Saturday, May 26, 2012

Kunci Jawaban Ujian Evaluasi Pembelajaran di SD PDGK4301 (bagian 2)


No 11.
a.        Betul, karena ungkapan pendapat adalah tingkat berpikir tinggi
b.        Salah, karena tes uraian tidak tepat hanya mengukur fakta
c.         Salah, karena hal itu bukan ciri khusus tes uraian yang baik
d.        salah, karena soal yang ditulis guru tidak jaminan adanya soal yang baik

No 12.
a.         Salah, karena hal tersebut harus diperhatikan dalam penulisan soal
b.        Salah, karena hal tersebut harus diperhatikan dalam penulisan soal
c.         Salah, karena hal tersebut harus diperhatikan dalam penulisan soal
d.        betul, karena dalam satu soal harus ada lebih dari satu jawaban

No 13.
a.         Salah, karena hal itu harus diperhatikan
b.        Salah, karena hal itu harus diperhatikan
c.         Betul, karena indikator sudah dikembangkan pada saat pembuatan RPP
d.        Salah, karena hal itu harus diperhatikan


No 14.
a.        Betul, karena kata tahun dapat ditarik pada pokok soal
b.        Salah, karena ingatan justru tepat dengan soal pilihan ganda
c.         Salah, karena hal itu bukan suatu larangan
d.        salah, karena hal itu boleh dilakukan

No 15.
a.         Salah, karena hal itu bukan merupakan alasan yang tepat
b.        Salah, karena siapapun yang menulis soal tidak masalah
c.         Betul, karena tes tertulis kurang tepat untuk mengukur ranah afektif dan psikomotor
d.        salah, karena ters tertulis justru bersifat top-down

No 16.
a.         Salah, karena menurut Spiro belajar akan menghasilkan kemampuan secara spontan
b.        Betul, karena menurut Brunner belajar merupakan proses rekonstruksi gagasan baru berdasarkan gagasan lama
c.         Salah, karena menurut ahli ini belajar adalah proses aktif untuk menginterpretasi dan mengambil kesimpulan
d.        salah, karena menurut Rogers belajar lebih menitikberatkan pada keaktufan siswa

No 17.
a.         Salah, karena biaya justru lebih mahal
b.        Salah, karena waktu yang diperlukan jusrtu lebih lama
c.         Betul, karena asesmen alternatif mampu mengukur proses dan hasil belajar
d.        salah, karena pelaksanaannya justru lebih kompleks

No 18.
a.         Salah, karena jawaban A bukan merupakan kelebihan asesmen alternative
b.        Betul, karena kemampuan siswa terdiri atas kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor
c.         Salah, karena asesmen alternatif adalah alat ukur non-tes
d.        salah, karena baik tes maupun non-tes harus disertai kunci jawaban yang objektif

No 19.
a.         Salah, karena merupakan langkah dalam pengembangan rubric
b.        Salah, karena merupakan langkah dalam pengembangan rubric
c.         Salah, karena merupakan langkah dalam pengembangan rubric
d.        Betul, karena langkah paling awal adalah indentifikasi kemampuan yang akan diakses

No 20.
a.         Salah, karena saran guru bukan merupakan hal yang final
b.        Betul, karena berdasarkan hasil uji coba masukan akan lebih lengkap
c.         Salah, karena saran kepala sekolah bukan merupakan hal yang final
d.        salah, karena pertimbangan guru bukan merupakan hal yang final

No comments:

Post a Comment