Wednesday, May 9, 2012

Soal Ujian Pengantar Pendidikan MKDK4001 (bagian 4))


No 31.
Suatu proses dimana seseorang individu menyerap melalui cara berfikir, bertindak, dan merasa, yang mencerminkan kebudayaannya. Pernyataan tersebut merupakan definisi dari kebudayaan sebagai ....
A.      pranata kebudayaan
B.      hubungan kebudayaan dan pendidikan
C.      Pendidikan sebagai proses enkulturasi
D.      pendidikan sebagai stabilitas dan perubahan kebudayaan

No 32.
Kelakuan berpola dari manusia dalam kebudayaannya yang mengacu kepada sistem ide, nilai-nilai, gagasan, norma-norma, peraturan, dan sebagainya. Pernyataan di atas merupakan definisi dari ....
A.      pranata kebudayaan
B.      pendidikan sebagai ekulturasi
C.      hubungan kebudayaan dan pendidikan
D.      kepribadian dan kepribadian bangsa

No 33.
Ras ini memiliki karakteristik antara lain: kulit agak kuning, rambut lurus, tinggi badan kurang lebih satu setengah meter, dan bentuk kepala pendek. Ras yang dimaksud adalah ras ....
A.      Melayu
B.      Vedoid (Wedda)
C.      Negroid (Negrito)
D.      Mongoloid

No 34.
Salah satu karakteristik lingkungan fisik manusia (masyarakat) di Indonesia adalah ....
A.      terdiri dari lingkungan pendidikan, dan lingkungan pergaulan
B.      terletak diantara dua benua dan dua samudera
C.      lingkungan sosial
D.      terdiri dari RT, RW, Kelurahan dan Kecamatan

No 35.
Setiap wilayah yang ada di Indonesia umumnya memiliki adat istiadat, dan setiap adat memiliki pemimpin masyarakat. Berilah contoh bentuk kepemimpinan tertinggi terhadap sistem kemayarakatan pada kepulauan Sawu, Sumba, dan Alor
A.      Wanua dipimpin oleh Karaeng dan dibantu oleh Sulewatang
B.      Keuchi dibantu oleh teungku sebagai pimpinan agama dan orang-orang tua sebagai wakil penduduk
C.      pimpinan berada ditangan dua orang kepala suku yang disebut duae maramba, dan duae kepu, deorai, atau mangun tanah
D.      Huta atau penghulu yang dipilih oleh marga namora-mora. Dalam tugasnya dibantu oleh senina


No 36.
Karakteristik manusia Indonesia terhadap pendidikan harus berakar pada nilai-nilai agama dan kebudayaan nasional, oleh sebab itu implikasi pendidikan nasional harus dikembangkan dengan berakar kepada ....
A.      nilai-nilai pendidikan dan pergaulan
B.      nilai-nilai agama dan kebudayaan bangsa
C.      UU RI No 20 Tahun 2003
D.      Pembukaan UUD 1945


 No 37.
Implikasi dari kebijakan dalam pengelolaan pendidikan nasional yang bersifat dekonsentrasi, namun dapat berlangsung secara efisien dan efektif diatur dalam sistem pendidikan nasional sebagai berikut ....
A.      Undang-Undang RI NO 14 Tahun 2005
B.      Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 19 Tahun 2005
C.      Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003
D.      Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 16 Tahun 2007


No 38.
Kepribadian bangsa Indonesia bukanlah kepribadian keseluruhan, tetapi juga mencerminkan ciri-ciri suku bangsa, keagamaan, dan lain-lain. Oleh sebab itu implikasi dari pengembangan kurikulum dan menjadi syarat yang tidak boleh ditinggalkan adalah bahwa kurikulum harus ....
A.      berbasis kepada kompetensi dan berpusat kepada siswa
B.      memperhatikan pertumbuhan dan perkembangan siswa sesuai dengan usia mereka masing-masing
C.      berjenjang dari tingkat SD, SLTP, maupun SLTA
D.      bersifat nasional dan bermuatan lokal


No 39.
Gerakan wajib belajar (wajar) 9 tahun yang telah dicanangkan oleh pemerintah pada tanggal 2 Mei 1984, mempunyai implikasi terhadap karakteristik sosial budaya Indonesia, diantaranya adalah ....
A.      meningkatnya standar nasional mutu pendidikan
B.      terbinanya kepribadian bangsa Indonesia
C.      keragaman lingkungan fisik masyarakat Indonesia yang sebagian besar berada di pedesaan terpencil dan terisolasi
D.      relevansi pendidikan secara lokal sesuai dengan keadaan lingkungan dan sosial budaya daerah


No 40.
Ibu Kamal sudah dua tahun ditinggal suaminya karena kecelakaan lalu lintas, ia mempunyai empat orang anak yang semuanya masih bersekolah, ada yang di SMA, di SMP, di SD, dan di TK, berhubung tidak ada lagi yang membiayai, semuanya berhenti sekolah. Untunglah ia mempunyai tetangga yang kaya dan dermawan dan mau membantu membiayai anak-anak ibu Kamal sehingga mereka bisa sekolah kembali. Tindakan tetangga yang dimaksud disebut ....
A.      orang tua asuh
B.      orang tua angkat
C.      calon ayah anak-anak Ibu Kamal
D.      relawan dan dermawan

No comments:

Post a Comment