Monday, April 2, 2012

Hal-hal Unik dalam Pembelajaran PKM


Proses pembelajaran terhadap siswa Sekolah Dasar banyak terjadi keunikan. Seperti yang saya alami, pada saat menerangkan tentang pesawat sederhana bagian tuas atau pengungkit, saya menyebutkan contoh-contohnya salah satu yang saya sebutkan adalah linggis. Lalu saya akan meneruskan menyebutkan nama-nama yang lain, tetapi ada seorang anak yang dengan raut muka kebingungan menanyakan linggis itu apa bu guru?
Lalu saya jawab alat untuk mengupas sabut kelapa, tapi dengan bahasa jawa. Dia masih kebingungan lalu saya ganti dengan bahasa Indonesia baru mengerti. Dari kejadian ini saya mengerti bahwa tidak semua siswa memahami bahasa Jawa begitu pula sebaliknya tidak semua siswa mengerti tentang bahasa Indonesia.
Selain kejadian unik di atas, masih ada lagi kejadian unik yang lain tentang menyebutkan nama-nama tokoh yang dipadukan dengan menunjukkan gambar terbalik-balik, dan sebagainya.

No comments:

Post a Comment