41.
Peneraran metode Pembelajaran IPS SD yang
berlandaskan pendekatan sosial di kelas 3 dan 4 SD secara berurutan memiliki
tahapan berikut ...
1) orientasi, hipotesis, dan definisi
2) eksplorasi, pembuktian dan generalisasi
3)
tingkah laku, evaluasi dan tindak lanjut
42.
Untuk menerapkan pendekatan personal dalam
Pembelajaran IPS SD setelah menentukan kompetensi dasar, materi pokok, hasil
belajar dan indikator dengan Topik ” Penyebaran demam berdarah di desa
Sukamaju” langkah pendekatan personal yang paling sesuai untuk pembelajaran IPS
SD kelas 3 dan 4 adalah ...
1) menciptakan iklim yang mengundang keterlibatan siswa
2) menentukan masalah diskusi
3) evaluasi dan tindak lanjut
4)
orientasi, hipotesis, dan definisi
43.
Penerapan model pendekatan modifikasi prilaku
dalam Pembelajaran IPS SD diperlukan tahap pengenalan prinsip tingkah laku,
untuk menerapkan tahap ini guru memiliki peran sebagai berikut ...
1) memperkenalkan program dan prinsip pendalaman diri
2) membentuk siswa untuk berprestasi
3)
membantu siswa menyusun program secara nyata
44.
Berikut ini merupakan tahap penerapan metode
Inquiry dengan pendekatan kognitif dalam pembelajaran IPS SD kelas 5 dan kelas
6 :
1) menyajikan masalah
2) mengumpulkan unsur baru
3)
menciptakan iklim yang menimbulkan keterlibatan siswa
45.
Dalam penerapan metode Inquiry sosial guru
berperan sebagai motivator dan reflektor, maka dalam pembelajaran IPS tugas
guru adalah ...
1) menjelaskan cara menyusun rencana kegiatan
2) membantu siswa menyusun program
3)
menyusun asumsi yang digunakan dan cara berfikir kreatif
46.
Tugas guru pada saat menyajikan masalah diskusi
dengan penerapan metode pendekatan personal dalam pembelajaran IPS SD adalah
...
1) memberikan pengarahan agar siswa tidak mencela dan mengkritik
2) memberi tugas kelompok untuk menjelaskan topik masalah
3)
siswa diberi kebebasan berpendapat
47.
Pada tahap evaluasi dan tindak lanjut dalam
penerapan pembelajaran IPS dengan pendekatan modifikasi prilaku, tugas guru
adalah ...
1) melakukan perencanaan program pembelajaran
2) melakukan penilaian terhadap tingkah laku siswa sesuai program
3)
menentukan tindak lanjut
48.
Untuk tingkat berfikir Syntesis dalam aspek
kognitif yang diterapkan kedalam alat evaluasi pembelajaran IPS SD menuntut
siswa untuk memiliki kemampuan untuk ...
1) berfikir kreatif
2) membuat prediksi
3)
dapat memecahkan masalah
49.
Pak Toni sebagai guru IPS yang sabar dan
terampil membuat Peta, Pak Toni memberi tugas membuat Peta Kecamatan Sukamaju,
kepada dua orang siswanya, Doni dan Imron,Dony termasuk siswa yang pandai,
Imron rajin dan terampil mereka bekerjasama membuat Peta, untuk menilai
keberhasilan membuat peta dari aspek sikap sosial, ditentukan oleh ...
1) Doni sebagai siswa yang pandai dan Imron siswa yang rajin dan terampil
2) Imron sebagai siswa yang terampil
3)
Pak Toni sebagai guru IPS yang sabar dan terampil membuat Peta
50.
Pendekatan humanistik yang digunakan untuk
menerapkan pembelajaran IPS terpadu bertujuan untuk ...
1) menelaah suatu masalah
2) memahami masalah dari berbagai sudut pandang
3)
menarik kesimpulan secara terpadu dan menyeluruh
No comments:
Post a Comment