No 21.
Pak Bonar adalah guru yang terkenal sangat galak, ia suka
memukul siswa yang dianggap bersalah, para siswa menjadi takut tetapi hormat
kepadanya. Berbeda dengan pak Ali yang guru Agama. Ia pendiam, penyabar, sangat
teliti dan murah senyum, anak-anak menjadi segan dan hormat kepadanya. Adakah
perbedaan rasa hormat siswa kepada kedua orang guru di atas? jika ada apa
penyebabnya?
A.
pak Bonar dihormati siswa karena kegalakannya,
dan pak Ali dihormati karena pendiamnya
B.
pak Bonar dihormati siswa karena ia guru
matematika, pak Ali dihormati siswa karena ia guru agama
C.
dengan pak Bonar anak menjadi takut melakukan
kesalahan, tetapi dengan pak Ali anak menjadi acuh tak acuh dan masa bodoh
D.
guru yang dihormati siswa karena wibawanya
adalah guru yang memperhatikan dan menyayangi siswanya
No 22.
Pendidikan dianggap mampu mengubah terutama dalam hal
membina kebudayaan baru yang memungkinkan dapat menyelamatkan manusia dimasa
depan yang semakin komplek, apalagi di era globalisasi sekarang ini. Pandangan
ini dikemukakan oleh aliran ....
A. Behavior
B.
Progresivisme
C.
Humanisme
D.
Psikologi kognitif
No 23.
Menurut Mohammad Noor Syam bahwa pengalaman manusia
mempunyai empat karakteristik, yaitu spasial, temporal, dinamis, dan
pluralistis. Jelaskan apa yang dimaksud dengan pengalaman itu adalah
pluralistis? Pengalaman itu ....
A.
terjadi dimana saja dalam kehidupan manusia
B.
baik alam, kebudayaan, dan pengalaman selalu
berkembang setiap saat
C.
hidup, dan menuntut adaptasi dan readaptasi
dalam semua perubahan yang terjadi secara terus menerus
D.
terjadi selama adanya hubungan dan interaksi dan
selama individu terlibat pergaulan
No 24.
Pendidikan bertugas memberikan pengetahuan tentang
nilai-nilai kebenaran yang pasti, absolut, dan abadi yang ada pada kebudayaan
masa lampau, dan dipandang sebagai kebudayaan yang ideal. Pandangan tentang
pendidikan tersebut, dikemukakan oleh ....
A.
Behaviorisme
B.
perenialisme
C. Nativisme
D.
Konvergensi
No 25.
Aliran ini berimplikasi terhadap pendidikan, khususnya
bidang sains dan matematika. Aliran ini merupakan aliran filsafat yang tema
utamanya berkaitan dengan hakikat pengetahuan. Aliran yang dimaksud adalah ....
A.
Perenialisme
B.
Progresivisme
C.
Kontruktivisme
D.
Esensialisme
No 26.
Pada masa ini pendidikan dianggap sebagai hak semua orang,
oleh sebab itu pendidikan bersifat demokratis, dan tidak otokratis. Pendidikan
pada masa ini tidak mengenal kurikulum, kalaupun ada kurikulumnya tidak
tertulis. Situasi pendidikan seperti ini terdapat pada zaman kerajaan ....
A.
Hindu - Budha
B.
Islam
C.
Pengaruh Portugis dan Spanyol
D.
Kolonial Belanda
No 27.
Selain jiwa UUD 1945 yang dijadikan landasan konstitusi
pendidikan pada periode awal kemerdekaan (1945 - 1950), terdapat Undang-Undang
lain yang digunakan, yaitu ....
A.
UUD RIS Tahun 1950
B.
UU Nomor 7 Tahun 1950
C.
UU RI Nomor 12 Tahun 1954
D.
UU RI Nomor 4 Tahun 1950 de fakto
No 28.
Salah satu kendala yang dihadapi dalam rangka meningkatkan
kinerja dan mutu pendidikan nasional adalah ....
A.
masih rendahnya relevansi pendidikan
B.
terbatasnya jumlah guru yang bermutu
C.
masih tingginya angka putus sekolah yang
merupakan bagian dari tantangan
D.
kurangnya peranan dunia usaha dalam pendidikan
nasional
No 29.
Pada awal berdirinya lembaga pendidikan ini memiliki tujuh
asas pendidikan, kemudian sesudah proklamasi kemerdekaan, asasnya dirubah
menjadi Panca Darma. Lembaga pendidikan yang dimaksud adalah ....
A.
Taman Siswa
B.
Muhamadiyah
C.
Institut Nasional Syafei (INS) Kayu Tanam
D.
Pesanteren Tebu Ireng
No 30.
Salah satu karakteristik kebudayaan adalah seperti di bawah
ini ....
A.
sistem religi dan upacara keagamaan
B.
keseluruhan sistem gagasan, tindakan dan hasil
karya manusia
C.
sebagai suatu komplek aktivitas kelakuan berpola
dari manusia
D.
stabil dan berubah
No comments:
Post a Comment