Sunday, April 22, 2012

Soal Ujian Pend. IPS di SD PDGK4016 (bagian 5)


41.     Peneraran metode Pembelajaran IPS SD yang berlandaskan pendekatan sosial di kelas 3 dan 4 SD secara berurutan memiliki tahapan berikut ...              
1) orientasi, hipotesis, dan definisi
2) eksplorasi, pembuktian dan generalisasi
3) tingkah laku, evaluasi dan tindak lanjut
               
42.     Untuk menerapkan pendekatan personal dalam Pembelajaran IPS SD setelah menentukan kompetensi dasar, materi pokok, hasil belajar dan indikator dengan Topik ” Penyebaran demam berdarah di desa Sukamaju” langkah pendekatan personal yang paling sesuai untuk pembelajaran IPS SD kelas 3 dan 4 adalah ...               
1) menciptakan iklim yang mengundang keterlibatan siswa
2) menentukan masalah diskusi
3) evaluasi dan tindak lanjut
4) orientasi, hipotesis, dan definisi
               
43.     Penerapan model pendekatan modifikasi prilaku dalam Pembelajaran IPS SD diperlukan tahap pengenalan prinsip tingkah laku, untuk menerapkan tahap ini guru memiliki peran sebagai berikut ...   
1) memperkenalkan program dan prinsip pendalaman diri
2) membentuk siswa untuk berprestasi
3) membantu siswa menyusun program secara nyata
               
44.     Berikut ini merupakan tahap penerapan metode Inquiry dengan pendekatan kognitif dalam pembelajaran IPS SD kelas 5 dan kelas 6 :          
1) menyajikan masalah
2) mengumpulkan unsur baru
3) menciptakan iklim yang menimbulkan keterlibatan siswa
               
45.     Dalam penerapan metode Inquiry sosial guru berperan sebagai motivator dan reflektor, maka dalam pembelajaran IPS tugas guru adalah ...             
1) menjelaskan cara menyusun rencana kegiatan
2) membantu siswa menyusun program
3) menyusun asumsi yang digunakan dan cara berfikir kreatif
               
46.     Tugas guru pada saat menyajikan masalah diskusi dengan penerapan metode pendekatan personal dalam pembelajaran IPS SD adalah ...        
1) memberikan pengarahan agar siswa tidak mencela dan mengkritik
2) memberi tugas kelompok untuk menjelaskan topik masalah
3) siswa diberi kebebasan berpendapat
               
47.     Pada tahap evaluasi dan tindak lanjut dalam penerapan pembelajaran IPS dengan pendekatan modifikasi prilaku, tugas guru adalah ...         
1) melakukan perencanaan program pembelajaran
2) melakukan penilaian terhadap tingkah laku siswa sesuai program
3) menentukan tindak lanjut
               
48.     Untuk tingkat berfikir Syntesis dalam aspek kognitif yang diterapkan kedalam alat evaluasi pembelajaran IPS SD menuntut siswa untuk memiliki kemampuan untuk ...         
1) berfikir kreatif
2) membuat prediksi
3) dapat memecahkan masalah
               
49.     Pak Toni sebagai guru IPS yang sabar dan terampil membuat Peta, Pak Toni memberi tugas membuat Peta Kecamatan Sukamaju, kepada dua orang siswanya, Doni dan Imron,Dony termasuk siswa yang pandai, Imron rajin dan terampil mereka bekerjasama membuat Peta, untuk menilai keberhasilan membuat peta dari aspek sikap sosial, ditentukan oleh ...        
1) Doni sebagai siswa yang pandai dan Imron siswa yang rajin dan terampil
2) Imron sebagai siswa yang terampil
3) Pak Toni sebagai guru IPS yang sabar dan terampil membuat Peta
               
50.     Pendekatan humanistik yang digunakan untuk menerapkan pembelajaran IPS terpadu bertujuan untuk ...                
1) menelaah suatu masalah
2) memahami masalah dari berbagai sudut pandang
3) menarik kesimpulan secara terpadu dan menyeluruh

No comments:

Post a Comment