Wednesday, May 9, 2012

Soal Ujian Pengantar Pendidikan MKDK4001 (bagian 3)


No 21.
Pak Bonar adalah guru yang terkenal sangat galak, ia suka memukul siswa yang dianggap bersalah, para siswa menjadi takut tetapi hormat kepadanya. Berbeda dengan pak Ali yang guru Agama. Ia pendiam, penyabar, sangat teliti dan murah senyum, anak-anak menjadi segan dan hormat kepadanya. Adakah perbedaan rasa hormat siswa kepada kedua orang guru di atas? jika ada apa penyebabnya?
A.      pak Bonar dihormati siswa karena kegalakannya, dan pak Ali dihormati karena pendiamnya
B.      pak Bonar dihormati siswa karena ia guru matematika, pak Ali dihormati siswa karena ia guru agama
C.      dengan pak Bonar anak menjadi takut melakukan kesalahan, tetapi dengan pak Ali anak menjadi acuh tak acuh dan masa bodoh
D.      guru yang dihormati siswa karena wibawanya adalah guru yang memperhatikan dan menyayangi siswanya

No 22.
Pendidikan dianggap mampu mengubah terutama dalam hal membina kebudayaan baru yang memungkinkan dapat menyelamatkan manusia dimasa depan yang semakin komplek, apalagi di era globalisasi sekarang ini. Pandangan ini dikemukakan oleh aliran ....
A.     Behavior
B.      Progresivisme
C.      Humanisme
D.      Psikologi kognitif

No 23.
Menurut Mohammad Noor Syam bahwa pengalaman manusia mempunyai empat karakteristik, yaitu spasial, temporal, dinamis, dan pluralistis. Jelaskan apa yang dimaksud dengan pengalaman itu adalah pluralistis? Pengalaman itu ....
A.      terjadi dimana saja dalam kehidupan manusia
B.      baik alam, kebudayaan, dan pengalaman selalu berkembang setiap saat
C.      hidup, dan menuntut adaptasi dan readaptasi dalam semua perubahan yang terjadi secara terus menerus
D.      terjadi selama adanya hubungan dan interaksi dan selama individu terlibat pergaulan

No 24.
Pendidikan bertugas memberikan pengetahuan tentang nilai-nilai kebenaran yang pasti, absolut, dan abadi yang ada pada kebudayaan masa lampau, dan dipandang sebagai kebudayaan yang ideal. Pandangan tentang pendidikan tersebut, dikemukakan oleh ....
A.      Behaviorisme
B.      perenialisme
C.     Nativisme
D.      Konvergensi

No 25.
Aliran ini berimplikasi terhadap pendidikan, khususnya bidang sains dan matematika. Aliran ini merupakan aliran filsafat yang tema utamanya berkaitan dengan hakikat pengetahuan. Aliran yang dimaksud adalah ....
A.      Perenialisme
B.      Progresivisme
C.      Kontruktivisme
D.      Esensialisme

No 26.
Pada masa ini pendidikan dianggap sebagai hak semua orang, oleh sebab itu pendidikan bersifat demokratis, dan tidak otokratis. Pendidikan pada masa ini tidak mengenal kurikulum, kalaupun ada kurikulumnya tidak tertulis. Situasi pendidikan seperti ini terdapat pada zaman kerajaan ....
A.      Hindu - Budha
B.      Islam
C.      Pengaruh Portugis dan Spanyol
D.      Kolonial Belanda

No 27.
Selain jiwa UUD 1945 yang dijadikan landasan konstitusi pendidikan pada periode awal kemerdekaan (1945 - 1950), terdapat Undang-Undang lain yang digunakan, yaitu ....
A.      UUD RIS Tahun 1950
B.      UU Nomor 7 Tahun 1950
C.      UU RI Nomor 12 Tahun 1954
D.      UU RI Nomor 4 Tahun 1950 de fakto

No 28.
Salah satu kendala yang dihadapi dalam rangka meningkatkan kinerja dan mutu pendidikan nasional adalah ....
A.      masih rendahnya relevansi pendidikan
B.      terbatasnya jumlah guru yang bermutu
C.      masih tingginya angka putus sekolah yang merupakan bagian dari tantangan
D.      kurangnya peranan dunia usaha dalam pendidikan nasional

No 29.
Pada awal berdirinya lembaga pendidikan ini memiliki tujuh asas pendidikan, kemudian sesudah proklamasi kemerdekaan, asasnya dirubah menjadi Panca Darma. Lembaga pendidikan yang dimaksud adalah ....
A.      Taman Siswa
B.      Muhamadiyah
C.      Institut Nasional Syafei (INS) Kayu Tanam
D.      Pesanteren Tebu Ireng

No 30.
Salah satu karakteristik kebudayaan adalah seperti di bawah ini ....
A.      sistem religi dan upacara keagamaan
B.      keseluruhan sistem gagasan, tindakan dan hasil karya manusia
C.      sebagai suatu komplek aktivitas kelakuan berpola dari manusia
D.      stabil dan berubah

No comments:

Post a Comment