Monday, April 23, 2012

Kunci Jawaban Ujian Pend IPS di SD PDGK4106 (bagian 3)


1.       A. salah, karena kurang tepat jika dipilih sebagai langkah-langkah dalam tahap kegiatan pendekatan modifikasi prilaku
B. benar, karena pengenalan prinsip tingkah laku merupakan salah satu tahap dalam pendekatan modifikasi prilaku yang bertujuan agar siswa dapat memahami kesulitan yang dihadapi
C. salah, karena kurang tepat jika dipilih sebagai langkah-langkah dalam tahap kegiatan pendekatan modifikasi prilaku
D. salah, karena kurang tepat jika dipilih sebagai langkah-langkah dalam tahap kegiatan pendekatan modifikasi prilaku

2.       A. benar, karena tahap pendahuluan dalam merancang pendekatan ekspositori tugas guru adalah harus memancing pengalaman belajar yang relevan dengan materi pelajaran IPS
B. salah, karena pada tahap Penyajian dalam pendekatan ekspositori tidak memiliki ciri bahwa guru harus memancing pengalaman belajar yang relevan dengan materi pelajaran IPS
C. salah, karena pada tahap umpanbalik dalam pendekatan ekspositori tidak memiliki ciri bahwa guru harus memancing pengalaman belajar yang relevan dengan materi pelajaran IPS
D. salah, karena pada tahap penutup dalam pendekatan ekspositori tidak memiliki ciri bahwa guru harus memancing pengalaman belajar yang relevan dengan materi pelajaran IPS

3.       A. salah, karena penyajian masalah bukan tahap dalam metode Inquiry dalam Pembelajaran IPS SD dengan pendekatan kognitif dimana guru perlu membuktikan hakikat objek dan kondisi serta menyelidiki peristiwa masalah
B. benar, karena mengumpulkan dan verifikasi data merupakan tahap dalam metode Inquiry dalam Pembelajaran IPS SD dengan pendekatan kognitif dimana guru perlu membuktikan hakikat objek dan kondisi serta menyelidiki peristiwa masalah
C. salah, karena mengumpulkan unsur baru bukan tahap dalam metode Inquiry dalam Pembelajaran IPS SD dengan pendekatan kognitif dimana guru perlu membuktikan hakikat objek dan kondisi serta menyelidiki peristiwa masalah
D. salah, karena merumuskan penjelasan bukan tahap dalam metode Inquiry dalam Pembelajaran IPS SD dengan pendekatan kognitif dimana guru perlu membuktikan hakikat objek dan kondisi serta menyelidiki peristiwa masalah

4.       A. benar, menetapkan masalah sosial sebagai pokok bahasan dengan topik yang menarik, merumuskan masalah dan membatasi ruang lingkup permasalahan proses ini dalam latihan inquiry pembelajaran IPS yang berlandaskan pendekatan sosial berada pada tahap orientasi
B. salah, karena tahap Hipotesis, Definisi dan eksplorasi tidak berisi langkah-langkah tersebut
C. salah, karena tahap Hipotesis, Definisi dan eksplorasi tidak berisi langkah-langkah tersebut
D. salah, karena tahap Hipotesis, Definisi dan eksplorasi tidak berisi langkah-langkah tersebut

5.       A.  benar, menciptakan iklim yang mengundang keterlibatan siswa merupakan tugas guru dalam salah satu langkah perencanaan pembelajaran IPS SD dengan pendekatan personal
B. salah, karena bukan termasuk dalam salah satu langkah dalam pendekatan personal pembelajaran IPS
C. salah, karena bukan termasuk dalam salah satu langkah dalam pendekatan personal pembelajaran IPS
D. salah, karena bukan termasuk dalam salah satu langkah dalam pendekatan personal pembelajaran IPS

6.       A. salah, karena bukan merupakan tahap pendahuluan dalam model pendekatan ekspositori
B. benar, karena memancing pengalaman siswa yang relevan dengan materi pelajaran merupakan tahap pendahuluan dengan model pendekatan ekspositori dalam metode Pembelajaran IPS SD
C. salah, karena bukan merupakan tahap pendahuluan dalam model pendekatan ekspositori
D. salah, karena bukan merupakan tahap pendahuluan dalam model pendekatan ekspositori

7.       A. salah, karena merupakan langkah dalam merancang alat evaluasi pembelajaran IPS
B. salah, karena merupakan langkah dalam merancang alat evaluasi pembelajaran IPS
C. benar, karena langkah menentukan siswa peserta tes bukan merupakan salah satu langkah dalam merancang alat evaluasi pembelajaran
D. salah, karena merupakan langkah dalam merancang alat evaluasi pembelajaran IPS

8.       A. salah, karena menggunakan kata kerja mendemonstrasikan, menunjukkan, menuliskan, menggambarkan dan mengklasifikasikan
B. benar, karena ranah kognitif untuk tingkat berpikir Application (penerapan) digunakan kata kerja mendemonstrasikan, menunjukkan, menuliskan, menggambarkan dan mengklasifikasikan
C. salah, karena menggunakan kata kerja mendemonstrasikan, menunjukkan, menuliskan, menggambarkan dan mengklasifikasikan
D. salah, karena menggunakan kata kerja mendemonstrasikan, menunjukkan, menuliskan, menggambarkan dan mengklasifikasikan

9.       A. salah, karena merupakan alat evaluasi untuk mengukur aspek nilai dan sikap dalam ranah afektif
B. salah, karena merupakan alat evaluasi untuk mengukur aspek nilai dan sikap dalam ranah afektif
C. salah, karena merupakan alat evaluasi untuk mengukur aspek nilai dan sikap dalam ranah afektif
D. benar, karena Survey bukan merupakan alat evaluasi untuk mengukur aspek nilai dan sikap dalam ranah afektif

10.   A. benar, karena mendeskripsikan profil penduduk di Indonesia dengan grafik merupakan hasil belajar dalam yang sesuai untuk merancang alat evaluasi hasil belajar IPS di SD aspek keterampilan untuk materi pokok “Penduduk Indonesia”
B. salah, keterampilan tersebut kurang tepat untuk menilai topik tersebut
C. salah, keterampilan tersebut kurang tepat untuk menilai topik tersebut
D. salah, keterampilan tersebut kurang tepat untuk menilai topik tersebut

1 comment: