21.
Untuk merancang pendekatan modifikasi prilaku
dalam pembelajaran IPS SD kelas 3 dan 4 diperlukan lima tahap, tahap yang
bertujuan agar siswa dapat memahami kesulitan yang dihadapi terutama pada
fungsi lingkungan yang tidak permanen merupakan tahap ... .
A.
menetapkan data dasar
B.
pengenalan prinsip tingkah laku
C.
pelaksanaan program
D.
tindak lanjut
22.
Dalam merancang pendekatan ekspositori dalam
Pembelajaran IPS SD kelas 3 dan 4 salah satu karakteristik yaitu guru harus
memancing pengalaman belajar yang relevan dengan materi pelajaran IPS yang akan
disampaikan merupakan tahap ... .
A.
pendahuluan
B.
penyajian
C.
umpan balik
D.
penutup
23.
Metode Inquiry dalam Pembelajaran IPS SD dengan
pendekatan kognitif, dalam perancangannya diperlukan tahapan. Ada tahap dimana
guru perlu membuktikan hakikat objek dan kondisi serta menyelidiki peristiwa
masalah adalah tahap ... .
A.
penyajian masalah
B.
mengumpulkan dan verifikasi data
C.
mengumpulkan unsur baru
D.
merumuskan penjelasan
24.
Dalam proses pembelajaran siswa dengan bantuan
guru menetapkan masalah sosial sebagai pokok bahasan dengan topik yang menarik,
merumuskan masalah dan membatasi ruang lingkup permasalahan proses ini dalam
latihan inquiry pembelajaran IPS yang berlandaskan pendekatan sosial adalah
tahap ... .
A.
orientasi
B.
hipotesis
C.
definisi
D.
eksplorasi
25.
Tugas guru mendorong siswa untuk berperan serta
dalam kegiatan belajar mengajar dan menyeleksi siswa tentang topik yang ditulis
merupakan salah satu langkah dalam perencanaan pembelajaran IPS SD dengan
pendekatan personal yaitu pada tahap ... .
A.
menciptakan iklim yang mengundang keterlibatan
siswa
B.
melibatkan siswa dalam merumuskan masalah untuk
diskusi
C.
mengarahkan siswa mengidentifikasi alternatif
tindakan
D.
membimbing siswa untuk merumuskan kesepakatan
26.
Pada tahap pendahuluan dengan menggunakan metode
Pembelajaran IPS SD dengan model pendekatan ekspositori adalah ... .
A.
mengarahkan siswa untuk menentukan pokok materi
diskusi
B.
memancing pengalaman siswa yang relevan dengan
materi pelajaran
C.
diakhir pembelajaran dilakukan penilaian akhir
D.
setelah pembelajaran selesai dilakukan penarikan
kesimpulan dan tindak lanjut
27.
Pernyataan berikut yang bukan merupakan
langkah-langkah dalam merancang alat evaluasi pembelajaran IPS adalah ... .
A.
menyusun kisi-kisi soal
B.
merumuskan kompetensi dasar
C.
menentukan siswa peserta tes
D.
membuat indikator soal
28.
Untuk menyusun alat evaluasi pembelajaran IPS
dengan menggunakan kata kerja mendemonstrasikan, menunjukkan, menuliskan,
menggambarkan dan mengklasifikasikan adalah aspek berfikir ranah kognitif untuk
tingkat ... .
A.
knowledge
B.
application
C.
comprehension
D.
analysis
29.
Untuk mengukur aspek nilai dan sikap sosial pada
rancangan alat evaluasi hasil pembelajaran IPS SD diperlukan instrument
tertentu, berikut ini yang bukan alat evaluasi untuk mengukur nilai dan sikap
adalah ... .
A.
rating scale
B.
chek list
C.
wawancara
D.
survey
30.
Dalam merancang alat evaluasi hasil belajar IPS
di SD tentang topik ”Penduduk Indonesia”, hasil belajar yang paling sesuai
untuk menilai aspek keterampilan dari materi tersebut adalah ... .
A.
mendeskripsikan profil penduduk di Indonesia
dengan grafik
B.
membaca peta Indonesia
C.
mencari informasi penduduk di setiap propinsi
D.
menunjukkan gambar penduduk di Indonesia
No comments:
Post a Comment