Sunday, February 21, 2016

PKn modul 9 kb 3 sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta

Kegiatan Belajar   3
Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semasta  ( Sishankamrata )

      Sishankamrata adalah sutau sitem ketahanan dan keamanan yang komponennya terdiri dari seluruh potensi, kemampuan dan kekuatan nasional untuk mewujudkan kemampuan  dalam upaya pertahanan dan keamanan Negara dalam mencapai tujuan nasional.
      Sishankamrata bersifat semesta dalam konsep, sesmesta dalam ruang lingkup dan semesta pelaksanaanya. Komponen kekutannya terdiri dari:
Komponen dasar, yaitu rakyat terlatih.
Komponen utama, yaitu ABRI dan cadangan TNI.
Komponen Perlindungan Masyarakat ( Linmas ).
Komponen Pendukung, yaitu sumber daya dan prasarana national.
     
      Pengalaman penyalenggaran Hankam menghasilkan berbagai doktrin pertahanan dan keamanan, yaitu doktrin perang gerilya rakyat semesta, doktrin perang wilayah, diktrin perang rakyat sermesta dan dokrtin pertahanan dan keamanan rakyat semesta.
      Sasaran operasi Hankamnas yaitu mencegah dan menghancurkan serangan terbuka, menjamin penguasaan dan dan pembinaan wilayah nasiopnal RI dan ikut serta memelihara kemampuan Hankam Asia Tenggara bebas dari campur tangan asing.
      Pola operasi Hankamrata yaitu operasi pertahanan, operasi keamanan dalam negeri, operasi intelijen strategis dan pola operasi kerja sama pertahanan dan keamanan Asia Tengagara. Pola operasi pertahanan bertujuan untuk menggagalkkan serangan dan ancaman nyata dari kekuatan musuh. Pola operasi dalam negeri bertujuan untuk memelihara dan mengembalikan kekuatan pemerintah pada salah satu atau beberapa daerah Negara yang terganggu.
      Pola operasi intelijen srategis bertujuan untuk memperoleh informasi yang diperlukan dalam pelaksaan strategi nasional dan operasi-operasi Hankam, menghancurkan sumber-sumber infiltrasi, subversi, dan spionase yang terdapat diwilayah musuh, dan mengadakan perang untuk syaraf dan kegiatan-kegiatan tertutup lainya untuk mewujudkan kondisi-kondisi tsrategis yang menguntungkan.
      Pola operasi kerja sama yaitu usaha bersama kemungkinan gangguan keamanan stabilitas nasional dan perdamaian khususnya di Aisa Tenggara.

No comments:

Post a Comment