Saturday, April 20, 2013

Modul 2 KB 2 Metodologi Penelitian IDIK4007


Kegiatan Belajar 2 Strategi Mencari Sumber Pustaka
Strategi mencari sumber pustaka yaitu cara yabg dapat diterapkan untuk menelusuri atau menemukan pustaka.
Jenis-jenis sumber pustaka:
1.         Media cetak, yaitu terdidri dari
a.       referensi umum/general references (buku acuan)
1)      buku acuan yang memberikan informasi langsung, meliputi kamus, ensiklopedi, direktori, almanac, biografi, atlas, dan buku statistic.
2)      Buku acuan yang memberikan petunjuk mengenai sumber informasi, yang umum digunakan dalam kegiatan mencari sumber pustaka untuk keperluan penelitian,  meliputi
a)      bibliografi, memuat tentang data publikasi dari buku-buku ataupun artikel riset dalam suatu topic tertentu.
b)      buku indeks
c)       buku abstrak
buku ineks dan buku abstrak diperlukan untuk menelusuri lokasi sebuah pustaka yang berupa artikel, laporan penelitian, maupun makalah seminar. Keduanya memuat pengarang, judul, dan penerbit. Bedanya di buku abstrak memmuat ringkasan artikel/makalahnya, sedangkan di buku indeks tidak.

b.      Sumber pustaka primer, yaitu pustaka yang merupakan penjelasan langsung dari seorang peneliti mengenai kegiatan penelitian yang telah dilakukannya. Sumber ini biasanya berupa artikel atau laporan penelitian yang ditulis langsung oleh peneliti yang bersangkutan dan dimuat dalam sebuah jurnal ilmiah.
Jurnal adalah sebuah media cetak yang diterbitkan secara berkala, misalnya sebulan sekali, empat bulan sekali, atau enam bulan sekali.

c.       Sumber pustaka sekunder, yaitu setiap publikasi yang disusun oleh seorang penulis yang bukan pengamat langsung atau partisipan dalam kegiatan yang digambarkan dalam pustaka tersebut. Contoh sumber pustaka sekunder adalah buku teks, artikel atau buku yang merupakan penafsiran seorang penulis mengenai suatu topic berdasarkan hasil pengkajian terhadap berbagai artikel, buku, maupun laporan penelitian, artikel yang membahas hasil-hasil penelitian orang lain, maupun artikel yang dimuat dalam jurnal.
Sumber ini merupakan sumber informasi yang terbaik untuk memperoleh pengetahuan umum tentang topic penelitian yang kita pilih, karena berisi pengetahuan-pengetahuan dari berbagai sumber pustaka primer yang diragkum menjadi satu publikasi.

2.         Media Noncetak, berupa televise, radio, CD-Rom, video, kaset audio, dan jaringan computer.


No comments:

Post a Comment