Sunday, February 21, 2016

perwujudan tanas Indonesia

Perwujudan Tanas Indonesia
     Untuk mewujudkan tannas Indonesia maka harus dilakukan pembangunan nasional disegala aspek kehidupan bangsa Indonesia .
     A. TANNAS DI BIDANG IDIOLOGI
     Tannas di bidang ideology atau ketahanan idiologi dapat diartikan sebagai kondisi dinamis suatau bangsa yang berisikan keuletan dan ketangguhan yang mengandung kemampuan mengembamngkan kehidupan nasional di dalam menghadapi dan mengatasi segala ancaman tantangan hambatan dan ganguan yang datang dari dalam atau luaryang membahayakan kelangsungan idiologi bangsa dan Negara.Idiologi atau falsafah bangsa dan Negara Indonesia adalah Pancasila yang terdapat didalam pembukaan UUD 1945 yang disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945.
Keampuhan pancasila sebagai idiologi Negara bergantung kepada nilaiyang di kandung dan dapat memenuhi serta menjamin segala aspirasi hidup dan kehidupan secara pribadi sebagai makluk social dan sebagai warga Negara sesuai dengan kodrat dan iradat Tuhan Yang Maha Esa.
     B. KETAHANAN DI BIDANG POLITIK
     Ketahanan di bidang politik dapat diartikan sebagai kondisi dinamik suatu bangsa yang berisikan keuletan dan ketanguhan yang mengandung kemampuan untukmengembangkan kehidupan nasional di dalam menghadapi dan mengatasi segala macam, tantangan, hambatan dan ganguan yang datang dari dalam atau dari luar yang membahayakan kelangsungan politik bangsa dan Negara.
     Demokrasi yang kita jalankan adalah demokrasi pancasila yang norma-norma pokognya dan hokum dasarnya telah diatur dalam UUD 1945. Demokrasi pancasila adalah demokrasi atau kedaulatan rakyat yang di dasari dan dijiwai oleh segenap sila pancasila  secara terpadu.
     C. KETAHANAN DI BIDANG EKONOMI
Ketahanan di bidang ekonomi dapat diartikan sebagai kondisi dinamik suatu bangsa yang berisikan keuletan dan ketangguhan yang mengadung kemampuan untuk mengembangkan kehidupan nasional di dalam menghadapi dan mengatasi segala ancaman, tantangan, hambatan dan ganguan yang datang dari dalan atau luar yang membahayakan kelangsungan ekonomi bangsa dan Negara.

   
   
     D. KETAHANAN DI BIDANG SOSIAL BUDAYA
Kesatuan bidang social budaya dapat diartikan sebagai kondisi dinamik suatu bangsa yang berisikan kekuatan dan ketangguhan yang mengandung kemampuan untuk mengembangkan kehidupan nasional di dalam menghadapi dan mengatasi segala ancaman, tantangan hambatan dan ganguan yang datang dari dalam atau dari luar yang membahayakan kelangsungan social budaya bangsa dan Negara.Untuk mempertahankan kelanmgsungan hidup maka manusia harus mengadakan kerjasama dengan sesame manusia.
     E. KETAHANAN DIBIDANG PERTAHANAN DAN KEAMANAN
Ketahanan di bidang petahanan dan keamanan dapat diartikan sebagai kondisi dinamik suatu bangsa yang berisikan kekuatan dan ketangguhan yang mengandung kemampuan untuk mengembangkan kehidupan nasional dalam atau luar cabinet yang membahayakan kelangsungan pertahanan dan keamanan bangsa dan Negara.

No comments:

Post a Comment