No 21.
a.
Salah, sebab persyaratan siswa merupakan salah
satu faktor anak didik yang diperhatian dlam SMP tingkat
b.
Salah, sebab pakaian siswa merupakan salah satu
factor yang diperhatikan dalam SPM tingkat SMP
c.
Benar, sebab masalah biaya sekolah siswa
tidak tercantum dalam SPM tingkat SMPC.
d.
Salah, sebab menurut SPM di tingkat SMP, unit
kegiatan siswa merupakan factor anak didik harus diperhatian
No 22.
a.
Benar, sebab yang menjadi factor
penghambat dalam pelaksanaan MBS adalah belum adanya kesiapan personal sekolah
untuk melaksanakan MBS
b.
Salah, sebab tingginya dana pengelolaan
tergantung dari masing-masing sekolah sehingga tidak menjadi factor penghambat
dalam melaksanakan MBS
c.
Salah, sebab pelaksanaan MBS di sekolah-sekolah
tidak tergantung pada kesiapan pemerintah pusat
d.
Salah , sebab pelaksanaan MBS merupakan
kebutuhan masing-masing sekolah sehingga ada anggapan bahwa MBS tidak sesuai
dengan system persekolahan, bukan merupakan masalah
No 23.
a.
Salah, sebab training kemampuan professional
tenaga pendidikan dilakukan untuk meningkatkan kemampuan / kemandirian personil
sekolah
b.
Salah, sebab traning kelompok kerja pengembangan
dan pendampingan MBS memberi kemampuan agar peserta dapat menjadi pendamping
bagi sekolah yang akan merintis MBS
c.
Benar, sebab untuk meningkatkan kemampuan
dalam mengambil keputusan seorang kepala sekolah harus mengikuti workshop
manajemen MBS
d.
Salah sebab workshop tentang standar pendidikan
nasional adalah untuk memberi pemahaman para peserta agar memiliki pemahaman
tentang SPN
No 24.
a.
Benar, sebab Pasal 26 ayat 1dan 2 dlm UU
No. 20 thn 2003, berbunyi bahwa pemerintah pusat dan daerah bertanggungjawab
menyediakan anggaran pendidikan
b.
Salah, sebab pasal 47 ayat 1 dan 2 membahas
tentang sumber pendanaan pendidikan
c.
Salah, sebab pasal 48 ayat 1 berbunyi bahwa
pengelolaan dana pendidikan berdasarkan prinsip keadilan, efesiensi,
transparasi dan akuntabilitas public
d.
Salah, sebab pasal 49 ayat 1,2,3 dan 4
menyatakan dana pendidikan dialokasikan 20% dari APBN dan minimal 20% dari APBD
No 25.
a.
Salah, sebab pemberian bantuan biaya pendidikan
berdasarkan kondisi sosial ekonomi siswa tidak dijelaskan dalam prinsip
kecukupan
b.
Benar, sebab prinsip kecukupan dalam
memberikan layanan pendidikan dapat dilakukan dengan menghitung satuan biaya
peranak sesuai tingkat tingkat sekolah
c.
Salah, sebab menghitung penerimaan sekolah dari
pemerintah dibagi berdasarkan jenjang dan jenis sekolah tidak termasuk dalam
prinsip kecukupan
d.
Salah, sebab prinsip kecukupan tidak dihitung
dari biaya minimal
No 26.
a.
Benar, sebab bila efektifitas
profesionalisme guru dan tenaga pendidikan sudah baik, untuk mempertahankan
kondisi tersebut perlu dilakukan pengawasan
b.
Salah, sebab bila profesionalisme guru dan
tenaga pendidikan sudah efektif tidak perlu lagi dibuka lembaga pelatihan guru
dan tenaga pendidikan
c.
Salah, sebab peraturan kebijakan penagadaan
sarana dan prasarana tidak ada kaitannya dengan efektifitas profesionalisme
guru dan tenaga pendidikan
d.
Salah, sebab bila efektifitas profesionalisme
guru dan tenaga pendidikan sudah baik perlu dilakukan monitoring dan evaluasi
namun bukan mengenai MBS
No 27.
a.
Benar, sebab definisi MBS tersebut
menurut pendapat Mellen,Ogawa dan Kranz
b.
Salah sebab menurut Neal, MBS adalah sekolah
yang berdasarkan penelitian, komitmen dan struktur tertentu dan pengoperasian
sekolah menggunakan metode desentralistik
c.
Salah, sebab menurut MBS adalaha satu bentuk
organisasi manajemen sekolah dan pembuat keputusan harian dibuat oleh unit yang
ada dalam system tersebut
d.
Salah, sebab menurut depdiknas MBS adalaha
bentuk otonomi manajemen pendidikan pada satuan pendidikan meliputi kepala
sekolah dibantu oleh komite sekolah dan guru
No 28.
a.
Salah, sebab meningkatkan akuntabilitas sekolah
dan komitmen stekholder artinya sekolah tidak bertanggungjawab secara
administrative
b.
Benar, sebab meningkatkan akuntabilitas
sekolah dan komitmen stekholder artinya pertanggungjawaban diberikan pada
berbagai pihak internal dan external
c.
Salah, sebab dewan pendidikan dan komite sekolah
tidak bertanggungjawab atas pelaksanaan pembelajaran
d.
Salah, sebab sekolah bukan satu-satunya yang
bertanggungjawab atas peningkatan mutu sekolah
No 29.
a.
Benar, sebab input yang sangat mempengaruhi
mutu pendidikan adalah tenaga pendidikan
b.
Salah, sebab biaya pendidikan tidak langsung
mempengaruhi proses mutu pendidikan
c.
Salah, sebab kurikulum tidak secara langsung
mempengaruhi mutu pendidikan tetapi harus dirancang oleh guru dalam bentuk RP
d.
Salah, sebab teknologi dapat mempengaruhi proses
mutu pendidikan apa bila guru menggunakannya dalam pembelajaran
No 30.
a.
Salah, sebab mutu absolute artinya mutu dianggap
sebagai suatu yang ideal
b.
Benar sebab bila pendidikan ditentukan
berdasarkan kebutuhan dan syarat yang dikehendaki oleh pelanggan
c.
Salah, sebab tidak ada konsep mutu pendidikan
menurut stakeholder
d.
Salah, sebab mutu konsumen artinya kepuasan
konsumen dianggap sebagai penentu akhir
No comments:
Post a Comment