Thursday, September 13, 2012

Kunci Jawaban Ujian Materi dan Pembelajaran PKn PDGK4401 (bagian 2)


No 11.
a.        Benar, bahwa Pasal 28 Kemerdekaan berserikat dan berkumpul, mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan dan sebagainya ditetapkan dengan undang-undang.
b.        Salah, karena Pasal 29 Negara berdasarkan atas Ketuhanan Yang Maha Esa, dan Negara menjamin kemerdekaan tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu.
c.         Salah, karena Pasal 30 Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan Negara dan Syarat-syarat tentang pembelaan diatur dengan undang-undang.
d.        Salah, karena Pasal 31 Tiap-tiap warga negara berhak mendapat pengajaran, dan Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pengajaran nasional, yang diatur dengan undang-undang.

No 12.
a.        Benar, bahwa a sense of identify adalah warga negara harus memiliki identitas atau jati diri sesuai dengan ideologi negaranya, seperti warga negara Indonesia, ia memiliki identitas sebagai insan Tuhan, insan yang peduli terhadap orang lain dan lingkungannya, dan loyal terhadap bangsa dan negaranya.
b.        Salah, karena the enjoyment of certain rights adalah Warga negara memiliki hak-hak tertentu, artinya warga negara mengetahui hak-haknya, dan pemerintah menjamin hak-hak warga negaranya.
c.         Salah, karena the fulfilment of corresponding obligations adalah Warga negara memiliki kewajiban-kewajiban yang menjadi keharusan, sehingga selalu menjaga keseimbangan antara kepentingan pribadi dengan kepentingan publik serta memiliki sikap tanggung jawab.
d.        Salah, karena a degree of interest and involvement in public affairs Warga negara memiliki sikap tanggung jawab untuk berpartisipasi demi kepentingan umum, sehingga merasa terpanggil untuk ikutserta dalam kegiatan-kegiatan yang bersifat kepentingan umum adalah.

No 13.
a.        Benar, bahwa yang bersifat materiil, misalnya, buku, model pakaian, bendera, lambang.
b.        Salah, karena yang bersifat imateriil, misalnya contoh kasus, ceritera, legenda, budaya.
c.         Salah, karena yang bersifat kondisional, misalnya suasana simulasi yang diciptakan sebelum atau pada saat Proses belajar berlangsung di kelas atau di tempat kejadian.
d.        Salah, karena yang bersifat personal , misalnya nama atau foto atau gambar tokoh masyarakat atau pahlawan, gambar atau foto atau nama presiden, raja.

No 14.
a.         Salah, karena Petani diwajibkan menyediakan 1/5 dari tanahnya yang akan ditanami oleh tanaman wajib, yang akan diperdagangkan oleh Pemerintah. Tanaman wajib itu berupa taruma (nila), tebu, tembakau, kopi merupakan pokok-pokok Peraturan Tanam Paksa.
b.        Salah, karena Hasil tanaman wajib diserahkan kepada pemerintah dengan harga yang telah ditetapkan oleh Pemerintah merupakan pokok-pokok Peraturan Tanam Paksa.
c.         Benar , karena Tanah yang dikenakan tanaman wajib harus ada pajak tanah, tetapi kecil bukan merupakan pokok-pokok Peraturan Tanam Paksa.
d.        Salah, karena Tenaga yang diperuntukkan bagi pemeliharaan tanaman wajib, tidak boleh melebihi tenaga kerja demi penggarapan tanah (sawah) merupakan pokok-pokok Peraturan Tanam Paksa.

No 15.
a.        Benar, bahwa Pendidikan Nasional Indonesia (PNI Baru). Sejak tahun 1932, organisasi ini dipimpin oleh Moh. Hatta, bertujuan melepaskan diri dari penjajahan untuk mencapai kemerdekaan dan menjunjung tinggi sikap nonkoperasi dengan pihak pemerintah Belanda.
b.        Salah, karena Partai Indonesia (Partindo). Organisasi ini dipimpin oleh Mr. Sartono dan pada hakikatnya merupakan kelanjutan dari PNI lama sehingga tujuannya pun sama ialah Indonesia merdeka. Secara spesifik, tujuan Partindo ialah: (1) perluasan hak-hak politik dan perteguhan keinginan menuju suatu pemerintah rakyat berdasarkan demokrasi; (2) perbaikan hubungan komunkasi dalam masyarakat; dan (3) perbaikan ekonomi rakyat.
c.         Salah, karena Gerakan Rakyat Indonesia (Gerindo). Didirikan di Jakarta tahun 1937 oleh mantan anggota Partindo sehingga tujuannya sama dengan Partindo. Perbedaannya, Gerindo menjunjung asas koperasi, ialah mau bekerja sama dengan pihak Pemerintah Hindia Belanda. Gerindo berusaha mencapai bentuk pemerintahan negara berdasarkan kemerdekaan di lapangan politik, ekonomi, dan sosial.
d.        Salah, karena Partai Persatuan Indonesia (Parpindo). Partai ini berusaha mencapai kemajuan ke arah suatu masyarakat dan bentuk negara yang tersusun menurut keinginan rakyat. Didirikan oleh orang-orang mantan anggota Gerindo termasuk peran Moh. Yamin dalam organisasi ini sangat besar. Dasar partai adalah (1) “Sosial-nasionalisme” (nasional bersendi atas persatuan Indonesia dan kedaulatan rakyat) dan (2) “Sosial-demokrasi”.

No 16.
a.         Salah, karena Perubahan yang terus-menerus merupakan sesuatu yang bersifat universal dan tidak dapat dihindari merupakan generalisasi yang penting dan hendaknya di ajukan ketika guru membelajarkan sejarah di kelas.
b.        Salah, karena Percepatan perubahan dalam masyarakat bervariasi menurut faktor-faktor, seperti nilai dari masyarakat, luasnya keragaman, dan frekuensi dalam komunikasi dengan budaya lain generalisasi yang penting dan hendaknya di ajukan ketika guru membelajarkan sejarah di kelas.
c.         Benar, bahwa Peristiwa masa lampau tidak mempengaruhi peristiwa masa kini bukan merupakan generalisasi yang penting dan hendaknya di ajukan ketika guru membelajarkan sejarah di kelas.
d.        Salah, karena Sejarah kebudayaan memberikan kerangka pemikiran dan tindakan dalam persoalan budaya hari ini generalisasi yang penting dan hendaknya di ajukan ketika guru membelajarkan sejarah di kelas.

No 17.
a.        Benar, bahwa tari Topeng dari Cirebon.
b.        Salah, bahwa tari Kipas dari Sulawesi Selatan.
c.         Salah, karena tari Piring dan tari Payung dari Sumatera Barat.
d.        Salah, karena Tari Jaipong Jawa Barat.

No 18.
a.         Salah, karena Tipe masyarakat berkebun yang amat sederhana dengan keladi dan ubi jalar sebagai tanaman pokoknya dalam kombinasi dengan berburu atau meramu; penanaman padi tak dirasakan; system dasar kemasyarakatannya berupa desa terpencil tanpa defferiansi dan stratifikasi yang berarti; Gelombang pengaruh kebudayaan menanam padi, kebudayaan perunggu, kebudayaan Hindu dan Agama Islam tidak dialami; Isolasi dibuka oleh Zending atau Missie. Contoh kebudayaan Mentawai di Pantai Utara irian Jaya.
b.        Salah, karena Tipe masayarakat pedesaan berdasarkan bercocok tanam di ladang atau di sawah dengan padi sebagai tanaman pokok; Sistem dasar kemasyarakatannya berupa “ Komunitas petani “ dengan defferiansi dan stratifikasi sosial yang sedang dan yang merasakan diri bagian bawah dari suatu kebudayaan yang lebih besar, dengan suatu kebuadayaan yang lebih besar dengan suatu bagian atas yang dianggap lebih halus dan beradab di dalam masyarakat kota. Masyarakat kota yang menjadi arah orientasinya itu mewujudkan suatu peradaban kepegawaian yang dibawa oleh system pemerintahan kolonial beserta Zending dan Missie atau oleh Pemerintah Republik Indonesia yang merdeka; gelombang pengaruh kebudayaan Hindu dan Islam tidak dialami. Contoh Kebudayaan Nias, Batak, Kalimantan tengah, Minahasa, Flores, dan Ambon.
c.         Benar, bahwa Tipe masyarakat pedesaan berdasarkan bercocok tanam di ladang atau di sawah dengan padi sebagai tanaman pokoknya; Sistem dasar kemasyarakatannya berupa desa komuniti petani dengan defferiansi dan stratifikasi sosial yang sedang; masyarakat kota yang menjadi arah orientasinya mewujudkan suatu peradaban bekas kerajaan berdagang dengan pengaruh yang kuat dari agama Islam, bercampur dengan suatu peradaban kepegawaian yang dibawa oleh system pemerintahan kolonial; gelombang pengaruh kebudayaan Hindu tidak dialami, atau hanya sedemikian kecilnya sehingga terhapus oleh pengaruh agama Islam. Contoh kebudayaan Aceh, Minangkabau, dan Makasar.
d.        Salah, karena Tipe masyarakat pedesaan berdasarkan bercocok tanam di sawah dengan padi sebagai tanaman pokoknya; system dasar kemasyarakatannya berupa kommuniti petani dengan differensiasi dan stratifikasi sosial yang agak kompleks; masyarakat kota yang menjadi arah orientasinya itu mewujudkan suatu peradaban bekas kerajaan pertanian bercampur dengan peradaban kepegawaian yang dibawa oleh system pemerintah kolonial; semua gelombang pengaruh kebudayaan asing dialami, atau seperti halnya pada kebudayaan Bali, gelombang pengaruh agama Islam hanya sejak setengah abad terakhir ini. Contoh kebudayaan Sunda, Jawa, dan Bali.

No 19.
a.         Salah, karena latar belakang sejarah merupakan salah satu unsure terbentuknya bangsa.
b.        Salah, karena pengalaman merupakan salah satu unsure terbentuknya bangsa.
c.         Salah, karena perjuangan dalam mencapai kemerdekaan merupakan salah satu unsure terbentuknya bangsa.
d.        Benar, bahwa status bukan merupakan salah satu unsure terbentuknya bangsa.

No 20.
a.         Salah, karena Setiap siswa sebaiknya memerankan peran yang berbeda sehingga penghayatannya terhadap nilai dan sikap menjadi lebih mantap merupakan rambu-rambu pelaksanaan Bermain peran.
b.        Salah, karena Jika pemahaman terhadap peran berlangsung lambat, guru dapat meminta siswa membuat scenario, sehingga permainan menjadi lebih lancar merupakan rambu-rambu pelaksanaan Bermain peran.
c.         Salah, karena Jika diperlukan, guru dapat memodelkan permainan peran, terutama peran-peran yang dianggap sukar untuk dihayati merupakan rambu-rambu pelaksanaan Bermain peran.
d.        Benar, bahwa Peran yang akan dimainkan haruslah tidak perlu menyeseuaikan dengan tingkat berpikir dan usia serta pengalaman siswa bukan merupakan rambu-rambu pelaksanaan Bermain peran.

No comments:

Post a Comment