No 31.
Suatu proses dimana seseorang individu menyerap melalui cara
berfikir, bertindak, dan merasa, yang mencerminkan kebudayaannya. Pernyataan
tersebut merupakan definisi dari kebudayaan sebagai ....
A.
pranata kebudayaan
B.
hubungan kebudayaan dan pendidikan
C.
Pendidikan sebagai proses enkulturasi
D.
pendidikan sebagai stabilitas dan perubahan
kebudayaan
No 32.
Kelakuan berpola dari manusia dalam kebudayaannya yang
mengacu kepada sistem ide, nilai-nilai, gagasan, norma-norma, peraturan, dan
sebagainya. Pernyataan di atas merupakan definisi dari ....
A.
pranata kebudayaan
B.
pendidikan sebagai ekulturasi
C.
hubungan kebudayaan dan pendidikan
D.
kepribadian dan kepribadian bangsa
No 33.
Ras ini memiliki karakteristik antara lain: kulit agak
kuning, rambut lurus, tinggi badan kurang lebih satu setengah meter, dan bentuk
kepala pendek. Ras yang dimaksud adalah ras ....
A.
Melayu
B.
Vedoid (Wedda)
C.
Negroid (Negrito)
D.
Mongoloid
No 34.
Salah satu karakteristik lingkungan fisik manusia
(masyarakat) di Indonesia adalah ....
A.
terdiri dari lingkungan pendidikan, dan
lingkungan pergaulan
B.
terletak diantara dua benua dan dua samudera
C.
lingkungan sosial
D.
terdiri dari RT, RW, Kelurahan dan Kecamatan
No 35.
Setiap wilayah yang ada di Indonesia umumnya memiliki adat
istiadat, dan setiap adat memiliki pemimpin masyarakat. Berilah contoh bentuk
kepemimpinan tertinggi terhadap sistem kemayarakatan pada kepulauan Sawu,
Sumba, dan Alor
A.
Wanua dipimpin oleh Karaeng dan dibantu oleh
Sulewatang
B.
Keuchi dibantu oleh teungku sebagai pimpinan
agama dan orang-orang tua sebagai wakil penduduk
C.
pimpinan berada ditangan dua orang kepala suku
yang disebut duae maramba, dan duae kepu, deorai, atau mangun tanah
D.
Huta atau penghulu yang dipilih oleh marga
namora-mora. Dalam tugasnya dibantu oleh senina
No 36.
Karakteristik manusia Indonesia terhadap pendidikan harus
berakar pada nilai-nilai agama dan kebudayaan nasional, oleh sebab itu
implikasi pendidikan nasional harus dikembangkan dengan berakar kepada ....
A.
nilai-nilai pendidikan dan pergaulan
B.
nilai-nilai agama dan kebudayaan bangsa
C.
UU RI No 20 Tahun 2003
D.
Pembukaan UUD 1945
No 37.
Implikasi dari kebijakan dalam pengelolaan pendidikan
nasional yang bersifat dekonsentrasi, namun dapat berlangsung secara efisien
dan efektif diatur dalam sistem pendidikan nasional sebagai berikut ....
A.
Undang-Undang RI NO 14 Tahun 2005
B.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 19
Tahun 2005
C.
Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003
D.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor
16 Tahun 2007
No 38.
Kepribadian bangsa Indonesia bukanlah kepribadian
keseluruhan, tetapi juga mencerminkan ciri-ciri suku bangsa, keagamaan, dan
lain-lain. Oleh sebab itu implikasi dari pengembangan kurikulum dan menjadi
syarat yang tidak boleh ditinggalkan adalah bahwa kurikulum harus ....
A.
berbasis kepada kompetensi dan berpusat kepada
siswa
B.
memperhatikan pertumbuhan dan perkembangan siswa
sesuai dengan usia mereka masing-masing
C.
berjenjang dari tingkat SD, SLTP, maupun SLTA
D.
bersifat nasional dan bermuatan lokal
No 39.
Gerakan wajib belajar (wajar) 9 tahun yang telah dicanangkan
oleh pemerintah pada tanggal 2 Mei 1984, mempunyai implikasi terhadap
karakteristik sosial budaya Indonesia, diantaranya adalah ....
A.
meningkatnya standar nasional mutu pendidikan
B.
terbinanya kepribadian bangsa Indonesia
C.
keragaman lingkungan fisik masyarakat Indonesia
yang sebagian besar berada di pedesaan terpencil dan terisolasi
D.
relevansi pendidikan secara lokal sesuai dengan
keadaan lingkungan dan sosial budaya daerah
No 40.
Ibu Kamal sudah dua tahun ditinggal suaminya karena
kecelakaan lalu lintas, ia mempunyai empat orang anak yang semuanya masih
bersekolah, ada yang di SMA, di SMP, di SD, dan di TK, berhubung tidak ada lagi
yang membiayai, semuanya berhenti sekolah. Untunglah ia mempunyai tetangga yang
kaya dan dermawan dan mau membantu membiayai anak-anak ibu Kamal sehingga
mereka bisa sekolah kembali. Tindakan tetangga yang dimaksud disebut ....
A.
orang tua asuh
B.
orang tua angkat
C.
calon ayah anak-anak Ibu Kamal
D.
relawan dan dermawan
No comments:
Post a Comment