Sunday, June 10, 2012

Kunci Jawaban Ujian Perspektif Pendidikan di SD PDGK4101 (bagian 1)


No 1.
a.         jawaban salah, karena anak salah satu pilar konseptual tentang perkembangan kognitif anak relevan dengan teori kognitifisme.
b.        jawaban benar, karena teori historis-kultural pertama dikembangkan oleh Vygotsky yang memusatkan perhatian pada bidang telaah aspek manusia dari kognisi (Modul 1. Landasan Pendidikan SD, KB1 tentang landasan filosofis & psikologis-pedagogis pendidikan di SD).
c.         jawaban salah, karena pernyataan tersebut merupakan hakikat dari teori humanistik.
d.        jawaban salah, karena pernyataan tersebut merupakan hakikat dari teori kognitifisme.

No 2.
a.         jawaban salah, karena pernyataan tersebut merupakan kemampuan kemelekwacanaan
b.        jawaban salah, karena pernyataan tersebut merupakan kemampuan memecahkan masalah
c.         jawaban salah, karena pernyataan tersebut merupakan kemampuan bernalar
d.        jawaban benar, karena dapat menginfomasikan sesuatu yang diperoleh merupakan kemampuan berkomunikas (Modul 2. Karakteristik Pendidikan SD), KB 1: tentang: Fungsi, tujuan, dan ciri-ciri pendidikan SD)

No 3.
a.         salah, karena ketiga pernyataan tersebut memang makna ayat 2 dari pasal 9 Bab VI PP no.28/1990 tentang pengelolaan pendidikan SD.
b.        salah, karena ketiga pernyataan tersebut memang makna ayat 2 dari pasal 9 Bab VI PP no.28/1990 tentang pengelolaan pendidikan SD.
c.         benar, karena pernyataan tersebut bukan makna ayat 2 dari pasal 9 Bab VI PP no.28/1990 tentang pengelolaan pendidikan SD, melainkan makna ayat 1. (Modul 2. Karakteristik Pendidikan SD KB 2: tentang makna ayat 1 dari pasal 9 Bab VI PP no.28/1990 tentang pengelolaan pendidikan SD).
d.        salah, karena ketiga pernyataan tersebut memang makna ayat 2 dari pasal 9 Bab VI PP no.28/1990 tentang pengelolaan pendidikan SD.


No 4.
a.        benar, karena sekolah yang menyelenggarakan pendidikan umum setingkat SD, di samping pendidikan Agama Islam merupakan bentuk pendidikan formal Madrash Ibtidaiyah (Modul 2. Karakteristik Pendidikan SD, KB 2: tentang Bentuk-bentuk penyelenggaraan pendidikan SD)
b.        salah, karena pernyataan tersebut merupakan bentuk pendidikan umum di SD.
c.         salah, karena pernyataan tersebut merupakan bentuk SD Unggulan.
d.        salah, karena pernyataan tersebut merupakan bentuk SD Luar biasa.

No 5.
a.         salah, karena pernyataan tersebut menunjukkan bentuk program paket A
b.        salah, karena pernyataan tersebut menunjukkan termasuk juga bentuk program paket A
c.         salah, karena pernyataan tersebut menunjukkan bentuk SD Inklusi
d.        benar, karena pernyataan tersebut menunjukkan bentuk Sekolah Rumah

No 6.
a.        benar, karena pernyataan tersebut merupakan penjabaran dari Pasal 31 UUD 1945 tentang system pendidikan Nasional Yaitu UU no. 4 Tahun 1950 (Modul 3: Perkembangan Pendidikan SD, KB 1: tentang: Ketentuan Perundang-Undangan Terkait Pendidikan SD)
b.        salah, karena pernyataan tersebut penjabaran dari Pasal 31 UUD 1945 tentang system pendidikan Nasional tanggal 1 Maret 1946
c.         salah, karena pernyataan tersebut penjabaran dari Pasal 31 UUD 1945 tentang system pendidikan Nasional Keputusan Presiden No. 145 tahun 1965
d.        salah, karena pernyataan tersebut penjabaran dari Pasal 31 UUD 1945 tentang system pendidikan Nasional tanggal tentang Undang-Undang No.22 tahun 1961.

No 7.
a.         salah, karena pernyataan tersebut merupakan tempat belajar siswa, dan tidak ada kaitannya dengan program perluasan.
b.        salah, karena berkolaborasi dengan masyarakat tidak ada kaitannya dengan program perluasan.
c.         benar, karena tujuan upaya program perluasan dan pemerataan kesempatan belajar, untuk menciptakan agar setiap orang mempunyai kesempatan untuk memperoleh pendidikan (Moddul 3: Perkembangan Pendidikan SD KB 1: tentang: Program perluasan dan pemerataan kesempatan belajar)
d.        salah, karena bukan itu yang dimaksud.

No 8.
a.        benar, karena menurunya jumlah penduduk sehingga masyarakat menjadi sejahtera tidak ada kaitannya dengan prinsip pembangunan menurut GBHN 1998 yang berkaitan dengan pemerataan & peningkatan kualitas pendidikan dasar, pendidikan kejuruan, pendidikan professional serta meningkatkan wajib belajar Sembilan tahun.
b.        salah, karena berkaitan dengan prinsip pembangunan menurut GBHN 1998 yang berkaitan dengan pemerataan & peningkatan kualitas pendidikan dasar, pendidikan kejuruan, pendidikan professional serta meningkatkan wajib belajar Sembilan tahun (Modul 3: Perkembangan Pendidikan SD KB 2: tentang: Prinsip pembangunan menurut GBHN 1998 yang berkaitan dengan pemerataan & peningkatan kualitas pendidikan dasar, pendidikan kejuruan, pendidikan professional serta meningkatkan wajib belajar Sembilan tahun)
c.         salah, karena berkaitan dengan prinsip pembangunan menurut GBHN 1998 yang berkaitan dengan pemerataan & peningkatan kualitas pendidikan dasar, pendidikan kejuruan, pendidikan professional serta meningkatkan wajib belajar Sembilan tahun (Modul 3: Perkembangan Pendidikan SD KB 2: tentang: Prinsip pembangunan menurut GBHN 1998 yang berkaitan dengan pemerataan & peningkatan kualitas pendidikan dasar, pendidikan kejuruan, pendidikan professional serta meningkatkan wajib belajar Sembilan tahun)
d.        salah, karena berkaitan dengan prinsip pembangunan menurut GBHN 1998 yang berkaitan dengan pemerataan & peningkatan kualitas pendidikan dasar, pendidikan kejuruan, pendidikan professional serta meningkatkan wajib belajar Sembilan tahun (Modul 3: Perkembangan Pendidikan SD KB 2: tentang: Prinsip pembangunan menurut GBHN 1998 yang berkaitan dengan pemerataan & peningkatan kualitas pendidikan dasar, pendidikan kejuruan, pendidikan professional serta meningkatkan wajib belajar Sembilan tahun)

No 9.
a.        benar, karena pendidikan kesetaraan Paket A yang setara SD merupakan rincian prioritas yang terkait pendidikan SD sesuai dengan UU No.14 2005, tentang penyelenggaraan pendidikan non formal yang bermutu (Modul 3: Perkembangan Pendidikan SD,KB 2:tentang rincian prioritas yang terkait pendidikan SD sesuai dengan UU No.14 2005).
b.        salah, karena ketiga pernyataan tersebut merupakan prinsip pembangunan menurut GBHN 1998.
c.         salah, karena ketiga pernyataan tersebut merupakan prinsip pembangunan menurut GBHN 1998.
d.        salah, karena ketiga pernyataan tersebut merupakan prinsip pembangunan menurut GBHN 1998.

No 10.
a.         salah, karena ketiga pernyataan tersebut adalah contoh dari learning to know
b.        benar, karena ketiga pernyataan tersebut adalah contoh dari learning to know
c.         benar, karena bekerja secara mandiri yang menghasilkan suatu produk adalah contoh dari learning to do
d.        salah, karena ketiga pernyataan tersebut adalah contoh dari learning to know

No comments:

Post a Comment

Post a Comment