Thursday, September 13, 2012

Soal Ujian Materi dan Pembelajaran PKn PDGK4401 (bagian 5)


No 41.
Berikut ini pernyataan yang benar berkaitan dengan hak hukum, yaitu…..
A.      Jus in personam, yaitu hak atas suatu barang
B.      Jus in rem, yaitu hak untuk menuntut seseorang agar berbuat menurut suatu cara tertentu, yakni hak atas perbuatan seseorang lainnya
C.      Hak hukum mensyaratkan kewajiban hukum dari seseorang lainnya
D.      Hak hukum bagi seseorang tanpa suatu kewajiban hukum bagi seseorang lainnya

No 42.
Menurut pasal 4 UU nomor 8 tahun 1981 tentang Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP), Penyelidik adalah setiap pejabat polisi negara RI. Penyelidik mempunyai wewenang, kecuali…
A.      Menerima laporan atau pengaduan dari seseorang tentang adanya tindak Pidana
B.      Mencari keterangan dan barang bukti
C.      Menyuruh berhenti seorang yang dicurigai dan menanyakan serta memeriksa tanda pengenal diri
D.      Memutuskan sanksi bagi terpidana

No 43.
Khusus dalam bidang Pidana, kejaksaan mempunyai tugas dan wewenang untuk, kecuali….
A.      Menerima laporan atau pengaduan dari seseorang tentang adanya tindak Pidana
B.      Melaksanakan penetapan hakim dan putusan pengadilan
C.      Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan keputusan lepas bersyarat (yaitu keputusan yang dikeluarkan oleh menteri kehakiman)
D.      Melengkapi berkas perkara tertentu dan untuk itu dapat melakukan pemeriksaan tambahan sebelum dilimpahkan ke pengadilan yang dalam pelaksanaannya dikoordinasikan dengan penyidik

No 44.
Berdasar undang-undang nomor 7 tahun 1989, Peradilan yang bertugas dan berwewenang memeriksa perkara-perkara di tingkat pertama antara orang-orang yang beragama Islam di bidang: a) perkawinan; b) kewarisan, wasiat, dan hibah yang dilakukan berdasarkan hukum Islam; c) wakaf dan shodaqah, adalah….
A.      Peradilan agama
B.      Peradilan Militer
C.      Peradilan Tata Usaha Negara
D.      Peradilan umum

No 45.
Di Amerika, program pendidikan hukum merupakan bagian dari program pendidikan IPS, yang secara lebih khusus lagi merupakan bagian dari program pendidikan politik. Seperti dikutip oleh Bank, Sebagai hasil dari pendidikan hukum, siswa diharapkan dapat, kecuali….
A.      Mengembangkan pemahaman tentang hak-hak dan tanggung jawabnya yang ditegaskan oleh penguasa pada saat itu
B.      Memahami tuntutan masyarakat akan peraturan dan hukum, sumber-sumber hukum, perubahan hukum, dan sanksi hukum
C.      Memahami berbagai aspek hukum sipil yang mempengaruhi kehidupannya - hukum perkawinan dan perceraian, perjanjian/kontrak, asuransi, kesejahteraan sosial, pajak, dan lembaga bantuan hukum
D.      Memahami sistem peradilan, struktur organisasi dan fungsi lembaga penegak hukum

No 46.
Tingkat pertama dalam perkembangan moral Menurut Kohlberg, adalah….
A.      Orientasi hukuman dan kepatuhan. Konsepsi tentang baik dan buruk ditentukan oleh konsekuensi fisik tanpa memperhatikan makna atau nilai dari konsekuensi ini bagi individu
B.      Orientasi instrumental. Konsepsi tentang “baik” lebih ditentukan oleh kepuasan sendiri
C.      Orientasi keserasian antar personal. Apa yang menyenangkan atau membantu orang lain adalah “baik”
D.      Orientasi terhadap peraturan hukum dan ketertiban. Memelihara ketertiban sosial, menghormati kekuasaan, dan melak-sanakan kewajiban sendiri adalah “baik”. Orang dihargai karena mentaati peraturan, hukum, dan kekuasaan yang berlaku

No 47.
Pada dasarnya , inti dari manusia antar budaya adalah, kecuali….
A.      A.Warga negara Indonesia yang Memiliki pengetahuan, sikap dan prilaku yang tidak terbatas pada budaya tertentu
B.      B.Warga negara Indonesia yang Dapat hidup dalam masyarakat majemuk yang memiliki keragaman budaya
C.      Warga negara Indonesia yang Menghargai dan menghormati budaya yang beraneka ragam
D.      Warga Negara Indonesia yang selalu setia kepada kelompoknya, sehingga mengnggap kelompok lain lebih rendah

No 48.
DeVito, mengemukakan bahwa seorang manusia antarbudaya memiliki ciri-ciri berikut, kecuali…..
A.      Keterbukaan Seorang warganegara (manusia antar budaya) bersikap terbuka terhadap perbedaan yang ada di antara orang, terbuka terhadap perbedaan nilai, kepercayaan, sikap dan perilaku, yang harus disadari adalah bahwa orang itu berbeda
B.      Empati, Kita harus menempatkan diri pada posisi lawan bicara, yang berasal dari kultur yang berbeda, cara ini akan memungkinkan kita untuk lebih cepat memahami lawan bicara kita
C.      Sikap mendukung, seorang warga negara yang bercirikan manusia antarbudaya harus memiliki sikap mendukung, terhadap lawan bicara yang berbeda budaya
D.      Sikap fanatis, Sikap fanatic diperlukan untuk memperkuat kelompok atau golongannya

No 49.
Menurut Margaret S. Branson karakter warga negara adalah seperti berikut, kecuali….
A.      Keadaban (civility)
B.      Tanggung jawab individu dan kecenderungan untuk menerima tanggung jawab pribadi dan konsekwensi tindakan pribadi
C.      Disiplin diri dan penghormatan peraturan-peraturan untuk pemerintahan konstitusional (Amerika) tanpa perlu paksaan dari otoritas eksternal
D.      Rasa kewargaan (civic mindedness) dan kehendak untuk mendahulukan kepentingan golongan atau kelompoknya

No 50.
Dalam melaksanakan komunikasi antar sosial budaya banyak sekali hambatannya yaitu antara lain Perilaku kesukuan yang sempit akan menjadi kendala dalam memahami dan melakukan komunikasi antar budaya. Budaya etniknya sendiri akan dijadikan alat ukur untuk mengukur budaya orang lain, sehingga lahirlah fenomena bahwa “budaya etnik saya” lebih baik dan lebih tinggi, sementara budaya dari etnik lain berada “dibawah budaya etnik saya”, yaitu hambatan…..
A.      Etnosentrisme
B.      Rasa kedaerahan Kedaerahan yang berlebihan
C.      Persepsi yang keliru tentang otonomi daerah
D.      Fanatisme sempit

No comments:

Post a Comment