ”Penduduk Indonesia”, hasil belajar yang paling sesuai untuk menilai aspek keterampilan dari materi tersebut adalah ... .
A.        mendeskripsikan profil penduduk di Indonesia dengan grafik
B.         membaca peta Indonesia
C.         mencari informasi penduduk di setiap propinsi
D.        menunjukkan gambar penduduk di Indonesia

No comments:

Post a Comment

Post a Comment