Sunday, June 10, 2012

Soal Ujian Perspektif Pendidikan di SD PDGK4104 (bagian 5)


No 41.
Jika model CIPP yang di terapkan untuk evaluasi program pembelajaran maka yang menjadi sasaran penilaian adalah ....
A.      seluruh aspek program pembelajaran
B.      sarana atau alat peraga pendidikan
C.      lingkungan belajar
D.      perencanaan pembelajaran

No 42.
Tujuan dilakukannya evaluasi program pembelajaran adalah untuk ....
A.      menjadikan sekolah unggulan
B.      mengetahui kualitas program pembelajaran
C.      mengetahui kurikulum yang berlaku
D.      menentukan silabus yang diperlukan

No 43.
Lima (5) langkah dari 12 langkah yang harus di tempuh sekolah dalam evaluasi program pembelajaran adalah ....
A.      menentukan KKM,mengkoordinasikan tes formatif, menentukan criteria kenaikan kelas, melaporkan hasil penilaian, dan melaporkan pencapaian hasil belajar
B.      mengembangkan desain evaluasi, mengembangkan instrument, melaksanakan evaluasi, menganalisis data, dan menyusun laporan
C.      merumuskan masalah, mengemukakan tujuan penilaian, menentukan model penilaian, menentukan sasaran, dan membuat instrument
D.      membuat soal yang akan digunakan, menentukan kompetensi dasar, melaksanakan evaluasi, membuat jadwal dan mengembangkan instrument

No 44.
Ruang lingkup tugas Pengawas SD yang berperan dalam penyelenggaraan pendidikan di SD, yaitu ....
A.      bertanggung jawab, dan mempunyai wewenang secara penuh untuk melakukan pembinaan terhadap SD
B.      sebagai penghubung antara dinas pendidikan dengan sekolah terutama dalam hal kebijakan
C.      bertanggung jawab terhadap pengelolaan system pendidikan nasional yang telah ditetapkan oloeh Undang-undang no.20/2003 
D.      berperan serta dalam penyelenggaraan pendidikan dalam hal perencanaan, pengawasan dan evaluasi program

No 45.
Pemanfaatan BOS di lingkungan SD antara lain untuk ....
A.      dipinjamkan pada yang membutuhkan
B.      ditanamkan sebagai saham
C.      pembelian buku siswa
D.      kegiatan monitoring

No 46.
Kewenangan atas urusan wajib mengenai pendidikan SD/MI oleh Pemerintah daerah Propinsi, adalah ....           
1.       pemantauan satuan pendidikan dasar bertaraf internasional
2.       mengembangkan sistem evaluasi dan akreditasi guru SD/MI
3.       pembiayaan penjaminan mutu satuan pendidikan
               
No 47.
Makna dari pernyataan dalam pasal 5 UU Sisdiknas 20/2003 bahwa warga Negara yang memilki kelainan fisik, emosional, mental, intelektual, dan/atau social berhak memperoleh pendidikan khusus adalah….   
1.       pendidikan disesuaikan dengan karakteristik psikologis peserta didik
2.       pendidikan berlangsung sepanjang hayat tanpa kecuali
3.       terselenggaranya pendidikan yang bermutu bagi seluruh warga Negara tanpa kecuali
               
No 48.
Standard Kompetensi Kelulusan satuan Pendidikan berdasarkan Permendiknas No.23 tahun 2006 antara lain….                
1.       mengenal kekurangan dan kelebihan diri sendiri
2.       mematuhi aturan-aturan sosial yang berlaku dalam lingkungannya
3.       menunjukkan kegemaran membaca dan menulis
               
No 49.
Ciri-ciri anak SD yang belum berkembang secara motorik dari gerakan berjalan, maka dapat diidentifikasi apabila anak tersebut berjalan nampak….      
1.       seolah-olah seluruh tubuhnya ikut bergerak
2.       tubuhnya oleng ke kiri atau kekanan
3.       masih sering jatuh

No 50
Manfaat dari bermain teka-teki dalam belajar menganalisis adalah….     
1.       Mengasah daya ingat
2.       belajar mengklasifikasi
mengembangkan kemampuan analisis

No comments:

Post a Comment