Thursday, September 13, 2012

Soal Ujian Materi dan Pembelajaran PKn PDGK4401 (bagian 1)


No 1.
Hasil penelitian Cogan yang berhasil mengidentifikasi delapan karakteristik yang perlu dimiliki warga negara sehubungan dengan semakin beratnya tantangan yang harus dihadapi di masa mendatang. Karakteristik warga negara tersebut meliputi, kecuali…
A.      Kemampuan mengenal dan mendekati masalah sebagai warga masyarakat global
B.      Kemampuan bekerjasama dengan orang lain dan memikul tanggung jawab atas peran atau kewajibannya dalam masyarakat
C.      Kemampuan untuk memahami, menerima, dan menghormati perbedaan-perbedaan budaya
D.      Kemampuan berpikir kritis dan ekstrimis

No 2.
Suatu sistem yang merujuk pada orang-orang yang menjadi subyek dalam penyelenggaraan kehidupan bernegara, yang terdiri atas pemerintah’ dan ‘yang diperintah’. Kedua jenis subyek ini yaitu pemerintah dan yang diperintah pada dasarnya memiliki atribut yang sama, yaitu sebagai warga negara, namun dalam fungsinya yang berlainan. Dari perspektif demokrasi, yang disebut pertama adalah pemegang mandat atau amanat dengan seperangkat wewenangnya untuk mengelola kepentingan bersama dan mewujudkan tujuan bersama. Yang kedua adalah pemberi mandat, pemegang kedaulatan, merupakan system….
A.      Sistem personal
B.      Sistem kelembagaan
C.      Sistem normative
D.      Sistem kewilayahan

No 3.
Portofolio dalam pembelajaran PKn merupakan kumpulan informasi yang tersusun dengan baik yang menggambarkan rencana kelas siswa berkenaan dengan suatu isu kebijakan publik yang telah diputuskan untuk dikaji mereka, baik dalam kelompok kecil maupun kelas secara keseluruhan. Portofolio kelas berisi bahan-bahan seperti pernytaan-pernyataan tertulis, peta, grafik, photgrafi, dan karya seni asli. Bahan-bahan tersebut menggambarkan hal-hal sebagai berikut, kecuali ... .
A.      hal-hal yang akan dipelajari siswa berkenaan dengan suatu masalah yang telah mereka pilih
B.      hal-hal yang terlah dipelajari siswa berkenaan dengan alternatif-alternatif pemecahan terhadap masalah tersebut
C.      kebijakan publik yang telah dipilih atau dibuat oleh siswa untuk mengatasi masalah tersebut
D.      rencana tindakan yang telah dibuat siswa untuk digunakan dalam mengusahakan agar pemerintah menerima kebijakan yang mereka usulkan


No 4.
Dalam usaha mencapai tugas-tugas pembelajaran portofolio ini ditempuh melalui enam tahap kegiatan, tahap kedua membahas tentang ….
A.      Mengidentifikasi Masalah Kebijakan Publik Di Masyarakat
B.      Memilih Satu Masalah Untuk Kajian Kelas
C.      Mengumpulkan Informasi Tentang Masalah Yang Akan Dikaji Kelas
D.      Membuat Portofolio Kelas

No 5.
Dalam kelompok portofolio yang bertanggung jawab untuk menjelaskan masalah yang telah dipilih untuk dikaji oleh kelas. Kelompok ini pun harus menjelaskan mengapa masalah tersebut penting dan mengapa lembaga pemerintahan tersebut harus menangani masalah tersebut, merupakan tugas dari kelompok….
A.      Kelompok portofolio Satu: Menjelaskan Masalah
B.      Kelompok Portofolio Dua: Menilai kebijakan alternatif yang diusulkan untuk memecahkan masalah
C.      Kelompok Portofolio Tiga: Membuat satu kebijakan publik yang akan didukung oleh kelas
D.      Kelompok Portofolio Empat: Membuat suatu rencana tindakan agar pemerintah mau menerima kebijakan kelas

No 6.
Penilaian portofolio dilakukan terhadap dua hal, yaitu portofolio masing-masing dari keempat kelompok portofolio, dan portofolio keseluruhan (kelas). Untuk menilai portofolio kelompok (1 - 4), digunakan kriteria berikut, kecuali…..
A.      Kelengkapan, Apakah setiap seksi memuat bahan-bahan yang diuraikan pada deskripsi tugas setiap kelompok di atas? Apakah para siswa memasukkan bahan-bahan lebih dari yang diperlukan?
B.      Kejelasan, Apakah portofolio siswa tersusun dengan baik? Apakah portofolio siswa ditulis dengan jelas, menggunakan tata bahasa dan ejaan yang benar? Apakah gagasan-gagasan utama dan argumen-argumen di dalamnya mudah dipahami?
C.      Informasi, Apakah informasinya akurat? Apakah informasinya memuat fakta-fakta utama dan konsep-konsep penting? Apakah informasi yang siswa masukkan penting untuk memahami topik kajian?
D.      Bentuknya, apakah dijili datau tulis tangan?

No 7.
Manusia merupakan perjumlahan daripada beberapa kemampuan tertentu yang masing-masing bekerja tersendiri seperti kemampuan-kemampuan vegetatif yaitu makan dan berkembang biak, kemampuan sensitif yaitu kemampuan bergerak mengamat-amati, bernafsu dan perasaan, dan kemampuan intelektif yaitu berkemampuan berkecerdasan, merupakan pandangan tentang individu menurut…..
A.      Gerungan
B.      Lysen
C.      Aristoteles
D.      Descartes

No 8.
Kebenaran yang meliputi kebenaran dalam arti benar dalam kehidupan sehari-hari meliputi kebenaran menurut agama, hukum, dan ilmu pengetahuan dalam Catur Purusa Artha yaitu merupakan arti dari….
A.      Dharma
B.      Artha
C.      Kama
D.      Moksa

No 9.
Berikut ini merupakan pernyataan yang berkaitan dengan individu sebagai makhluk social, kecuali….
A.      Manusia tak mungkin hidup tanpa bantuan orang lain dan selanjutnya dengan menggunakan daya pikirnya manusia berupaya bagaimana agar dapat memenuhi kebutuhan pokok, tentu memerlukan bantuan orang lain
B.      Untuk menjalin hubungan satu sama lain memerlukan aktivitas komunikasi. Karena kecenderungan manusia berkeinginan untuk hidup serasi sebagai timbal balik satu sama lain karena manusia mempunyai dua hasrat yaitu berkeinginan untuk menjadi satu dengan manusia lain di sekelilingnya
C.      berkeinginan untuk menjadi satu dengan suasana alam sekelilingnya
D.      dalam memenuhi kebutuhannnya manusia selalu mengedepankan sifat unutk berkuasa, sehingga dikenal dengan hukum rimba

No 10.
Suatu organisasi dalam suatu wilayah yang mempunyai kekuasaan tertinggi yang sah dan yang ditaati oleh rakyatnya, merupakan pandangan dari….
A.      Miriam Budiardjo
B.      Roger H. Soltau
C.      Harold J. Laski
D.      Max Weber

No comments:

Post a Comment