Friday, February 19, 2016

PKn modul 4 KB 1 globalisasi sebagai tantangan

MODUL 4
KEGIATAN BELAJAR 1
GLOBALISASI SEBAGAI TANTANGAN
Globalisasi adalah gejala menyatunya kehidupan manusia di dunia tanpa, mengenal batas-batas fisik-geografik dan sosial. Ia dipicu dan dipacu oleh kemajuan pesat dalam bidang teknologi yang dikenal dengan istilah ‘’T” Revolution, yaitu perkembangan kemajuan di sektor teknologi komunikasi informasi, transportasi dan trade (liberalisasi perdagangan).
    Terdapat empat jenis proses yang menyatukan kehidupan manusia ,yaitu citra global, mal global,tempat kerja global,dan kuangan global.
    Globalisasi merupakan tantangan,dan menurud chapy,lingkungan yang mampu menghadapi tantangan masa depan itu yaitu lingkungan yang merangsang pemikiran majemuk.lingkunganm iitu tidak mungkin lagi ditentukan oleh produsen,tetapi oleh suatu tim yang sadar akan tujuan yang dicapai dan peka terhadap keinginan konsumen.untuk memenuhi selera pasar “konsumen,diperlukan manusia-manusia yang menguasai ilmu dan ketrampilan tertentu serta menjalankan instruksi pimpinan dengan penuh tanggung jawab.
    Akhibat hubungan bisnis(perdagangan),yang terlah menyatukan kehidupan manusia maka timbul kesadaran yang intern,terhadap hak-hak terhadap kehidupan manusia.sejalan dengan itu kehidupan demokrasi semakin marak dan manusia ingin menjauhkan diri dari berbagai bentuk penindasan,kesengsaraan,dictator dan peran.oleh karena itu,liberalisasi dalam bidang ekonomi ini menuntut liberalisasi dalam bidang politik,dimana keduanya harus berjalan seiring dandan saling menunjang saling menunjang.
    Manusia ingin hidup bersama,saling membantu,saling menguntungkan didunia.solidaritas umat manusia semakin kental
    Manusia ingin hidup bersama,saling membantu,saling menguntungkan didunia.solidaritas umat manusia semakin kental dan semakin bersatu dan Karena itu menuntut keh dan semakin bersatu dan Karena itu menuntut pula pendidikan yang lebih baik,drajat kesehatan yang lebih tinggi(peningkatan kwalitas SDM)
    Disatu pihak ,ekonomi global ,ekonomi global menuju satu kesatuan,tetapi dipihak lain terjadi perang politik lahirnya ratusan Negara baru.dalam kaitan ini,apakah globalisasi itu akan menghilangkan nation state (Negara bangsa).
    Dalam kondisi ini muncul gagasan yang optimis,yaitu hendaknya umat manusia membuat suatu “kampung global” tempat hidup manusia bersama-sama memecahkan masalahnya mengenai dunia yang makmur,damai dan sejahtrera.sejalan dengan itu gagasan pemerintahan global diutarakan karena kekhawatiran umat manusia atas bumi yang memerlukan pemeliharaan agar pembangunan dapat berkesinambungan(sustainable development).

No comments:

Post a Comment