Sunday, April 22, 2012

Kunci Jawaban Ujian Pend. IPS di SD PDGK4106 (bagian 2)


1.       A. benar, karena daya dukung lingkungan yang tidak memadai sebagai faktor dari terjadinya           permasalahan lingkungan seperti tanah longsor, erosi dan pencemaran
B. salah, karena merupakan faktor dari masalah social
C. salah, karena merupakan faktor dari masalah social
D. salah, karena kemajuan peradaban manusia bukan faktor penyebab masalah lingkungan

2.       A. benar, karena dalam interaksi sosial terjadi konflik antara individu dengan individu lain sebagai adanya perbedaan kepentingan merupakan masalah Hukum
B. salah, karena masalah lingkungan dan ketertiban misalnya pengguna jalan raya yang mengalami kemacetan akibat pedagang kaki lima
C. salah, karena masalah lingkungan dan ketertiban misalnya pengguna jalan raya yang mengalami kemacetan akibat pedagang kaki lima
D. salah, karena masalah norma dapat berupa pelanggaran aturan yang berkaitan dengan adat maupun agama

3.       A. salah, karena judul materi tersebut kurang tepat jika diangkat menjadi Topik untuk pembelajaran IPS yang berkaitan dengan masalah kesadaran hukum dan pendidikan kesadaran hukum byang disampaikan guru IPS dalam pembelajaran di kelas
B. benar, karena dengan membayar pajak berarti masyarakat memiliki kesadaran terhadap hukum yang berlaku
C. salah, karena judul materi tersebut kurang tepat jika diangkat menjadi Topik untuk pembelajaran IPS yang berkaitan dengan masalah kesadaran hukum dan pendidikan kesadaran hukum byang disampaikan guru IPS dalam pembelajaran di kelas
D. salah, karena judul materi tersebut kurang tepat jika diangkat menjadi Topik untuk pembelajaran IPS yang berkaitan dengan masalah kesadaran hukum dan pendidikan kesadaran hukum byang disampaikan guru IPS dalam pembelajaran di kelas

4.       A. salah, karena tidak memenuhi langkah yang tepat untuk pendekatan kognitif yang berorientasi pada proses penelitian dengan proses inquiry
B. benar, karena dengan langkah pertama merumuskan masalah, kemudian membuat hipotesis, mengumpulkan data yang sesuai dan menyajikan kesimpulan merupakan Pembelajaran IPS dengan pendekatan kognitif yang berorientasi pada proses penelitian dengan proses inquiry
C. salah, karena tidak memenuhi langkah yang tepat untuk pendekatan kognitif yang berorientasi pada proses penelitian dengan proses inquiry
D. salah, karena tidak memenuhi langkah yang tepat untuk pendekatan kognitif yang berorientasi pada proses penelitian dengan proses inquiry

5.       A. salah, karena jawaban pada pilihan A bukan merupakan karakteristik pendekatan sosial menurut Goleman
B. benar, karena developmental dan practice (pengembangan dan latihan) menurut Goleman merupakan karakteristik pendekatan social
C. salah, karena jawaban pada pilihan C bukan merupakan karakteristik pendekatan sosial menurut Goleman
D. salah, karena jawaban pada pilihan D bukan merupakan karakteristik pendekatan sosial menurut Goleman

6.       A. salah, karena model elspositori , kajian nilai dan integratif konsep dan nilai tidak menunjukkan contoh gambar, kliping dari tokoh bidang-bidang tertentu
B. benar, karena model analitik keteladanan dalam pembelajaran IPS salah satu langkahnya adalah dengan menunjukkan gambar, kliping dari tokoh berbagai bidang, dan tempat
C. salah, karena model elspositori , kajian nilai dan integratif konsep dan nilai tidak menunjukkan contoh gambar, kliping dari tokoh bidang-bidang tertentu
D. salah, karena model elspositori , kajian nilai dan integratif konsep dan nilai tidak menunjukkan contoh gambar, kliping dari tokoh bidang-bidang tertentu

7.       A. benar, karena bentuk komunikasi dialogis melalui ceramah, peragaan dan tanyajawab adalah karakteristik model pendekatan ekspositori berorientasi nilai dan sikap
B. salah, merupakan model analitik keteladanan
C. salah, bukan model pendekatan ekspositori berorientasi nilai dan sikap
D. salah, bukan model pendekatan ekspositori berorientasi nilai dan sikap

8.       A. salah, karena garis besar program pembelajaran adalah payung dari perancangan pembelajaran
B. benar, karena struktur program merupakan langkah awal yang harus dilakukan dalam perancangan metode pembelajaran IPS di SD dengan pendekatan kognitif
C. salah, karena analisis materi pelajaran adalah rincian dari isi materi pelajaran, sedangkan
D. salah, karena sumber belajar adalah bagian (isi) dari perancangan pembelajaran

9.        A. salah, karena memberi bantuan cara melakukan diskusi adalah tugas guru dalam pendekatan social
B. salah, karena menciptakan iklim dan mengundang keterlibatan adalah ciri pendekatan personal
C. benar, karena mengandung aspek sosial untuk terciptanya diskusi kelas adalah salah satu ciri dalam merancang metode Pembelajaran IPS SD dengan pendekatan social
D. salah, karena membantu menyusun program adalah tahap dalam modifikasi prilaku

10.   A. benar, karena menciptakan iklim yang mengundang keterlibatan siswa merupakan ciri karakteristik Metode pendekatan personal dalam Pembelajaran IPS
B. salah, karena penyajian masalah sosial merupakan langkah ke 2 dalam Metode pendekatan personal
C. salah, karena pelaksanaan program bukan metode pendekatan personal
D. salah, karena pengenalan prinsip tingkah laku kedua jawaban tersebut merupakan metode pendekatan modifikasi prilaku

No comments:

Post a Comment