Monday, April 2, 2012

Kesimpulan PKM


Latihan praktek pembelajaran yang saya lakukuan terdapat beberapa kelemahan maupun kelebihannya. Semuanya telah diuraikan pada bab sebelumnya termasuk apakah penyebab kelemahan maupun kelebihannya. Dari uraian tersebut, saya dapat menyimpulkan sebagai berikut:
1.      Kelemahan saya dalam praktek pembelajaran terutama terdapat pada pengelolaan kelas dan pemanfaatan waktu.
2.      Kelemahan tersebut disebabkan karena proses pembelajaran berlangsung pada kelas yang besar yaitu dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang serta adanya kemampuan siswa berbeda dengan perbedaan yang sangat menyolok.
3.      Kelebihan praktek pembelajaran yang saya lakukan terdapat pada  metode dan teknik pembelajaran, komunikasi dan pendekatan terhadap siswa, serta penilaian.
4.      Kelebihan tersebut disebabkan karena dalam menggunakan metode dan teknik tidak hanya satu tetapi penggabungan beberapa metode. Saya melakukan komunikasi dan pendekatan dengan siswa dengan baik serta melakukan penilaian secara objektif.
Perbaikan pembelajaran yang telah saya lakukan dengan membuat situasi belajar yang lebih menarik siswa misalnya dengan melakukan kegiatan praktek dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Selain itu untuk siswa yang kemampuannya kurang diberikan banyak rangsangan pertanyaan atau materi agar lebih giat belajar.

No comments:

Post a Comment