Wednesday, March 16, 2016

Pembelajaran Matematika SD (PDGK 4406) modul 1


MODUL I
Pembelajaran Matematika Berdasarkan KBK

Kegiatan Belajar 1
Landasan Pembelajaran Matematika Berdasarkan KBK
Tiga faktor yang melandasi perubahan memperbaiki matematika adalah keberadaan dan perkembangan teori-teori belajar, psikologi belajar, dan filsafat pendidikan.
1.    Teori Thorndike disebut teori penyerapan, yaitu teori yang memandang peserta didik sebagai selembar kertas putih, penerima pengetahuan yang siap menerima pengetahuan secara pasif. Prinsipnya menekankan pada praktik dan latihan (drill and practice). Toeri ini bersifat behavioristik / mekanistik.
2.    Teori Ausubel disebut teori holistik yang merupakan teori kognitif belajar dan dikembangkan berdasarkan teori pembelajaran bermakna (meaningful instruction).
3.    Teori Jean Piaget yaitu teori perkembangan intelektual yang menyatakan bahwa kemampuan intelektual anak berkembang secara bertahap (aliran konstruktivisme). Dimulai dari adanya jaringan konsep (skemata) lalu pengetahuan diproses melalui asimilasi, akomodasi, dan ekuilibrasi.
4.    Teori Vygotsky mengembangkan teori konstruktivistik belajar mandiri Piaget menjadi belajar kelompok.
5.    Teori Jerome Bruner merupakan teori perkembangan mental yang dibedakan dalam tiga tingkatan dalam mengakomodasi peserta didik, yaitu enactive, iconic, dan symbolic.
6.    Pemecahan masalah dengan teknik heuristic (bantuan untuk menemukan) oleh George Polya, meliputi understand the problem, devise a plan, carry out the plan, dan look back.
7.    Teori Van Hiele (hierarkis belajar geometri) menyatakan bahwa eksistensi dari lima tingkatan yang berbeda tentang pemikiran geometrik, yaitu level 0 (visualisasi), level 1 (analisis), level 2 (deduksi informal), level 3 (deduksi), dan level 4 (rigor).
8.    RME (Realistic Mathematics Education) dikembangkan oleh Freudenthal dan Treffers, yaitu pematematikaan dibagi 2 antara lain pematematikaan horisotal dan vertikal.
9.    Peta konsep merupakan kebermaknaan yang ditunjukkan dengan bagan atau peta sehingga hubungan antarkonsep menjadi jelas dan keseluruhan konsep teridentifikasi.


Kegiatan Belajar 2
Pelaksanaan Pembelajaran Matematika yang Konstruktivistik
Dasar pengembangan pendidikan yang bermutu tinggi adalah prinsip. Empat pilar belajar yang dikemukakan UNESCO yaitu learning to know, learning to do, learning to be, dan learning to live together.
Strategi  pembelajaran matematika yang konstruktivistik antara lain:
1.        Pemecahan masalah (problem solving) ciri utamanya adanya masalah yang tidak rutin. Manfaatnya adalah peserta didik menjadi kreatif dalam berpikir, kritis dalam menganalisis data, fakta, dan informasi, serta mandiri dalam bertindak dan bekerja. Sasarannya yaitu soal mempunyai banyak selesaian (multiple solution), soal yang diperluas (extending problem), dan soal yang mempunyai banyak cara menyelesaikan (multiple methods of solution).
2.        Penyelidikan matematis (Mathematical Investigation) adalah peyelidikan tentang masalah yang dapat dikembangkan menjadi model matematika, berpusat pada tema tertentu, berorientasi pada kajian atau eksplorasi mendalam, dan bersifat open-ended. Kegiatan belajar yang dilaksanakan dapat berupa cooperative learning.
3.        Penemuan terbimbing adalah suatu kegiatan pembelajaran dimana guru membimbing siswanya dengan menggunakan langkah-langkah yang sistematis sehingga mereka merasa menemukan sesuatu.
4.        Contextual Learning adalah pengelolaan suasana belajar yang mengaitkan bahan pelajaran dengan situasi dan/atau kehidupan sehari-hari, hal-hal yang faktual atau keadaan nyata yang dialami siswa.

No comments:

Post a Comment