Sunday, June 10, 2012

Soal Ujian Perspektif Pendidikan di SD PDGK4104 (bagian 4)


No 31.
Ruang lingkup KTSP yang berkaitan dengan struktur dan muatan kurikulum SD adalah …
A.      meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan , kepribadian, dan akhlak mulia
B.      merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh peserta didikdalam kegiatan pembelajaran
C.      merupakan pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran selama satu tahun
D.      rencana pembelajaran pada kelompok mata pelajaran tertentu yang mencakup standar kompetensi

No 32.
Cakupan aspek kegiatan pengembangan diri yang harus disajikan dalam struktur & muatan kurikulum adalah ….
A.      kegiatan yang dilakukan untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik mengembangkan diri sesuai dengan bakat dan kondisi sekolah
B.      mencantumkan semua mata pelajaran beserta alokasi waktu yang telah disesuaikan dengan struktur kurikulum SD
C.      kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan potensi daerah
D.      mencantumkan aturan beban belajar untuk setiap mata pelajaran yang berlaku di sekolah.

No 33.
Pengertian dari aspek pendidikan berbasis keunggulan local dan global yang harus di sajikan dalam struktur & muatan kurikulum adalah….
A.      bagian integral dari pembelajaran semua mata pelajaran.di sekolah unggulan
B.      pendidikan yang menerapkan program sekolah unggulan
C.      pendidikan jangka panjang yang berorientasimenuju sekolah unggulan
D.      pendidikan yang memanfaatkan keunggulan local dan kebutuhan daya saing global

No 34.
Komponen-komponen yang ada pada buku teks sebagai bahan ajar adalah….
A.      tujuan, sumber, waktu, dan cara kerja
B.      tujuan pembelajaran, uraian materi, dan evaluasi
C.      tujuan pembelajaran, tindak lanjut, dan cara keja
D.      uraian materi, sumber, tindak lanjut, dan prosedur kerja

No 35.
Langkah-langkah yang harus dilakukan guru dalam mengembangkan bahan ajar secara berurutan menurut Dick, Carey, & Carey sebagai berikut.
A.      menelaah strategi pembelajaran yang akan dilakukan untuk mencapai setiap kompetensi yang telah ditetapkan, melakukan survey berbagai leteraturmempertimbangkan apakah mengadopsi bahan ajar yang tersedia, , merancang dan menulis materi bahan ajar, dan melakukan evaluasi bahan ajar yang sudah dikembangkan.
B.      menelaah hasil analisis tentang siswa dan masing-masing proses pembelajaran , mempertimbangkan peran guru dalam memfasilitasi pembelajaran, menentukan materi yang perlu dirancang, melakukan surveiberbagai leteratur dan ahli bidang ilmu untuk mengetahui bahan ajar yang sudah tersedia.
C.      memperbaiki bahan ajar sesuai dengan hasil evaluasi, membuat lembar kerja siswa jika diperlukan, menelaah setiap pertemuan pembelajaran, menelaah hasil analisis konteks belajar dan asumsi tentang sumber belajar yang tersedia untuk mengembangkan bahan ajar, menentukan apakah materi baru perlu dirancang .
D.      melakukan evaluasi terhadap bahan ajar yang sudah dikembangkan, menelaah strategi pembelajaran, yang akan dilakukan untuk mencapai setiap kompetensi yang telah ditetapkan, menelaah hasil analisis tentang siswa dan masing-masing proses pembelajaran, merancang dan menulis materi bahan ajar, berdasarkan stratgi pembelajaran.

No 36.
Pertimbangan-pertimbangan yang harus dilakukan dalam pemilihan bahan ajar berdasarkan kriteria psiko-pedagogis antara lain….
A.      bahan ajar harus menjadi alat dan sarana untuk perkembangan kompetensi siswa
B.      membantu siswa untuk memperoleh pemahamanyang mendalam tentang suatu bidang ilmu
C.      kesesuaian antara isi dengan tujuan pembelajaran
D.      memungkinkan siswa memiliki wawasan dan pemahaman terhadap bidang ilmu


No 37.
Dari pertanyaan berikut yang harus dijawab dalam memilh buku kerja siswa berdasarkan kriteria keterbacaan menurut Omstein adalah….
A.      Apakah buku kerja sesuai dengan tujuan pendidikan?
B.      Apakah siswa memahami petunjuk latihan?
C.      Apakah materi membantu siswa menguasai kompetensi yang diharapkan?
D.      Apakah latihan dalam buku kerja meningkatkan kemampuan berpikir siswa?

No 38.
Beberapa hal yang berhubungan dengan strategi pembelajaran secara kontekstual antara lain….
A.      fenomena kehidupan sosial masyarakat, dan fenomena dunia pengalaman dan pengetahuan murid
B.      dalam program pembelajaran tercermin tujuan pembelajaran dan media untuk mencapai tujuan tersebut
C.      para guru ditingkatkan profesionalitasnya melalui penataran dan seminar-seminar
D.      guru ditingkatkan kualifikasinya melalui latihan atau wokshop, dan penyempurnaan kurikulum

No 39.
Berikut adalah contoh kegiatan inti pada pembelajaran dikelas yang mengandung pembelajaran kontekstual yaitu ....
A.      guru mengajukan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan
B.      guru menyampaikan tujuan pembelajaran
C.      siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
D.      siswa melakukan diskusi kelompok yang dibimbing oleh guru

No 40.
PAKEM dari perspektif guru antara lain adalah….
A.      siswa aktif bertanya dalam pembelajaran
B.      siswa menyusun laporan percobaan
C.      seluruh kegiatan siswa dalam pembelajaran
D.      guru memantau kegiatan siswa, dan memberi umpan balik

1 comment: