Tuesday, February 9, 2016

PKn modul 5 KB 1 politik Dan strategic nasional

MODUL 5
POLITIK DAN STRATEGI NASIONAL

KB 1
PENGERTIAN DAN LANDASAN POLITIK DAN STRATEGI NASIONAL ( POLSTRANAS )

Politik nasional adalah asas, haluan dan kebijaksanaan negara tentang pembinaan serta penggunaan potensi nasional dalam bangsa untuk mencapai tujuan nasional. Pengertian tersebut dibatasi oleh dua konsep politik. Konsep pertama adalah politik sebagai kepentingan umum yang memiliki arti medan/area tempat keseluruhan individu atau kelompok individu bergerak dan masing  masing mempunyai kepentingan atau idenya sendiri. Konsep yang kedua adalah politik dalam arti kebijaksanaan yang berarti penggunaan pertimbangan -  pertimbangan tertentu yang dianggap lebih menjamin terlaksananya suatu usaha, cita  cita, keinginan atau keadaan yang kita kehendaki. Politik nasional mencakup politik dalam negeri, politik luar negeri yang bebas aktif, politik ekonomi, politik pertahanan dan keamanan. Faktor yang mempengaruhi politik nasional ialah ideologi dan politik, ekonomi, sosial budaya dan Hankam.
Beberapa pengertian strategi dari berbagai pendapat para tokoh :
Menurut Karl Von Clausewitz dari Rusia berpendapat bahwa strategi adalah pengetahuan tentang penggunaan pertempuran untuk kepentingan perang
Menurut Antoine Henri Jomini dari Swiss berpendapat bahawa strategi adalah seni menyelenggarakan perang di atas peta dan meliputi seluruh kawasan operasi.
Menurut Liddle Hart dari Inggris, strategi adalah seni untuk mendistribusikan dan menggunakan sarana  sarana militer untuk mencapai tujuan politik.

Stranas adalah  tata cara  untuk melaksanakan politik/kebijaksanaan nasional untuk mencapai sasaran dan tujuan nasional.
Tujuan Nasional adalah pernyataan kondisi untuk waktu yang akan datang yang sangat diinginkan oleh suatu bangsa yang terumus dalam pengertian kualitatif dengan batas  batas yang dapat diukur ke arah mana bangsa memusatkan segenap usahanya, melalui sejumlah sasaran Nasional. Sasaran Nasional adalah suatu kondisi nyata yang hendak dicapai dengan melibatkan segenap usaha dan sumber kemampuan nasional yang tersedia pada saat Sasaran Nasional tersebut ditetapkan melalui kebijaksanaan nasional yang kemudian diwujudkan dengan cara melaksanakan sejumlah kegiatan nasional secara berlanjut.

Kebijaksanaan nasional ( National Policies ) yaitu rencana alokasi sumber kemampuan bangsa, dari rincian langkah  langkah dan tahapan waktu yang diperlukan untuk mencapai sasaran nasional. Sasaran nasional ( National Objectives ) yaitu kondisi nyata yang hendak dicapai dengan melibatkan usaha dan sumber kemampuan yang tersedia yang telah ditetapkan melalui kebijaksanaan nasional. Sasaran nasional ini kemudian diwujudkan melalui sejumlah kegiatan nasional ( National Commitment ). Landasan politik dan strategi nasional ialah Tannas, Wasantara, UUD 1945 dan pancasila. Sistem Perencanaan Strategi Nasional ( SISRENSTRA ) adalah perangkat untuk mengendalikan seluruh tingkat perencanaan dalam upaya mencapai sasaran nasional. Sedangkan perencanaan strategi adalah perencanaan untuk menghadapi masa depan. Di dalam hakikat perencanaan ada 6 komponen yang perlu diketahui, diantaranya : kondisi nyata saat ini, sasaran yang harus dicapai, faktor  faktor ketidakpastian, faktor ancaman, faktor keterbatasan sumber daya, bayangan masa depan yang diinginkan.

Sistem perencanaan strategik adalah perangkat untuk mengendalikan seluruh tingkat perencanaan dalam upaya mencapai sasaran nasional. Untuk itu, diperlukan perencanaan strategik guna menghadapi masa depan yang merupakan alternatif strategi terbaik dalam menghadapi ATHG yang mungkin timbul demi membangun kemampuan dan ketangguhan. Dalam merencanakan masa depan tersebut dilakukan secara berjenjang, yaitu sebagai berikut :
Rencana jangka panjang ( 10  25 tahun ), pola umum pembangunan nasional
Rencana jangka sedang ( menengah ) 5 tahun ( rencana pembangunan 5 tahun )
Rencana jangka pendek ( 1 tahun ) program pembangunan tahunan.

Ketiganya merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan.

No comments:

Post a Comment