Sunday, February 21, 2016

PKn modul 9 kb 2 pengantar sistem pertahanan keamanan negara indonesia


Kegiatan Belajar   2
Pengamtar Sistem Pertahanan Keamanan Negara Indonesia

      Banyak cara dalam membuat atau menentukan system Hankam suatu Negara ,  yaitu dengan cara meniru, memilih secara kebutuhan dan usaha sendiri. Bagi bangsa Indonesia, penentuan system Hankam dipengaruhi oleh sejarah, pengalaman dan perlawanan bersenjata mengatasi penjajah dan menumpas pemberontakan, factor lingkungan ( geografis Indonesia , sumber kekayaan alam, dan factor demografi )  dan kondisi ancaman terhadap kelangsungan hidup bangsa dan Negara.
      Prinsip penyelenggaraan dalam bentuk perlawanan rakyat semesta, bersifat defensive aktif dan preventif aktif mengutamakan perdamaian dan perang dilakukan dalam terpaksa dan merupakan hak kewajiban, tanggung jawbab serta kehormatan bagi sikap warga Negara Indonesia.
      Tujuan ketahanan nasional adalah untuk menjamin tetap tegaknya Negara Kesatuan  Republik Indonesia bedasar Pancasila dan UUD 1945. Penyelenggaran dilakukan melaliu upaya untuk membina kekuatan tangkal dan meniadakan setiap ancaman dari luar, dan upaya yang mampu meniadakan setiap ancaman dari dalam.



     Funsi pertahanan dan keamanan Negara yaitu:
Memelihara dan meningkatkan Tannas.
Membangun, memelihara dan mengembangkann secara terpadu dan terarah segenap komponen ketahanan dan pertahanan Negara.
Mewujudkan seluruh kepulauan Nusantara sebagai satu kesatuan Hankam.
Hakikatnya adlah perlawanan rakyat semesta yang diselenggarakan atau dilaksanakan dengan sishankamrata.

No comments:

Post a Comment