1. A. benar, karena daya dukung lingkungan
yang tidak memadai sebagai faktor dari terjadinya permasalahan lingkungan seperti tanah
longsor, erosi dan pencemaran
B. salah, karena merupakan faktor dari
masalah social
C. salah, karena merupakan faktor dari
masalah social
D. salah, karena kemajuan peradaban manusia
bukan faktor penyebab masalah lingkungan
2. A. benar, karena dalam interaksi sosial
terjadi konflik antara individu dengan individu lain sebagai adanya perbedaan
kepentingan merupakan masalah Hukum
B. salah, karena masalah lingkungan dan
ketertiban misalnya pengguna jalan raya yang mengalami kemacetan akibat
pedagang kaki lima
C. salah, karena masalah lingkungan dan
ketertiban misalnya pengguna jalan raya yang mengalami kemacetan akibat
pedagang kaki lima
D. salah, karena masalah norma dapat berupa
pelanggaran aturan yang berkaitan dengan adat maupun agama
3.
A. salah, karena judul materi tersebut kurang
tepat jika diangkat menjadi Topik untuk pembelajaran IPS yang berkaitan dengan
masalah kesadaran hukum dan pendidikan kesadaran hukum byang disampaikan guru
IPS dalam pembelajaran di kelas
B. benar,
karena dengan membayar pajak berarti masyarakat memiliki kesadaran terhadap
hukum yang berlaku
C. salah, karena judul materi tersebut
kurang tepat jika diangkat menjadi Topik untuk pembelajaran IPS yang berkaitan
dengan masalah kesadaran hukum dan pendidikan kesadaran hukum byang disampaikan
guru IPS dalam pembelajaran di kelas
D. salah, karena judul materi tersebut
kurang tepat jika diangkat menjadi Topik untuk pembelajaran IPS yang berkaitan
dengan masalah kesadaran hukum dan pendidikan kesadaran hukum byang disampaikan
guru IPS dalam pembelajaran di kelas
4.
A. salah, karena tidak memenuhi langkah yang
tepat untuk pendekatan kognitif yang berorientasi pada proses penelitian dengan
proses inquiry
B. benar,
karena dengan langkah pertama merumuskan masalah, kemudian membuat hipotesis,
mengumpulkan data yang sesuai dan menyajikan kesimpulan merupakan Pembelajaran
IPS dengan pendekatan kognitif yang berorientasi pada proses penelitian dengan
proses inquiry
C. salah, karena tidak memenuhi langkah
yang tepat untuk pendekatan kognitif yang berorientasi pada proses penelitian
dengan proses inquiry
D. salah, karena tidak memenuhi langkah
yang tepat untuk pendekatan kognitif yang berorientasi pada proses penelitian
dengan proses inquiry
5.
A. salah, karena jawaban pada pilihan A bukan
merupakan karakteristik pendekatan sosial menurut Goleman
B. benar,
karena developmental dan practice (pengembangan dan latihan) menurut Goleman
merupakan karakteristik pendekatan social
C. salah, karena jawaban pada pilihan C
bukan merupakan karakteristik pendekatan sosial menurut Goleman
D. salah, karena jawaban pada pilihan D
bukan merupakan karakteristik pendekatan sosial menurut Goleman
6.
A. salah, karena model elspositori , kajian
nilai dan integratif konsep dan nilai tidak menunjukkan contoh gambar, kliping
dari tokoh bidang-bidang tertentu
B. benar,
karena model analitik keteladanan dalam pembelajaran IPS salah satu langkahnya
adalah dengan menunjukkan gambar, kliping dari tokoh berbagai bidang, dan
tempat
C. salah, karena model elspositori , kajian
nilai dan integratif konsep dan nilai tidak menunjukkan contoh gambar, kliping
dari tokoh bidang-bidang tertentu
D. salah, karena model elspositori , kajian
nilai dan integratif konsep dan nilai tidak menunjukkan contoh gambar, kliping
dari tokoh bidang-bidang tertentu
7. A. benar, karena bentuk komunikasi dialogis
melalui ceramah, peragaan dan tanyajawab adalah karakteristik model pendekatan
ekspositori berorientasi nilai dan sikap
B. salah, merupakan model analitik
keteladanan
C. salah, bukan model pendekatan
ekspositori berorientasi nilai dan sikap
D. salah, bukan model pendekatan
ekspositori berorientasi nilai dan sikap
8.
A. salah, karena garis besar program
pembelajaran adalah payung dari perancangan pembelajaran
B. benar, karena struktur program merupakan
langkah awal yang harus dilakukan dalam perancangan metode pembelajaran IPS di
SD dengan pendekatan kognitif
C. salah, karena analisis materi pelajaran
adalah rincian dari isi materi pelajaran, sedangkan
D. salah, karena sumber belajar adalah
bagian (isi) dari perancangan pembelajaran
9.
A. salah,
karena memberi bantuan cara melakukan diskusi adalah tugas guru dalam
pendekatan social
B. salah, karena menciptakan iklim dan
mengundang keterlibatan adalah ciri pendekatan personal
C. benar,
karena mengandung aspek sosial untuk terciptanya diskusi kelas adalah salah
satu ciri dalam merancang metode Pembelajaran IPS SD dengan pendekatan social
D. salah, karena membantu menyusun program
adalah tahap dalam modifikasi prilaku
10. A. benar, karena menciptakan iklim yang
mengundang keterlibatan siswa merupakan ciri karakteristik Metode pendekatan
personal dalam Pembelajaran IPS
B. salah, karena penyajian masalah sosial
merupakan langkah ke 2 dalam Metode pendekatan personal
C. salah, karena pelaksanaan program bukan
metode pendekatan personal
D. salah, karena pengenalan prinsip tingkah
laku kedua jawaban tersebut merupakan metode pendekatan modifikasi prilaku
No comments:
Post a Comment