Wednesday, December 26, 2012

Kunci Jawaban Pendidikan Lingkungan Hidup PEBI4223 (bagian 4)


No 31.
1 dan 3 benar. Menurut Budiharjo, loksi pemukiman yang baik ditinjau dari tataguna tanahnya yaitu bukan daerah persawahan dan perkebunan yang baik, serta bukan daerah resapan air tanah, penampun air hujan, dan penahan air laut.

No 32.
2 dan 3 benar. Tanaman penutup lahan yang digunakan pada taah pertanian konservasi umumnya jenis kacang-kacangan yang cepat tumbuh dan merambat yang sifatnya antara lain memperlambat aliran permukaan, meningkatkan kelembaban tanah, dan sebagai sumber unsur hara.

No 33.
1, 2 dan 3 benar. Manusia memanfaatkan atmosfer sebagai media llingkungan berupa sumber udara pernapasan, tempat buangan limbah gas yang dapaat mempengaruhi kesehatan, dan uap airnya dapat menentukan perubahan cuaca.

No 34.
1, 2 dan 3 benar. Benda partikulat disebut asam atau jelaga yang mudah terasa, dan yang paling berbahaya adalah partikel halusnya yan gdapat menembus bagian terdalam paru-paru. Partikel ini terbentuk dengan pencemar lain terutama SO2 dan NO yang berubah menjadi sulfat dan nitrat.

No 35.
2 dan 3 benar . Berkurangnya tanaman di bumi akan menyebabkan konsentrasi CO2 di udara menjadi tinggi sehingga akanterjadi pemanasan global. Akibatnya es-es di puncak gunung mencair dan mengalir ke daerah rendah hingga ke laut yang menyebabkan permukaannya naik.

No 36.
1 dan 2 benar. Pencemaran udara dapaat menyebabkan penyakit pada pernapasan , kanker kuit, leukemia, selaput mata dsb.

No 37.
1, 2 dan 3 benar.

No 38.
1 dan 3 benar. Pada pola kurva J, pertumbuhan populasi tidak dapat berlangsung terus jika sumber daya alam terbatas.

No 39.
2 dan 3 benar. Dinamika populasi penduduk ditinjau dari kualitas diantaranya menjaga kelestarian alam dan mempunyai tempat tinggal yang nyaman, sementara pemindahan penduduk berkaitan denan jumlah atau kuantitas.

No 40.
1 dan 2 benar. berdasarkan perubahan dalam perkembangan pola hidup dan kebudayaan serta tingkat pertumbuhan populasinya, masyarakat petani cendrung menggunakan energi banyak dalam aktivitasnya serta mulai banyak yang berpindah ke daerah perkotaan.

No comments:

Post a Comment