Thursday, September 13, 2012

Kunci Jawaban Ujian Materi dan Pembelajaran PKn PDGK4401 (bagian 1)


No 1.
a.         Salah, karena Kemampuan mengenal dan mendekati masalah sebagai warga masyarakat global merupakan Hasil penelitian Cogan yang berhasil mengidentifikasi delapan karakteristik yang perlu dimiliki warga negara sehubungan dengan semakin beratnya tantangan yang harus dihadapi di masa mendatang.
b.        Salah, karena Kemampuan bekerjasama dengan orang lain dan memikul tanggung jawab atas peran atau kewajibannya dalam masyarakat merupakan Hasil penelitian Cogan yang berhasil mengidentifikasi delapan karakteristik yang perlu dimiliki warga negara sehubungan dengan semakin beratnya tantangan yang harus dihadapi di masa mendatang.
c.         Salah, karena Kemampuan untuk memahami, menerima, dan menghormati perbedaan-perbedaan budayamerupakan Hasil penelitian Cogan yang berhasil mengidentifikasi delapan karakteristik yang perlu dimiliki warga negara sehubungan dengan semakin beratnya tantangan yang harus dihadapi di masa mendatang.
d.        Benar, karena Kemampuan berpikir kritis dan ekstrimis bukan merupakan Hasil penelitian Cogan yang berhasil mengidentifikasi delapan karakteristik yang perlu dimiliki warga negara sehubungan dengan semakin beratnya tantangan yang harus dihadapi di masa mendatang.

No 2.
a.        Benar, bahwa Sistem personal adalah suatu sistem yang merujuk pada orang-orang yang menjadi subyek dalam penyelenggaraan kehidupan bernegara, yang terdiri atas pemerintah’ dan ‘yang diperintah’.
b.        Salah, karena Sistem kelembagaan menunjuk kepada lembaga-lembaga negara dan lembaga-lembaga pemerintahan menurut Konstitusi dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Pemahaman terhadap lembaga-lembaga negara dan pemerintahan ini merupakan prasyarat dasar bagi warga negara untuk dapat berperan serta dalam kehidupan bernegara dan pemerintahan.
c.         Salah, karena sistem normatif adalah sistem hukum dan perundang-undangan yang mengatur tata hubungan negara dan warganegara. Pemahaman terhadap sistem hukum dan perundang-undangan yang berlaku, merupakan prasyarat bagi partisipasi warga negara secara nalar dan penuh tanggung jawab.
d.        Salah, karena sistem kewilayahan menunjuk kepada seluruh wilayah teritorial yang termasuk ke dalam yurisdiksi negara Indonesia.

No 3.
a.        Benar, hal-hal yang akan dipelajari siswa berkenaan dengan suatu masalah yang telah mereka pilih, bukan merupakan gambaran yang berkaitan dengan Portofolio kelas yang berisi bahan-bahan seperti pernyataan-pernyataan tertulis, peta, grafik, photografi, dan karya seni asli, yang benar adalah yang telah dilakukan bukan yang akan dilakukan oleh siswa
b.        Salah, karena hal-hal yang terlah dipelajari siswa berkenaan dengan alternatif-alternatif pemecahan terhadap masalah tersebut merupakan gambaran yang berkaitan dengan Portofolio kelas yang berisi bahan-bahan seperti pernyataan-pernyataan tertulis, peta, grafik, photografi, dan karya seni asli
c.         Salah, karena kebijakan publik yang telah dipilih atau dibuat oleh siswa untuk mengatasi masalah tersebut merupakan gambaran yang berkaitan dengan Portofolio kelas yang berisi bahan-bahan seperti pernyataan-pernyataan tertulis, peta, grafik, photografi, dan karya seni asli
d.        Salah, karena rencana tindakan yang telah dibuat siswa untuk digunakan dalam mengusahakan agar pemerintah menerima kebijakan yang mereka usulkan merupakan gambaran yang berkaitan dengan Portofolio kelas yang berisi bahan-bahan seperti pernyataan-pernyataan tertulis, peta, grafik, photografi, dan karya seni

No 4.
a.         Salah, karena Mengidentifikasi Masalah Kebijakan Publik Di Masyarakat merupakan tahap 1.
b.        Benar, karena Memilih Satu Masalah Untuk Kajian Kelas merupakan tahap 2.
c.         Salah, karena Mengumpulkan Informasi Tentang Masalah Yang Akan Dikaji Kelas merupakan tahap 3.
d.        Salah, karena Membuat Portofolio Kelas merupakan tahap 4.

No 5.
a.        Benar, karena Kelompok portofolio Satu: Menjelaskan Masalah. Kelompok portofolio satu ini bertanggung jawab untuk menjelaskan masalah yang telah dipilih untuk dikaji oleh kelas. Kelompok ini pun harus menjelaskan mengapa masalah tersebut penting dan mengapa lembaga pemerintahan tersebut harus menangani masalah tersebut.
b.        Salah, karena Kelompok Portofolio Dua: Menilai kebijakan alternatif yang diusulkan untuk memecahkan masalah. Kelompok ini bertanggung jawab untuk menjelaskan kebijakan saat ini dan/atau kebijakan alternatif yang dirancang untuk memecahkan masalah.
c.         Salah, karena Kelompok Portofolio Tiga: Membuat satu kebijakan publik yang akan didukung oleh kelas. Kelompok ini bertanggung jawab untuk membuat satu kebijakan publik tertentu yang disepakati untuk didukung oleh mayoritas kelas serta melakukan justifikasi terhadap kebijakan tersebut.
d.        Salah, karena Kelompok Portofolio Empat: Membuat suatu rencana tindakan agar pemerintah mau menerima kebijakan kelas. Kelompok ini bertanggung jawab untuk membuat suatu rencana tindakan yang menunjukkan bagaimana warga negara dapat mempengaruhi pemerintah untuk menerima kebijakan yang didukung oleh kelas.

No 6.
a.         Salah, karena Kelengkapan, Apakah setiap seksi memuat bahan-bahan yang diuraikan pada deskripsi tugas setiap kelompok di atas? Apakah para siswa memasukkan bahan-bahan lebih dari yang diperlukan?.
b.        Salah, karena Kejelasan, Apakah portofolio siswa tersusun dengan baik? Apakah portofolio siswa ditulis dengan jelas, menggunakan tata bahasa dan ejaan yang benar? Apakah gagasan-gagasan utama dan argumen-argumen di dalamnya mudah dipahami?.
c.         Salah, karena Informasi, Apakah informasinya akurat? Apakah informasinya memuat fakta-fakta utama dan konsep-konsep penting? Apakah informasi yang siswa masukkan penting untuk memahami topik kajian?.
d.        Benar, karena Bentuknya, apakah dijilid atau tulis tangan?

No 7.
a.         Salah, karena Gerungan, Individu berasal dari kata in-dividere artinya tidak dapat dibagi-bagikan.
b.        Salah, karena Lysen, , individu adalah manusia yang berdiri sendiri, manusia perorangan Namun individu yang dimaksud adalah insan (manusia).
c.         Benar, bahwa Aristoteles berpendapat bahwa manusia merupakan perjumlahan daripada beberapa kemampuan tertentu yang masing-masing bekerja tersendiri seperti kemampuan-kemampuan vegetatif yaitu makan dan berkembang biak, kemampuan sensitif yaitu kemampuan bergerak mengamat-amati, bernafsu dan perasaan, dan kemampuan intelektif yaitu berkemampuan berkecerdasan.
d.        Salah, karena Descartes, bahwa manusia terdiri atas zat rohaniah ditambah zat materiil. Akan tetapi Wilhelm Wundt menegaskan bahwa jiwa manusia itu materiil merupakan suatu kesatuan jiwa raga yang berkegiatan sebagai keseluruhan. Jika manusia mengamati sesuatu, maka kita bukan hanya melihat sesuatu dengan alat mata kita, melainkan juga dengan seluruh minat dan minat perhatian yang kita curahkan kepada objek yang kita amati dipengaruhi oleh niat dan kebutuhan.

No 8.
a.        Benar, bahwa Dharma, artinya kebenaran yang meliputi kebenaran dalam arti benar dalam kehidupan sehari-hari meliputi kebenaran menurut agama, hukum, dan ilmu pengetahuan.
b.        Salah, karena Artha, artinya kebendaan, kekayaan, harta benda, termasuk sandang, pangan, papan, dan keperluan hidup pokok sehari-hari.
c.         Salah, karena Kama, artinya kenikmatan atau kepuasan hidup.
d.        Salah, karena Moksa, artinya kebahagiaan yang kekal abadi, karena bersatunya atman (roh) dengan Parama Atma (Sang Hyang Widhi Wasa/Tuhan Yang Maha Esa).

No 9.
a.         Salah, karena Manusia tak mungkin hidup tanpa bantuan orang lain dan selanjutnya dengan menggunakan daya pikirnya manusia berupaya bagaimana agar dapat memenuhi kebutuhan pokok, tentu memerlukan bantuan orang lain merupakan pernyataan yang berkaitan dengan individu sebagai makhluk sosial.
b.        Salah, karena Untuk menjalin hubungan satu sama lain memerlukan aktivitas komunikasi. Karena kecenderungan manusia berkeinginan untuk hidup serasi sebagai timbal balik satu sama lain karena manusia mempunyai dua hasrat yaitu berkeinginan untuk menjadi satu dengan manusia lain di sekelilingnya, merupakan pernyataan yang berkaitan dengan individu sebagai makhluk sosial.
c.         Salah, karena berkeinginan untuk menjadi satu dengan suasana alam sekelilingnya merupakan pernyataan yang berkaitan dengan individu sebagai makhluk sosial.
d.        Benar, bahwa dalam memenuhi kebutuhannnya manusia selalu mengedepankan sifat unutk berkuasa, sehingga dikenal dengan hukum rimba bukan merupakan pernyataan yang berkaitan dengan individu sebagai makhluk sosial.

No 10.
a.        Benar, bahwa Menurut Miriam Budiardjo, negara adalah suatu organisasi dalam suatu wilayah yang mempunyai kekuasaan tertinggi yang sah dan yang ditaati oleh rakyatnya.
b.        Salah, karena Menurut Roger H. Soltau, negara adalah alat (agency) atau wewenang (authority) yang mengatur atau mengendalikan persoalan-persoalan bersama, atas nama masyarakat.
c.         Salah, karena Menurut Harold J. Laski, negara adalah suatu masyarakat yang diintegrasikan karena mempunyai wewenang yang bersifat memaksa dan yang secara sah lebih agung daripada individu atau kelompok yang merupakan bagian dari masyarakat itu.
d.        Salah, karena Menurut Max Weber, negara adalah suatu masyarakat yang mempunyai monopoli dalam penggunaan kekerasan fisik secara sah dalam suatu wilayah.

No comments:

Post a Comment