1.
A. salah, karena kurang tepat jika dipilih
sebagai langkah-langkah dalam tahap kegiatan pendekatan modifikasi prilaku
B. benar,
karena pengenalan prinsip tingkah laku merupakan salah satu tahap dalam
pendekatan modifikasi prilaku yang bertujuan agar siswa dapat memahami
kesulitan yang dihadapi
C. salah, karena kurang tepat jika dipilih
sebagai langkah-langkah dalam tahap kegiatan pendekatan modifikasi prilaku
D. salah, karena kurang tepat jika dipilih
sebagai langkah-langkah dalam tahap kegiatan pendekatan modifikasi prilaku
2. A. benar, karena tahap pendahuluan dalam
merancang pendekatan ekspositori tugas guru adalah harus memancing pengalaman
belajar yang relevan dengan materi pelajaran IPS
B. salah, karena pada tahap Penyajian dalam
pendekatan ekspositori tidak memiliki ciri bahwa guru harus memancing
pengalaman belajar yang relevan dengan materi pelajaran IPS
C. salah, karena pada tahap umpanbalik
dalam pendekatan ekspositori tidak memiliki ciri bahwa guru harus memancing
pengalaman belajar yang relevan dengan materi pelajaran IPS
D. salah, karena pada tahap penutup dalam
pendekatan ekspositori tidak memiliki ciri bahwa guru harus memancing pengalaman
belajar yang relevan dengan materi pelajaran IPS
3.
A. salah, karena penyajian masalah bukan tahap
dalam metode Inquiry dalam Pembelajaran IPS SD dengan pendekatan kognitif
dimana guru perlu membuktikan hakikat objek dan kondisi serta menyelidiki
peristiwa masalah
B. benar,
karena mengumpulkan dan verifikasi data merupakan tahap dalam metode Inquiry
dalam Pembelajaran IPS SD dengan pendekatan kognitif dimana guru perlu
membuktikan hakikat objek dan kondisi serta menyelidiki peristiwa masalah
C. salah, karena mengumpulkan unsur baru
bukan tahap dalam metode Inquiry dalam Pembelajaran IPS SD dengan pendekatan
kognitif dimana guru perlu membuktikan hakikat objek dan kondisi serta
menyelidiki peristiwa masalah
D. salah, karena merumuskan penjelasan
bukan tahap dalam metode Inquiry dalam Pembelajaran IPS SD dengan pendekatan
kognitif dimana guru perlu membuktikan hakikat objek dan kondisi serta
menyelidiki peristiwa masalah
4. A. benar, menetapkan masalah sosial sebagai
pokok bahasan dengan topik yang menarik, merumuskan masalah dan membatasi ruang
lingkup permasalahan proses ini dalam latihan inquiry pembelajaran IPS yang
berlandaskan pendekatan sosial berada pada tahap orientasi
B. salah, karena tahap Hipotesis, Definisi
dan eksplorasi tidak berisi langkah-langkah tersebut
C. salah, karena tahap Hipotesis, Definisi
dan eksplorasi tidak berisi langkah-langkah tersebut
D. salah, karena tahap Hipotesis, Definisi
dan eksplorasi tidak berisi langkah-langkah tersebut
5. A. benar,
menciptakan iklim yang mengundang keterlibatan siswa merupakan tugas guru dalam
salah satu langkah perencanaan pembelajaran IPS SD dengan pendekatan personal
B. salah, karena bukan termasuk dalam salah
satu langkah dalam pendekatan personal pembelajaran IPS
C. salah, karena bukan termasuk dalam salah
satu langkah dalam pendekatan personal pembelajaran IPS
D. salah, karena bukan termasuk dalam salah
satu langkah dalam pendekatan personal pembelajaran IPS
6.
A. salah, karena bukan merupakan tahap
pendahuluan dalam model pendekatan ekspositori
B. benar,
karena memancing pengalaman siswa yang relevan dengan materi pelajaran
merupakan tahap pendahuluan dengan model pendekatan ekspositori dalam metode
Pembelajaran IPS SD
C. salah, karena bukan merupakan tahap
pendahuluan dalam model pendekatan ekspositori
D. salah, karena bukan merupakan tahap
pendahuluan dalam model pendekatan ekspositori
7.
A. salah, karena merupakan langkah dalam
merancang alat evaluasi pembelajaran IPS
B. salah, karena merupakan langkah dalam
merancang alat evaluasi pembelajaran IPS
C. benar,
karena langkah menentukan siswa peserta tes bukan merupakan salah satu langkah dalam
merancang alat evaluasi pembelajaran
D. salah, karena merupakan langkah dalam
merancang alat evaluasi pembelajaran IPS
8.
A. salah, karena menggunakan kata kerja
mendemonstrasikan, menunjukkan, menuliskan, menggambarkan dan
mengklasifikasikan
B. benar,
karena ranah kognitif untuk tingkat berpikir Application (penerapan) digunakan
kata kerja mendemonstrasikan, menunjukkan, menuliskan, menggambarkan dan
mengklasifikasikan
C. salah, karena menggunakan kata kerja
mendemonstrasikan, menunjukkan, menuliskan, menggambarkan dan
mengklasifikasikan
D. salah, karena menggunakan kata kerja
mendemonstrasikan, menunjukkan, menuliskan, menggambarkan dan
mengklasifikasikan
9.
A. salah, karena merupakan alat evaluasi untuk
mengukur aspek nilai dan sikap dalam ranah afektif
B. salah, karena merupakan alat evaluasi
untuk mengukur aspek nilai dan sikap dalam ranah afektif
C. salah, karena merupakan alat evaluasi
untuk mengukur aspek nilai dan sikap dalam ranah afektif
D. benar,
karena Survey bukan merupakan alat evaluasi untuk mengukur aspek nilai dan
sikap dalam ranah afektif
10. A. benar, karena mendeskripsikan profil
penduduk di Indonesia dengan grafik merupakan hasil belajar dalam yang sesuai
untuk merancang alat evaluasi hasil belajar IPS di SD aspek keterampilan untuk
materi pokok “Penduduk Indonesia”
B. salah, keterampilan tersebut kurang
tepat untuk menilai topik tersebut
C. salah, keterampilan tersebut kurang
tepat untuk menilai topik tersebut
D. salah, keterampilan tersebut kurang tepat
untuk menilai topik tersebut
Nomor 31-50 kok gak ada jawabane
ReplyDelete