Wednesday, December 26, 2012

Kunci Jawaban Pendidikan Lingkungan Hidup PEBI4223 (bagian 3)


No 21.
1,2 dan 3 benar. Sumber daya alam yang terbaharui merupakan matei yang ketersediaannya tidak terbatas, dapat didaur ulang dan dapat menjadi sumber daya alam yang tidak terbaharui jika penggunaannya lebih cepat daripada kemampuannya untuk diperbaharui atau mendapat tekanan lingkungan yang sangat ekstrim.

No 22.
1 dan 2 benar. Emas murni dan fosil tidak dapat diperbaharui jika penggunaannya dilakukan terus menerus tanpa batas.

No 23.
2 dan 3 benar. Aliran energi maupun materi terjadi melalui aktivitas makan memakan pada rantai makanan dan jaring makanan.

No 24.
1, 2 dan 3 benar. Hubungan manusia dengan sumber daya alam dipengaruhi oleh tingkat pertumbuhan populasi dan kultur atau budaya masyarakatnya.

No 25.
1, 2 dan 3 benar. Penggundulan hutan, reboisasi daerah yang rusak, maupun pembukaanpemukiman pada daerah resapan air merupakan hubungan antara manusia dengan sumber daya alam baik.

No 26.
2 dan 3 benar. Pengolahan limbah cair yang dihasilkan dari pabrik farmasi memerlukan cara pengolahan yang memerlukan teknik khusus dan biaya yang cukup tinggi.

No 27.
1 dan 3 benar. Jumlah es (air beku) di alam lebih banyak daripada air tawar yang terdapat di danau, sungai atau air tanah.

No 28.
2 dan 3 benar. Membuat kolam penampungan air buangan rumah tangga untuk diolah bukan merupakan perilaku masyarakat untuk mengolah pencemaran karena menentukan penanganan yang lebih khusus.

 No 29.
1 dan 2 benar. Sebetulnya air termasuk bahan komposisi tanah tetapi prosentasenya bukan yang terbesar.

No 30.
1 dan 3 benar. Nitrogen di alam tidak dapat dimanfaatkan secara langsung oelh tumbuhan maupun hewan, tetapi dengan adanya siklus nitrogen di alam maka nitrogen akan berada dalam bentuk yang sesuai seperti yang dibutuhkan.

No comments:

Post a Comment